• Home
  • Maritim
  • Maksimalkan Layanan Kepelabuhanan, Sehari Kepala KSOP Dumai Dua Kali 'Turun Gunung'
Selasa, 21 Desember 2021 13:28:00

Maksimalkan Layanan Kepelabuhanan, Sehari Kepala KSOP Dumai Dua Kali 'Turun Gunung'

Kepala KSOP meninjau aktivitas terminal khusus Lubuk Gaung-Dumai.

DUMAI, globalriau.com - Peringatan Natal dan Tahun baru tinggal hitungan hari, diprediksi bakal terjadi lonjakan penumpang khususnya di kawasan pelabuhan Bandar Sri Junjungan. Untuk itu, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan mengintensifkan penjagaan serta pengawasan terhadap transportasi angkutan penumpang melalui jalur laut.



Tidak tanggung-tanggung, guna memastikan semua berjalan sesuai rencana, Kepala KSOP Victor Vikki Subroto, satu hari dua kali melakukan inspeksi ke Pelabuhan penumpang.

"Semua sudah dipastikan aman dan berjalan sesuai rencana, untuk hari ini ada dua kapal Dumai Ekpress dan Batam Jet yang sudah berhasil sandar membawa penumpang dari Batam," kata Kepala KSOP Kelas 1 Dumai, Victor Vikki Subroto MM, M.Mar.E Senin (20/12/2021).

Beliau memprediksi jumlah penumpang pada masa libur Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 bakal meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, kita meningkatkan pengawasan serta melakukan koordinasi dengan penyedia transportasi laut untuk menambah armada kapal," ujarnya.

Pantauan di Pelabuhan tampak petugas gabungan, yang terdiri dari Dishub, Syahbandar, BUMD serta Kesehatan Pelabuhan tampak berjaga-jaga di posko terpadu.

Viktor memperkirakan puncak arus mudik bakal terjadi pada 27 hingga 29 Desember nanti. KSOP mencatat, jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Batam dan Tanjung Pinang kini sudah hampir 100 persen jika dibandingkan hari biasa, dimana per hari biasanya penumpang hanya kisaran 200-400 orang.

"Kita akan terus memperketat dan meningkatkan layanan kepelabuhanan. Sampai saat ini, belum ditemukan kendala yang sangat berarti, kecuali desakan para penumpang yang ingin cepat berangkat, sehingga dalam hal ini kita himbau agar para penumpang tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan baik," sebutnya.

Untuk mengantisipasi desakan penumpang, lanjut Viktor, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup, sehingga lebih teratur.

"Disamping itu juga kita rutin menginformasikan kepada nakhoda terkait kondisi cuaca, ketinggian gelombang, dan kecepatan angin. Informasi yang disampaikan itu berdasarkan prakiraan BMKG Pekanbaru untuk sekarang ini dalam kondisi bagus," jelasnya.(egi)

Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.