• Home
  • Advertorial
  • Strategi Bupati dan Wabup Wujudkan Lingkungan Bersih Berbuah Adipura Setelah 14 Tahun Penantian
Jumat, 07 April 2023 01:46:00

Advertorial Pemkab Rokan Hilir

Strategi Bupati dan Wabup Wujudkan Lingkungan Bersih Berbuah Adipura Setelah 14 Tahun Penantian

Bupati Rokan Hilir diwakili Sekda Fauzi Edrizal S.Sos,M.Si menerima sertifikat Adipura 2022. Sertifikat diserahkan Mentri LHK Prof DR. Siti Nurbaya Bakar di dampingi dirjen PSLB3, yang digelar Selasa (28/2) di gedung manggala wanabakti KLHK Jakarta.
SEJAK dilantik pada awal tahun 2021 lalu, Bupati Rokan HIlir Afrizal Sintong beserta Wakil Bupati H Sulaiman terus menggesa berbagai program unggulan, salah satu diantaranya menciptakan lingkungan yang bersih dan penataan kota.
 
Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemerintah memaksimalkan penataan kawasan dan menata berbagai sudut kota agar tampak lebih cantik. Hal itu bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.
 
Tidak cukup sekedar himbauan berbagai perlombaan pun ditaja untuk menggenjot semangat para petugas kebersihan serta masyarakat dalam menjaga lingkungan.
 
Setelah dua tahun, usaha berbuah hasil setela penantian 14 tahun lamanya, dimana Kabupaten Rokan Hilir meraih piala Adipura dari kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di gedung manggala wanabakti KLHK Jakarta, Selasa (28/2) lalu.
 
Bupati Rokan Hilir diwakili Sekda Rohil Fauzi Edrizal S.Sos,M.Si menerima langsung piala Adipura 2022 yang diserahkan Mentri LHK Prof DR. Siti Nurbaya Bakar di dampingi dirjen PSLB3. Penyerahan sertifikat Adipura dilaksanakan bertepatan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).
 
Sekda Rohil Fauzi Edrizal S.Sos,M.Si mengucapkan rasa syukur serta ungkapan terima kasih kepada Kadis LH Kabupaten Rohil atas kerja kerasnya selama ini sehingga Kabupaten Rohil bisa meraih Piagam penghargaan Adipura kategori Kota Kecil di Indonesia.
 
"Hal ini bisa terwujud atas dukungan yang sangat serius yang dilakukan oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta tim dari OPD terkait, serta segenap elemen masyarakat Kabupaten Rohil dalam menjaga lingkungan yang bersih,"paparnya.
 
Sekda berharap semoga di tahun depan Kabupaten Rohil bisa meraih predikat yg lebih baik lagi dan bisa meraih Piala Adipura.
 
Ajak Masyarakat Selalu Jaga Lingkungan
 
Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, S.IP mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Hal ini ia tegaskan usai mengikuti acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 yang digelar di Eks Danau Buatan, Jembatan Pedamaran I pada Kamis.
 
"Pemerintah Daerah akan terus mendorong masyarakat untuk tetap komitmen menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.” kata Bupati.
 
 
Bupati meyakini bahwa lingkungan akan tetap terjaga dengan mendorong kesadaran pada masyarakat. Menurutnya, menjaga keberlangsungan lingkungan adalah merupakan tanggung jawab bersama yang harus tertanam pada setiap individual.
 
"Salah satu kunci utama menjaga kebersihan lingkungan ini adalah kesadaran individual. Untuk itu, kami mengajak kepada masyarakat menjaga kebersihan lingkungan mulai dari sekitaran rumah masing-masing.” ajaknya.
 
Hal senada disampaikan Wakil Bupati Rokan Hilir, H Sulaiman, SS.MH saat menyempatkan diri untuk melakukan peninjauan ke pasar tradisonal Datuk Rubiah, Jalan Sumatera, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Minggu.
 
Kunjungan tersebut dilakukan guna melihat kondisi dan kebersihan pasar sekaligus menyambangi para pedagang dan pembeli.
 
Kunjungan wakil bupati Rohil disambut antusias para pedagang dan pembeli yang tengah berada di pasar tradisional tersebut sekaligus mendengarkan keluhan warga terkait harga sembako di pasar tersebut.
 
Sampah yang menumpuk menjadi perhatian Wakil Bupati Rohil Sulaiman. Dalam kesempatan itu wabup mengingatkan para pedagang agar tidak membuang sampah secara sembarangan serta menjaga kebersihan pasar.
 
"Saya masih melihat banyak sampah berserakan, ini tentunya sangat mengganggu masyarakat yang datang berbelanja," katanya.
 
Untuk itu Sulaiman juga meminta agar pengelola pasar dan para pedagang agar selalu menjaga kebersihan pasar.
 
Menurutnya kebersihan pasar akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan para pembeli yang datang sekaligus menjaga kesehatan bersama.
 
Sulaiman mengatakan masih banyak pedagang yang berjualan di bahu jalan sehingga mengganggu pengguna jalan yang melintas,"Kita selaku Pemerintah Daerah mengingatkan seluruh pasar yang ada di Rokan Hilir agar senantiasa menjaga kebersihan pasar," katanya.
 
Wakil Bupati Sulaiman juga mengimbau kepada seluruh pedagang maupun masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan.
 
Loyaliats Petugas Kebersihan
 
Hujan disertai kilat dan Petir tidaklah menyurutkan semangat para petugas kebersihan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil dalam mengangkat sampah di seputaran Kota Bagansiapiapi.
 
 
Seperti yang terlihat belum lama ini, para petugas dan pengawas dalam kondisi basah kuyup karena hujan deras saat mengangkat sampah-sampah yang ada di Kota Bagansiapiapi ke truk pengangkut sampah.
 
"Sebagai pengawas saya siap bertanggungjawab mengangkat sampah-sampah yang ada di jalan protokol. Hal ini semata-mata untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota negeri seribu kubah," kata Mukhlis saat dijumpai di sela-sela memantau anggotanya dalam hujan deras mengangkat sampah di Jalan Pahlawan.
 
Dikatakan pria yang akrap disapa Tambi itu, dirinya bertanggung jawab untuk kebersihan kota mulai dari Simpang Jalan Tangko menuju ke Jalan Pahlawan sampai Sei Pabrik, Jalan Sekip dan Jalan Sedar sekitarnya.
 
"Memang jadwal kerja agak terlambat karena hujan, namun sampah-sampah tetap kita angkat sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," ungkapnya.
 
Dijelaskan Tambi lagi, Ia memiliki 7 anggota untuk menjaga kebersihan dengan 1 unit armada truk pengangkut sampah dari DLH rohil.
 
"Alhamdulillah berkat semangat dari kawan-kawan, sebelum hujan reda sampah-sampah sudah kita angkat ke TPA," pungkasnya.
 
Penataan Lingkungan
 
Kota Bagansiapiapi yang merupakan ibukota Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus dibenahi untuk aspek penataan dan kebersihan 
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil Suwandi SSos terlihat ikut turun tangan langsung ke lapangan, melakukan penataan taman dan kebersihan bersama dengan petugas yang dikerahkan, baru-baru ini.
 
"Ya kami dengan petugas melakukan penataan dengan aksi penanaman pohon ketapang di Jalan Al Ikhlas dan di lingkungan Pujasera sebanyak 43 batang. Pohon ketapang ini cukup indah dan teduh, sehingga nanti bisa mengganti pohon-pohon yang ada selama ini, mungkin sudah tidak tumbuh lagi secara maksimal, jadi diharapkan jika nanti ada even besar median yang ada di kota Bagansiapiapi ini sudah bagus dan tertata dengan baik," kata Suwandi.
 
Selain itu, para pengawas juga sudah mendapatkan interuksi untuk membenahi taman-taman yang ada dengan menanami bunga bunga. Dan kemudian juga rumput yang menjalar agar dibersihkan dan dirapikan, sehingga kesannya lingkungan yang ada nampak cantik lagi dan indah.
 
Hal ini bertujuan agar jika ada wisatawan, pengunjung yang datang ke Rohil tepatnya di Bagansiapiapi dapat melihat kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman.
 
"Untuk itu, kegiatan penataan, pembersihan yang dilakukan di setiap lokasi sudah dijadwalkan, kami atur petugasnya, termasuk juga di dekat lingkungan Purna MTQ, taman budaya, masjid dan fasilitas umum lainnya," katanya.
 
Suwandi juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga pengunjung, wisatawan yang datang ke Kota Bagansiapiapi akan merasa nyaman dan betah.**
Share
Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    Hari Buku dan Perpustakaan Nasional, APICAL Serahkan Bantuan Buku ke Sekolah dan Dinas Perpustakaan

    Tidak hanya itu, pada 10 Oktober 2023 lalu, Apical juga menerima penghargaan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai atas bantuan hibah buku dalam rangka membantu p
  • 11 jam lalu

    Kejari Dumai Tahan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Bandwidth

    Sehubungan dengan akibat kerugian yang timbul, penyidik akan berusaha mengoptimalkan pengembalian aset (aset recovery) selama proses
  • 16 jam lalu

    Peduli Keselamatan Jiwa Melalui Kegiatan Donor Darah, PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning Sumbangkan 374 Kantong Darah

    PT KPI Unit Sungai Pakning juga menggelar kegiatan donor darah serupa yang berkolaborasi dengan Simpatisan Pendonor Darah (SIMPENDA) serta PMI Bandar Laksamana dan PMI Kabupaten Be
  • 16 jam lalu

    Perkuat Sinergitas Guna Mendukung Dekarbonisasi, PT KPI Unit Dumai Hadiri MUED 2024 dan Lanjutkan Program Biodiversity

    Agustiawan berharap bahwa dengan adanya kerjasama ini pihaknya dapat terus berinovasi dalam mengembangkan TJSL perusahaan guna menjalankan bisnis Kilang Minyak dan Petrokimia seca
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.