• Home
  • Nasional
  • DPD PWRI Riau Memberikan Cendra Mata Kepada Ketua DPD PWRI Sumut
Minggu, 11 September 2022 22:05:00

DPD PWRI Riau Memberikan Cendra Mata Kepada Ketua DPD PWRI Sumut

SUMUT - Dewan Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPD PWRI) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan acara Pelantikan Pengurus DPD priode 2022 - 2026 yang dirangkai dengan penganugerahan tokoh-tokoh inspiratif Sumut 2022.
 
 
Acara pelantikan pengurus dan penganugerahan tokoh-tokoh inspiratif Sumut 2022 yang dihadiri langsung oleh Ketua DPP PWRI Dr Suriyanto PD SH MH M.Kn dan Sekretaris Jendral DPP Darwin Supriyanto, digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (10/9/2022).
 
Selain Ketua DPP PWRI dan Sekretaris Jendral yang hadir di acarara pelantikan DPD PWRI Sumut juga hadir Ketua DPD PWRI Provinsi Riau dan Sekaligus memberikan Cendra mata kepada DPD PWRI Sumut yang langsung di Terima oleh Dr Masdar Limbong .MH ketua DPD PWRI Sumut. 
 
Hadir pada acara ini Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Kabid Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Sumut Iwan Siregar, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak yang diwakili Kabid Humas Polda Sumut AKBP Herwansyah, H Muhammad Nuh (anggota DPD RI), Hj Meilizar Latif SE MM (anggota DPRD Sumut), dan para tokoh inspiratif penerima penghargaan, serta tamu undangan lainnya. 
 
Ketua DPP PWRI Dr Suriyanto usai melantik pengurus DPD PWRI Sumut priode 2022 - 2026 menyatakan, PWRI merupakan organisasi kewartawan yang legal dan keberadaannya diakui oleh pemerintah karena PWRI telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM sejak tahun 2013.
 
PWRI sebagai wadah organisasi kewartawanan dalam menjalankan tugas dan fungsinya tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan berpanduan pada UU Pers No.40 tahun 1999.
 
"Dalam waktu dekat, PWRI juga akan bergabung menjadi konsetuen Dewan Pers. Saat ini kita sedang mempersiapkan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) bagi anggota-anggota PWRI. Sebab syarat organisasi pers untuk menjadi konsetuen Dewan Pers harus sudah memiliki anggota yang UKW dalam jumlah tertentu. Karenanya kita juga mengharapkan adanya kerjasama dengan pemerintah-pemerintah daerah untuk kegiatan UKW ini," kata Dr Suriyanto.
 
Lebih lanjut Suriyanto menyatakan, PWRI didirikan bukanlah dimaksudkan untuk menandingi atau menjadi rival organisasi wartawan yang telah ada, melainkan sebagai wadah alternatif bagi wartawan untuk berhimpun dan dilindungi Undang-Undang.
 
Sementara, Ketua DPD PWRI Sumut yang baru dilantik Dr Masdar Limbong MM menyatakan PWRI dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) tidak ada bedanya, yakni sama-sama organisasi wartawan.
 
"Kadang ada yang menyebut kalau PWI itu 'plat merah' sedangkan PWRI 'plat hitam', sebenarnya tidaklah demikian. Kita dengan PWI rekan karena sama-sama organisasi pers, sama-sama wartawan, dan PWRI juga siap bermitra dengan Pemprov Sumut dan stakeholder lainnya," ujar Dr Masdar Limbong.
 
Dr Masdar berharap agar Pemprov Sumut, Pemda Kabupaten/Kota di Sumut beserta Forkopimda lainnya dapat bekerjasama dan menjadi mitra PWRI dalam pemberitaan berbagai kegiatan dan pembangunan daerah.
 
"Kami berharap pemerintah dan seluruh stakeholder dapat wellcome dan menjadi mitra pemberitaan wartawan-wartawan PWRI. Dan kedepan, kita akan melakukan audiensi-audiensi dengan Pemprov Sumut, Polda Sumut dan Pemda-Pemda untuk bersilaturrahmi sekaligus memperkenalkan kepengurusan baru PWRI Sumut," tutup Dr Masdar Limbong..
 
Penganugerahan Tokoh Inspiratif
 
Acara pelantikan Pengurus DPD PWRI Sumut priode 2022 -2026 berlangsung semakin meriah dengan penganugerahaan  Tokoh-Tokoh Inspiratif Sumut 2022.
 
Sebanyak 13 tokoh mendapat anugerah Tokoh Inspiratif Sumatera Utara 2022 dari DPW PWRI Sumut. Para tokoh inspiratif itu yakni :
 
1. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Tokoh Inspiratif Sumut 2022 versi PWRI Sumut atas kedekatannya dengan wartawan dan keterbukaannya atas informasi publik.
2. Hj Yulidar Bugis, Ketua IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Sumut, Tokoh Inspiratif Sumut atas perannya sebagai penggerak ekonomi kreatif dan UMKM. 
3. H Ahmad Untung Lubis SSos MM, tokoh inspiratif atas kepedulian terhadap olahraga Sumut.
4. Ahmad Faury SHi LLM tokoh muda inspiratif bidang motivasi Sumatera Utara 2022
5. Dr H Amarullah Nasution SE MBA, tokoh inspiratif terhadap dunia pendidikan di Sumatera Utara.
6. Datuk Seri H Samsul Arifin, SE, tokoh inspiratif perekat nasionalisme dan keberagaman.
7. H Muhammad Nuh, anggota DPD RI, tokoh inspiratif bidang kepedulian pada daerah.
8. H Syaiful Bahri SSos MSP tokoh inspiratif bidang kepemudaan.
9. Irham Sadani Rambe SH, tokoh inspiratif aktifis mahasiswa.
10. Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, tokoh inspiratif atas komitmennya dalam penegakan hukum dan penyakit masyarakat di Sumatera Utara. 
11. Hj Meilizar Latif SE MM anggota DPRD Sumut, tokoh perempuan inspiratif Sumatera Utara 2022.
12. Dr Fikri Alhaq Fachryana STP MM, kepala cabang JNE Tokoh muda inspiratif ekonomi syariah Sumatera Utara.
13. Drs H Rahudman Harahap MM tokoh politik inspiratif Sumatera Utara.
 
Selain memberi anugerah penghargaan pada 13 tokoh inspiratif, DPD PWRI Sumut juga memberi anugerah penghargaan pada Alm H Ansyari Siregar, sebagai tokoh deklator PWRI Sumut yang diterima oleh istrinya.
 
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Kabid Pemberitaan dan Informasi Publik Diskominfo Sumut Iwan Siregar saat memberi sambutan mewakili gubernur menyampaikan ucapan terima kasih atas penganugerahan tokoh inspiratif yang diberikan PWRI Sumut pada Gubernur Edy Rahmayadi.
 
Iwan menyampaikan seyogyanya gubernur langsung hadir dan beliau sangat berkeinginan untuk hadir, namun karena ada kegiatan lain yang tak bisa ditinggalkan gubernur akhirnya mewakilkan.
 
"Gubernur berharap kedepan kerjasama yang baik tetap terbangun antara Pemprov Sumut dengan PWRI Sumut," ujarnya.
 
Sementara, Kabid Humas Polda Sumut AKBP Herwansyah yang berbicara mewakili Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyatakan bahwa wartawan adalah mitra strategis Polri, apapun yang mereka lakukan tidak akan diketahui publik jika tidak dipublis oleh wartawan.**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.