• Home
  • Pekanbaru
  • Alhamdulillah, Perekonomian Riau Tumbuh 5,13 Persen pada Triwulan II-2021
Jumat, 06 Agustus 2021 12:53:00

Alhamdulillah, Perekonomian Riau Tumbuh 5,13 Persen pada Triwulan II-2021

PEKANBARU, globalriau.com - Perekonomian Provinsi Riau triwulan II-2021 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp205,03 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp123,58 triliun.

Gubernur Riau, H Syamsuar, di Pekanbaru Kamis (5/8/2021) menyebutkan, Riau termasuk penyumbang kontribusi perekonomian besar di Sumatera. Kabar ini merupakan salah satu kado Hari Jadi Provinsi Riau ke 64.



"Alhamdulillah, ini kabar baik yang menjadi kado menjelang Hari Jadi Provinsi Riau ke 64. Riau mengalami tren pertumbuhan ekonomi yang positif pada triwulan ke II sebesar 5.13 % dan memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 7.07 %,  di wilayah Regional Sumatera," kata Gubernur Riau.

Lebih lanjut Gubernur Riau menjelaskan, pada Triwulan I juga Riau termasuk 10 Provinsi di Indonesia yang mendapatkan apreasiasi dari Presiden Republik Indonesia, dengan tingkat pertumbuhan 0.41% memberikan kontribusi positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

"Dimasa Pandemi ini tentunya kita terus berupaya untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional. Mohon doa dan dukungan masyarakat Riau semoga pemulihan ekonomi Riau terus meningkat sejalan dengan peningkatan kesejahteraan rakyat Riau," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin  menjelaskan, Ekonomi Riau triwulan II-2021 tumbuh sebesar 5,13 persen (y-on-y), lebih baik dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun sebelumnya yang terkontraksi 3,32 persen.

"Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 39,06 persen. Sementara itu, dari sisi pengeluaran Komponen Ekspor Barang dan Jasa menjadi komponen dengan pertumbuhan tertinggi sebesar 48,58 persen," jelasnya.

Sedangkan, ekonomi Riau triwulan II-2021 terhadap triwulan sebelumnya tumbuh sebesar 0,06 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Lapangan Usaha Administrasi Pemerintahan sebesar 29,35 persen.

Kemudian, dari sisi pengeluaran, Komponen Konsumsi Pemerintah mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 90,37 persen.

"Jika dihitung tanpa migas, ekonomi Riau triwulan II-2022 tumbuh 7,40 persen (y-on-y), lebih baik dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya yang terkontraksi 2,72 persen," jelasnya.

Secara spasial, pada triwulan II-2021 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 4,89 persen terhadap perekonomian nasional. "Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar keenam di Indonesia atau PDRB terbesar kedua di luar Pulau Jawa," tukasnya.(MCR)

Share
Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    PT KPI RU Dumai Gelar Gotong Royong Peringati Bulan K3 Nasional dan HUT Satpam Ke-42

    Kegiatan sosial ini dimulai dengan pemberian arahan oleh Manager HSSE kepada seluruh satpam yang hadir, dan diteruskan dengan penyerahan peralatan kebersihan oleh PY KPI RU Dumai k
  • 4 jam lalu

    Inspeksi Umum, Asisten Pengawas Kejati Riau Laksanakan Kunker ke Kejari Dumai

    Kemudian masing-masing Pemeriksa melakukan pemeriksaan sesuai dengan bidangnya, dan selanjutnya kegiatan ditutup dengan penyampaian hasil pemeriksaan kepada Kajari,
  • kemarin

    BAGAIMANAKAH SISTEM PELAYANAN PUBLIK NEGARA KITA DI ERA DIGITAL SEKARANG, APAKAH SUDAH SESUAI DENGAN YANG DIHARAPAKAN?

    Cita-cita good governance di Indonesia hanya bisa terwujud apabila semua lapisan ikut bekerja. Tak hanya pemerintah yang memfasilitasinya lewat E-goverment dan smart city,
  • kemarin

    Setelah Sambangi Dua Pesantren, Kejari Dumai Kembali Laksanakan Program JMS di SMA Negeri 2

    Dalam kegiatan JMS, selain menjelaskan mengenai tugas dan fungsi Kejaksaan RI, Abu Nawas, SH., MH menyampaikan kepada para pelajar tentang perundungan, penyalahgunaan narkotika, t
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.