• Home
  • Dumai
  • Firman Nahkodai Ikatan Keluarga Minang Dumai 2022 - 2027
Kamis, 15 September 2022 17:14:00

Firman Nahkodai Ikatan Keluarga Minang Dumai 2022 - 2027

DUMAI - Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) secara resmi dideklarasikan dan dibentuk di Kota Dumai pada Rabu (14/9/2022). Firman dipercaya memimpin IKM Dumai periode 2022-2027.
 
Seorang tokoh Minang di Dumai Zulfa Indra mengatakan, terbentuknya IKM ini merupakan sejarah baru di Dumai yang dihasilkan warga perantau Minangkabau yang ada di Kota Dumai untuk mewujudkan sebuah wadah organisasi sosial untuak dunsanak-dunsanak perantau Minangkabau di Kota Dumai yang "bapucuak ka ateh, mangaka dibawah".
 
 
"Organisasi urang awak dibutuhkan yang mempunyai wadah pusatnya, Sehingga jaringan dan komunikasi menjadi luas dan kuat.Sebab, perlunya suatu sinergitas dan ikatan yang kuat antara perantau-perantau minang di seluruh Indonesia. Dan, dengan adanya IKM di Kota Dumai ini maka silahturahim dan jaringan perantau Minangkabau di Kota Dumai akan terkoneksi dan terjalin dengan baik antara pusat dan daerah lainnya di seluruh Indonesia dengan mengacu kepada database yang dimiliki," ujar Zulfa Indra.
 
Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan perantau Minangkabau, lanjut Zulfa yang merupakan salah seorang penerima mandat Pembentukan IKM di Dumai ini bahwa IKM dengan lugas dan tegas menjelaskan dalam pasal 38 Anggaran Dasar yang berbunyi bahwa terbentuknya organisasi IKM tidak berarti meniadakan atau menjadi pesaing organisasi perantau Minangkabau lainnya yang telah ada selama ini.
 
"Dengan demikian jelas sudah bahwa kehadiran IKM dapat bersama-sama atau saling bergandeng tangan "mengurus" warga Minangkabau yang ada di Kota Dumai. Tentunya ini menjadi nilai plus dan sangat diharapkan kehadirannya. Oleh karenanya, menjadi bagian yang terpenting dihadirkannya IKM di Kota Dumai adalah bagian dari ikhtiar sungguh-sungguh," jelas Zulfa Indra
 
Sementara, Ketua DPD IKM Kota Dumai terpilih Firman mengucapkan terimakasih dan permohonan dukungan atas amanah yang sudah dipercayakan kepada dirinya.
 
Dijelaskan bahwa IKM adalah organisasi sosial kemasyarakatan perantau Minangkabau yang mandiri dan mempunyai struktur hirarki dari pusat sampai daerah. IKM juga sudah hadir di 33 Provinsi di Indonesia.
 
"IKM tidaklah beririsan dengan organisasi masyarakat perantau Minangkabau lainnya yang sudah terlebih dahulu berdiri. Bahkan kita bisa berjalan beriringan dan bersinergi untuk 'mengurus' warga perantau Minangkabau yang ada di Kota Dumai ini," kata Firman.
 
Hal mendasari lahirnya IKM adalah diawali dengan refleksi ide dan pemikiran kritis para tokoh perantau Minangkabau di Dumai ini bagaimana berorganisasi yang baik, elegan dan berkemajuan untuk itikad dan tujuan kemaslahatan bagi masyarakat.
 
Karena itu dia mengimbau warga yang tergabung di IKM khususnya dan seluruh perantau yang ada di Kota Dumai pada umumnya untuk menjadikan IKM sebagai wadah silaturahmi serta ranah pengabdian.
 
Melalui IKM, diharap dapat berfungsi sebagai wadah dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan sekaligus sebagai sarana di organisasi serta untuk berintegrasi dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya dalam membangun daerah
 
"Semoga ini menjadi bagian dari ladang amal kita semua. Karena IKM baru lahir, mari bersama membangunnya agar menjadi organisasi yang bermanfaat dengan memperkuat soliditas dan sinergitas. Kita sangat harapkan dukungan dan kontribusi aktif membuat IKM jaya dan bermartabat. Dan, menjadi harapan terpenting.**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.