• Home
  • Bengkalis
  • Setetes Darah Selamatkan Nyawa, Pekerja PHR Tularkan Semangat Membantu Sesama
Jumat, 03 Mei 2024 15:29:00

Setetes Darah Selamatkan Nyawa, Pekerja PHR Tularkan Semangat Membantu Sesama

Para pekerja PHR WK Rokan saat mengikuti aksi kemanusiaan Donor Darah PHR di Widuri Club.
DURI — Langit pagi di Duri sangat cerah saat Shony Erdinal dan Firman melangkah menuju lokasi donor darah yang digelar PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Pukul 07.00 WIB pagi, ia sudah bergegas untuk berpartisipasi dalam aksi mulia ini. Di benaknya, mereka membawa semangat untuk membantu sesama.
 
Shony, sapaan akrabnya, adalah salah satu pekerja PHR WK Rokan yang aktif dalam kegiatan donor darah. Baginya, mendonorkan darah adalah sebuah tindakan kecil yang bermakna besar. "Satu kantong darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain," ujar Shony dengan penuh semangat.
 
Sementara Firman, adalah mitra kerja PHR yang turut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan tersebut. “Kami dapat informasi PHR menggelar donor darah, ini sangat bagus sebagai momen untuk membantu sesama. Saya ambil bagian dan tidak mau ketinggalan untuk membantu sesama,” ujar dia.
 
Pagi itu, antrean di lokasi donor darah yang dipusatkan di Widuri Club Camp PHR, pada Selasa (30/4/2024) sudah cukup panjang. Shony dan Firman tak gentar. Ia rela menunggu dengan sabar demi menanti gilirannya untuk mendonorkan darah.
 
Proses donor darah tersebut berlangsung lancar. Shony melewati berbagai tahapan pemeriksaan kesehatan, mulai dari pengukuran tekanan darah, pemeriksaan hemoglobin, hingga pemeriksaan lainnya.
 
Setelah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat, Shony dan Firman siap mendonorkan darahnya. Ia merebahkan diri di kursi donor, jarum suntik kecil menembus lengannya. Rasa sedikit perih ia rasakan, namun tak sebanding dengan kebahagiaan yang ia dapatkan saat mengetahui darahnya akan membantu nyawa orang lain. "Prosesnya tidak lama," ungkap Shony.
 
Baginya, donor darah bukan hanya tentang membantu orang lain, tetapi juga tentang menjaga kesehatan diri sendiri. Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya para pekerja dan mitra kerja PHR, untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. "Mari kita bersama-sama membantu menyelamatkan nyawa dengan mendonorkan darah," ajaknya penuh semangat.
 
Shony Erdinal dan Firman, dua orang pekerja PHR dengan aksinya yang mulia ini, menjadi contoh bahwa menolong sesama tidak harus dengan hal-hal besar. Tetesan darahnya, bagaikan setetes harapan bagi mereka yang membutuhkan.
 
PT Pertamina Hulu Rokan sebagai perusahaan industri hulu migas berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pemenuhan energi nasional dan terus berkontribusi dalam aksi kemanusiaan, seperti donor darah dan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi.
 
“Kegiatan donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian PHR terhadap masyarakat. Kami berharap dengan kegiatan ini, dapat membantu memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah untuk membantu sesama,” ujar Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto.
 
Rudi menyebut kegiatan sosial ini merupakan komitmen perusahaan sebagai upaya untuk terus menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. "Setiap tetes darah yang kita donorkan, tidak hanya memberikan kesempatan hidup bagi penerima, tapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor," ungkapnya.
 
Ketua Pelaksana Donor Darah PHR Rachman Roniko mengatakan bahwa dari aksi tersebut, PHR berhasil mengumpulkan sebanyak 272 kantong darah. Darah yang terkumpul tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat melalui lembaga kesehatan yakni RSUD Mandau dan PMI Kota Dumai.
 
“Nantinya sebanyak 272 kantong darah yang terkumpul tersebut kita distribusikan kepada masyarakat. Semoga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.**
Share
Komentar
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.