• Home
  • Advertorial
  • Disnaker: Pertamina Dumai Layak jadi Percontohan Sistem K3
Jumat, 30 Maret 2018 20:59:00

Advertorial Disnakertrans Dumai

Disnaker: Pertamina Dumai Layak jadi Percontohan Sistem K3

Kadisnaker hadiri Pelatihan K3 yang ditaja PT Pertamina.

DUMAI, Globalriau.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai Suwandi menilai Pertamina RU II layak dicontoh sebagai perusahaan melaksanakan sistem kesehatan dan keselamatan kerja secara optimal, komitmen dan disiplin.

Pemerintah Dumai mengapresiasi perusahaan sangat peduli terhadap keselamatan pekerja di lingkungan kerjanya, karena telah menjalankan kebijakan nasional dengan baik dan optimal.

"Pertamina ini contoh penerapan sistem kesehatan dan keselamatan kerja baik karena terus peduli terhadap keselamatan pekerja dan lingkungan kerja," kata Suwandi saat hadiri puncak peringatan gerakan nasional K3 Pertamina RU II Dumai.



Disebutkan, peringatan bulan K3 Pertamina Dumai dengan gelaran sejumlah kegiatan merupakan ajang yang baik untuk meningkatkan kesadaran dan silaturahmi antar keluarga besar dan mitra kerja.

Kurun dua tahun ini, disnaker tidak memperingati Gernas bulan K3 sesuai kebijakan pusat dan keterbatasan anggaran daerah, diharap perusahaan bisa membuat sendiri di lingkungan kerjanya.

"Kita apresiasi perusahaan membuat kegiatan peringatan bulan k3 ini untuk di lingkungan kerja sendiri dan pekerjanya, karena membantu menyukseskan program nasional," sebutnya.

Sementara, General Manager Pertamina RU II Otto Gerentaka mengatakan, faktor K3 jadi perhatian serius perusahaan dalam beroperasi, guna mengantisipasi insiden dan kecelakaan di lingkungan kerja.

Guna peningkatan kesadaran K3, managemen terus berikan penyuluhan, pelatihan ke pekerja, termasuk kelengkapan alat keselamatan dan cara penggunaan sesuai prosedur.

"Sekecil apapun insiden harus diantisipasi, dan pertamina secara konsisten akan terus meningkatkan kepeduliaan k3 di lingkungan kerja agar operasional kilang berjalan optimal," kata Otto.

Gelar Seminar Budaya K3

Managemen Pertamina Refinery Unit II Dumai berupaya untuk meningkatkan sistem kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan dan mitra dengan menggelar seminar nasional bertema budaya K3.



Penjabat Sementara General Manager RU II Nur Qodim mengatakan, seminar ini agar pekerja dan mitra membudayakan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan aktivitas rutin di area kerja.

"Sistem kesehatan dan keselamatan kerja jadi prioritas agar di setiap aktivitas tidak terjadi insiden atau gangguan," kata Nur Qodim, di sela pembukaan seminar.

 Disebutkan, melalui seminar K3 ini, pekerja dan mitra diberi pemahaman tentang sistem kerja aman dan memperkecil resiko, serta dapat dijadikan kebutuhan untuk terus diterapkan secara menyeluruh.

Penerapan K3 secara konsisten dan menyeluruh ini, akhirnya membuat suasana kerja di lingkungan Pertamina menjadi lancar dan kondusif serta tidak ada insiden terjadi.

 "Sekecil apapun resiko kerja harus dihindari, dan pertamina serius menerapkan K3 dalam kegiatan di lingkungan operasi kilang minyak atau perkantoran dan perumahan karyawan,"  sebutnya.

Orang nomor dua di RU II Dumai ini mengklaim pelaksanaan sistem K3 secara menyeluruh ini membuat jumlah kasus kecelakaan kerja jauh berkurang di perusahaan pertambangan minyak dan gas nasional itu.

Sementara, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai Suwandi menyebutkan, setiap perusahaan wajib menjalankan sistem K3 dengan maksimal, baik terhadap sumber daya manusia maupun peralatan kerja.

Sistem K3 sebagai program nasional, harus dijalankan di daerah untuk menciptakan suasana kerja aman, selamat dan kecil dari resiko pekerjaan, serta pekerja terlindungi selama beraktivitas.

 "Pemerintah terus mendorong perusahaan untuk terus membudayakan sistem kesehatan dan keselamatan kerja ini agar operasional berjalan maksimal tanpa kendala," sebutnya.

Pembukaan seminar budaya K3 Pertamina RU II dihadiri juga, Kapolres Dumai Ajun Kombespol Restika P Nainggolan, Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai Hermiyati, serta pekerja dan mitra kerja.(advertorial)

Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Kasi Intel Kejari Dumai Hadiri Tabligh Akbar dan Konser Syiar Islam

    Kasi Intel Kejari, Abu Nawas S.H, MH kepada media menjelaskan bahwa sebagai kasiintelijen dirinya menyambut baik tabliq akbar Pusaka suku Langkat yang ada di kota Dumai.
  • 2 minggu lalu

    Tersangka Dugaan Korupsi Gedung RSUD Bangkinang Resmi Ditahan Kejati Riau

    Untuk mempercepat proses penyidikan, lanjutnya, sebagaimana Pasal 21 ayat 4 KUHAP secara subyektif merujuk pada kekhawatiran pada tersangka akan melarikan diri, menghilangkan baran
  • 2 minggu lalu

    Bawaslu Dumai Taja Sosialisasi Produk Hukum Peraturan dan Non Peraturan

    Dalam sambutannya, Agustri menjelaskan secara umum berbagai tantangan dan persoalan yang terjadi pada pemilu sebelumnya untuk menjadi evaluasi pada Pemilu 2024 mendatang.
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.