• Home
  • Inhu
  • Pameran MTQ Momen Promosi Daerah bagi Inhu
Senin, 16 November 2015 21:00:00

Pameran MTQ Momen Promosi Daerah bagi Inhu

INHU- Salah satu momen yang bisa dimanfaatkan sebagai sosialisasi dan promosi daerah bagi Kabupaten Indragiri Hulu adalah MTQ tingkat Provinsi Riau dengan membentuk stan pameran Pemkab.

Stan tersebut berisi produk asli Indragiri Hulu, seperti makanan buatan tempatan, diantaranya dodol kedondong, dodol cempedak, keripik pisang, keripik bawang dan makanan rumah yang berasal dari produksi rumah tangga.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMD PPT) Inhu Adri Respen, mengatakan instansi yang berperan serta dalam pelaksanaan stan Inhu pada MTQ Kabupaten Siak ini, diantaranya BPMD, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Koperasi, Dekranasda dan tim Penggerak PKK.

Dikatakan, untuk isi stan sendiri, berasal dari hasil tanaman rakyat dan juga Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Ini untuk mempromosikan Indragiri Hulu serta sumber daya yang ada di dalamnya," ucapnya, Sabtu (14/11) akhir pekan lalu.

Selain itu kata Respen, juga diusung tema adat melayu Riau Indragiri dalam hal kebiasaan jelang dilaksanakan pernikahan, yakni khatam Al Quran bagi calon mempelai wanita di Indragiri Hulu.

Menurutnya, adat ini dilakukan jelang pelaksanaan ijab kabul. Dimana seorang calon mempelai wanita harus bisa membaca Alquran dan mengkahtamkannya dihadapan keluarga, masyarakat dan biasanya tidak dihadiri calon pengantin pria.

Pada acara khataman tersebut disajikan berbagai jenis makanan asli melayu seperi tabak, bolu beghondam (berendam), kue rasyidah, anti rumah anti rasa, kue naga berarak, agar-agar semangka dan wajik manis.

“Ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat melayu Indragiri Hulu, terutama mereka yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS). Kue-kue yang ada sebagai hidangan bagi para tamu yang hadir pada saat pembacaan Khatam Alquran tersebut," jelas dia.

Ia berharap, di Bumi Indragiri Hulu, setiap adat dan kebiasaan terus dipertahankan sebagai khasanah bangsa yang ada di wilayah yang pernah mendapatkan julukan Bumi Sejuta Sungkai tersebut, dan untuk penampilan stan Inhu ini, agar masyarakat luas mengetahui satu persatu adat dan kebiasaan di negeri tersebut. (rmn)

Share
Berita Terkait
  • 5 tahun lalu

    PKL Merasa Dibohongi Oleh Panitia MTQ Riau

    Hal tersebut mencuat sehari setelah pembukaan MTQ, puluhan pedagang nyaris bentrok dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang hendak menertibkan lapak baru PKL dipinggir tr
  • 6 tahun lalu

    Menulis Makalah Qur'an dari Bengkalis Masuk Semi Final di MTQ Riau

    Kafilah Kabupaten Bengkalis, kembali mendapat kabar bahagia dari peserta cabang Menulis Makalah Qur'an (MMQ) putra dan putri. Pasalnya kedua anak watan Negeri Junjungan ini b
  • 7 tahun lalu

    Bupati Yopi Hadiri Musrenbang di Tiga Kecamatan

    Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu kembali melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2017. Sabtu (12/3/2016) kemarin, Kecamatan Batang G
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.