• Home
  • DPRD Rohil
  • DPRD Rohil Minta Diskanlut Riau Realisasikan Pos Jaga dan Kapal Cepat
Sabtu, 30 April 2016 09:52:00

DPRD Rohil Minta Diskanlut Riau Realisasikan Pos Jaga dan Kapal Cepat

BAGANSIAPIAPI- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau Firdaus,S.Ag mendorong dan meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) Provinsi untuk segera membuat Sarana dan Prasarana Pos Jaga/Pos Pengawas dan Menyiapkan Kapal Cepat didaerah kota penghasil ikan salah satunya Rokan Hilir.

Itu untuk mengantisipasi masuknya ilegal fishing di Pasir Limau Kapas (Palika) dan Pulau Jemur serta daerah lainnya yang sering dimasuki kebanyakan nelayan dari Sumatera Utara.Hal itu disampaikan Firdaus usai melakukan reses dikelurahan Bagan Hulu,Kecamatan Bangko,Kamis (28/04/16) Malam.

"Sekarang inikan di perairan rokan hilir sering masuk ilegal fishing,Apalagi di Palika dan Pulau Jemur.Dipalika sering masuk kapal kecil dari Sumut yang mengunakan Trol 2.Itukan tidak boleh lagi,Pakai Pukat Hela,Pukat Tarik dan dorong.Jadi kita minta Diskanlut provinsi segera buat pos jaga dan siapkan Kapal Cepat " Ujar Firdaus Anggota Komisi B DPRD Riau ini dibagansiapiapi.

Selain itu,Dia juga menyarankan agar kewenangan pengawas perairan Rokan Hilir diberikan kepada Pemerintah Provinsi.Sehingga tidak ada tumpang tindih dalam pengawasan ilegal fishing.

"Misalnya begini,pencurian ikan misalnya didalam kewenangan kabupaten,terus dia keluar dari itu (Perairan Rohil-Red),Apa bisa lagi pengawas kabupaten mengejar.begitu juga sebaliknya.jika yang mengejar pengawas perikanan provinsi,lari dia kekabupaten.Apakah kabupaten bisa menindaknya.barang kali seperti itu.Inilah satu kelemahan,Jika pengawas diserahkan kepada provinsi,Barang kali ini akan efektif ",Papar Firdaus yang saat itu didampingi Habib Nur,Anggota DPRD Rohil dari Partai yang sama.

Anggota DPRD dari PKB ini menambahkan,Kabupaten/Kota tetap memiliki kewenangan dalam melakukan pengawasan.Namun ada ketentuannya." Kapal dibawah 10 GT kewenangan Kabupaten,Diatas 10 GT kewenangan Provinsi ",Terangnya.(sun)

Share
Berita Terkait
Komentar
Copyright © 2023 . All Rights Reserved.