• Home
  • Dumai
  • Perampokan Kapal Mulai Marak Terjadi di Perairan Dumai
Selasa, 19 Desember 2023 08:41:00

Perampokan Kapal Mulai Marak Terjadi di Perairan Dumai

Ketua INSA Dumai, Herman Buchari berbincang bersama Dirjen Hubla saat rapat nasional DPP INSA beberapa waktu lalu.
DUMAI - Satu tahun belakangan aksi perampokan kapal mulai marak terjadi di perairan Dumai. Para pelaku menjadikan kapal tanker yang beraktivitas dari dan yang akan datang ke pelabuhan sebagai sasaran.
 
Kondisi tersebut hingga kini belum mendapat perhatian serius dari aparat penegak hukum. Dikhawatirkan hal ini akan memperburuk citra pelabuhan Dumai sebagai kawasan industri dan pelabuhan bertaraf internasional.
 
Ketua Indonesian National Shipowners' Association (INSA) kota Dumai, Herman Buchari kepada media Selasa (19/12/2023) mengungkapkan bahwa maraknya aksi perampokan di perairan Dumai marak terjadi sejak beberapa bulan belakangan.
 
"Pada bulan November kemarin terjadi 4 kali perampokan dimana pelaku menggunakan senjata tajam untuk mengancam kru kapal dan mengambil sejumlah peralatan dari atas kapal yang mereka naiki. Kondisi tersebut mulai marak justru sejak adanya petugas keamanan yang ditugaskan naik keatas kapal saat melakukan aktivitas di pelabuhan Dumai," ungkapnya.
 
Hal ini menjadi ketakutan serta kekhawatiran bagi kapal-kapal yang akan bersandar di Dumai. Untuk itu kata Herman, harus ada tindakan tegas dari pemerintah dan aparat keamanan dalam melaksanakan partoli terutama pada saat jam rawan dikisaran pukul 00.00 Wib sampai pukul 06.00 dini hari.
 
"Beberapa agen di Dumai sudah ada kapal mereka yang menjadi korban perampokan. Salah satunya Kapal Matsusiro, dari keagenan anggota INSA, pelaku menggunakan senjata tajam seperti parang dan alat berbahaya lainnya untuk mengancam kru kapal," jelasnya.
 
Saat rapat kerja Nasional, DPC INSA Dumai lanjut Herman telah melaporkan kondisi tersebut kepada dirjen perhubungan laut. Ketua INSA menyampaikan bahwa owner kapal sudah banyak mengeluhkan kerawanan perairan Dumai saat ini.
 
"Yang menjadi sasaran pelaku perampok menargetkan kapal-kapal asing yang masuk ke Dumai, akhir-akhir ini sangat meningkat aksi perampokan sehingga banyak kapal yang mulai takut masuk ke pelabuhan Dumai. Dampak besar tentunya kepada pelabuhan Dumai," sebutnya.
 
Herman Buchari berharap pihak berwenang dan pemerintah Dumai memperhatikan kondisi ini, serta betul-betul menjaga perairan Dumai dari aksi kejahatan agar investasi dan aktivitas pelabuhan Dumai kian meningkat serta tidak memperburuk citra pelabuhan Dumai di mata Internasional.**
Share
Berita Terkait
  • 17 jam lalu

    Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris

    Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto mengaku bangga atas capaian prestasi yang diraih Regitha
  • 2 hari lalu

    Edukasi Pelajar Terkait Aspek Safety dan Lingkungan, PT KPI Unit Dumai Selenggarakan Goes to School

    Mereka juga diajak berkunjung ke fasilitas perusahaan, yaitu Demo Room, untuk melihat secara langsung berbagai demo maupun alat peraga terkait safety yang berlaku di PT KPI Unit Du
  • 2 hari lalu

    Polisi Grebek 2 Ruko Sarang Judi Online di Dumai

    Dikatakannya, pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat, selanjutnya pihaknya melakukan patroli Cyber di dunia maya selama satu minggu dan menemukan adanya
  • 2 hari lalu

    Aksi Kemanusiaan PHR Berhasil Kumpulkan 1.739 Kantong Darah

    Donor darah merupakan tindakan mulia yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain.
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.