• Home
  • Health
  • Cara Menggendong Bayi Sesuai Dengan Umurnya
Minggu, 15 Agustus 2021 19:18:00

Cara Menggendong Bayi Sesuai Dengan Umurnya

Kegiatan menggendong bayi dapat dilakukan sejak umur 0 hari. Setiap umur bayi memiliki teknik menggendong yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan kemampuan bayi. Berikut ini beberapacara menggendong bayi yang benar sesuai dengan umurnya:

Usia 0 - 3 Bulan

Banyak orang tua baru takut menggendong bayi. Memang perlu belajar, caranya mendekat ke bayi lalu bungkukkan badan dan selipkan satu tangan kita kebagian leher untuk menyangganya.

Dilanjutkan dengan meletakkan tangan di bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya. Selanjutnya, pastikan bagian punggung, leher, dan kepala bayi diletakkan di lipatan siku, lalu bagian belakang tubuh bayi ditopang oleh telapak tangan. Sehingga bokong dan kakinya otomatis ditopang lengan (cradling hold), kemudian dekatkan wajahnya ke dada kita sehingga ia merasa nyaman. Semuanya harus dilakukan secara perlahan.

Posisi gendong bayi 3 bulan yang benar bisa juga bayi digendong dalam posisi tegak, kepala bayi di atas bahu kita dan menghadap kebelakang. Topang leher dan kepalanya dengan satu tangan, sementara tangan lainnya menopang bokong dan sebagian punggung. Untuk posisi duduk, bisa dilakukan setelah usia 1 bulan. Bayi diposisikan setengah duduk di atas lengan, sementara lengan yang lain memegang dada dan kepalanya bersandar di dada.

Usia 3 - 6 Bulan

Di usia ini, trik menggendong bayi lebih mudah. Karena biasanya bayi lebih senang digendong dengan posisi duduk menghadap kedepan. Karena ia sudah mampu duduk di pangkuan dan tidak betah dibaringkan. Di usia 4 bulan, posisi bayi sudah lebih luwes, bisa digendong menghadap ke depan, belakang, atau berhadapan.

Di usia 5 bulan, sebaiknya gunakan kain gendongan karena tubuhnya sudah semakin berat. Posisinya bisa didudukkan di pinggang, di depan perut dengan posisi berhadapan dan ditopang salah satu lengan. Dengan begitu kita tetap bisa melakukan aktivitas lebih mudah.

Usia di atas 6 Bulan

Mengingat ototnya sudah kuat, banyak posisi menggendong yang bisa dilakukan di usia ini. Ibu bisa menggendongnya dengan cara didudukkan di depan dada. Sementara satu tangan menopang bokong dan tangan lainnya melingkar di perut.

Menggendong duduk dengan posisi setengah berhadapan dimana satu tangan menopang bokong. Lalu tangan lain menopang pinggang; atau menggunakan alat gendong punggung sehingga bayi bisa digendong di atas punggung.

Selain cara menggendong yang tepat, popok yang nyaman juga akan membuat bayi nyaman saat digendong. Ibu bisa menggunakan popok Merries yang nyaman karena memiliki lapisan sirkulasi udara yang baik serta permukaan lembut. Popok Merries merupakan popok pilihan No.1 Ibu di Jepang sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi.***

Share
Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    Ops Lancang Kuning, Satlantas Polres Dumai Lakukan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

    Kasat Lantas Polres Dumai berharap, dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 ini dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, menurunkan angka pelanggaran l
  • 15 jam lalu

    Kasi D Bidang Intel Kejati Berikan Penerangan Hukum di Pelalawan

    Dalam penyampaian narasumber menjelaskan Tindak pidana korupsi di Indonesia perkembangannya terus meningkat dari tahun ke tahun.
  • 16 jam lalu

    Asisten Intelijen Kejati Riau Lakukan Penerangan Hukum ke Kabupaten Rohil

    Dalam penyampaian materinya juga, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Raharjo Budi Kisnanto, S.H., M.H juga menyampaikan upaya dari pencegahan tindak pidana korupsi salah satun
  • 16 jam lalu

    Bahas Proyek Pembangunan Strategis, Kasi B Intelijen Kejati Riau jadi Narasumber Program Tanya Jaksa

    Kasi B bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Ali Rahim, SH., MH menjelaskan bahwa Pengamanan pembangunan strategis oleh Kejaksaan berupaya hadir dalam rangka sinergi dan membantu
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.