• Home
  • Inhil
  • Akibat Ulah Satu Orang, 50 Hektar Lahan Terbakar di Inhil
Sabtu, 16 April 2022 02:08:00

Akibat Ulah Satu Orang, 50 Hektar Lahan Terbakar di Inhil

NET.
Ilustrasi.
INHIL - Polisi menangkap seorang petani inisial DS (51) karena membuka lahan dengan cara diduga membakar. Sebab perbuatannya mengakibatkan 50 hektare lahan terbakar di wilayah Parit Marito Deceng, Desa Pancur, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir.
 
 
Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Amru Abdullah mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu terpantau Satelite NOAA20 sumber NASA melalui aplikasi Dashbord Lancang Kuning pada 30 Maret 2022. Lalu polisi mendatangi lokasi dan melihat karhutla.
 
"Kemudian kami menindaklanjuti kasus tersebut dan mengarah pada pelaku. Akhirnya pelaku berhasil kita amankan dan saat ini berada di Mapolres Inhil," kata Amru, Jumat (15/4).
 
Kepada polisi, pelaku mengakui perbuatannya membakar lahan itu dilakukan untuk membersihkan lahan. Awalnya sejak tiga bulan terakhir ramai masyarakat membuka lahan di wilayah tersebut. Rencananya lahan itu akan ditanami kelapa sawit.
 
Di lokasi, polisi juga menemukan bibit kelapa sawit yang sudah tertanam di lahan 50 hektare tersebut.
 
"Lahan ini milik masyarakat, mereka ramai-ramai bersihkan lahan. Tapi pelaku justru membersihkan lahan dengan cara membakar," jelasnya.
 
Pelaku beralasan, dia membakar lahan agar cepat bersih dan juga mengusir hewan buas. Tidak disangka api yang dinyalakan pelaku merembet hingga menghanguskan tanaman milik petani lain.
 
"Pelaku ini hanya petani yang menumpang lahan orang. Dia bagi hasil dengan pemilik lahan. Nah pemilik sendiri sudah melarang pelaku untuk melakukan pembakaran," tutur dia.
 
Selain mengamankan pelaku, polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti seperti kayu yang digunakan untuk membakar lahan. "Pelaku dijerat Pasal 187 KUHP dengan hukuman paling lama 10 tahun," tandasnya.
Share
Berita Terkait
  • 9 menit lalu

    Tingkatkan Produksi Energi untuk Negeri, PHR Gandeng Pertamina Drilling Lakukan Pengeboran Terintegrasi

    PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.
  • 19 menit lalu

    Maxim Luncurkan E-Wallet di Kota Duri, Pembayaran jadi Lebih Mudah dan Praktis

    Top up saldo Maxim Wallet KasPro bisa dilakukan melalui mobile banking atau melalui minimarket (alfamart dan indomaret).
  • 4 jam lalu

    Dukung Program Pemerintah, Apical Investasi 1 Miliar USD Kembangkan Industri Hilirisasi di Dumai

    Melalui usaha patungan, Apical juga memiliki operasi pemrosesan dan distribusi di Brasil, India, Pakistan, Filipina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Vietnam.
  • 2 hari lalu

    Polres Dumai Jenguk Petugas KPPS yang Tersengat Listrik saat Pasang Tenda TPS

    Usai menyampaikan apresiasi dan dukungan tersebut, Ipda J. Munthe didampingi Ps. Kanit 4 Sat Intelkam Polres Dumai Aiptu Suardi Hasibuan, Ps. Kanit 1 Sat Intelkam Polres Dumai Brip
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.