• Home
  • Politik
  • Menilik Peluang Calon Walikota Dumai pada Pemilu 2024
Selasa, 26 Juli 2022 15:47:00

Menilik Peluang Calon Walikota Dumai pada Pemilu 2024

Globalriau.com - Rakerda DPD Partai Ummat Kota Dumai pada Senin (25/07/2022) kemarin mengumumkan bakal calon kandidat yang didukung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang, satu nama yang disebutkan adalah Walikota Dumai H Paisal, SKM, Mars.
 
 
Ketua DPD Partai Ummat Kota Dumai, Syafrizal menjelaskan, peluang incumbent pada sosok Paisal dinilai masih cukup tangguh untuk dapat terpilih kembali. Bukan tanpa alasan, DPD Partai UMMAT kota Dumai memilih Paisal berdasarkan hasil rapat bersama dengan seluruh kader dan hasil masukan beserta usulan hampir seluruh simpatisan Partai Ummat.
 
"Dari sejumlah nama tokoh yang masuk usulan ke DPD Partai UMMAT, sosok Paisal masih menjadi primadona dan diinginkan banyak kader, oleh karenanya kita mendukung beliau pada kontestasi pemilu kepala daerah 2024 mendatang," ulasnya.
 
Selain nama H Paisal yang juga ketua DPD Partai Nasdem kota Dumai sebagai incumben, belakangan mulai mencuat sejumlah nama yang disebut-sebut memenuhi kriteria sebagai bakal calon kepala daerah, diantaranya H Sunaryo yang kini sebagai Wakil ketua DPRD Provinsi Riau dari Partai PAN, dan Suardi yang kini masih aktif sebagai kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
 
Opini publik
 
Menakar peluang masing-masing bakal calon secara keseluruhan dinilai cukup memiliki kriteria dan peluang. H Sunaryo sendiri merupakan eks Wakil Walikota Dumai periode 2005-2010, kemudian berhasil duduk sebagai legislatif di DPRD Provinsi dua periode berturut-turut hingga sekarang.
 
Sunaryo juga sebelumnya mendapat dukungan dari DPD Partai PAN kota Dumai untuk maju sebagai bakal calon walikota Dumai 2024 mendatang. Hal itu teruang dalam hasil Rakerda DPD PAN belum lama ini.
 
Sedangkan Suardi, notabene sebagai pejabat pemerintah Kota Dumai sempat menghebohkan publik saat namanya masuk bursa pencalonan di Partai Demokrat pada pilkada 2020 lalu.
 
Kemunculan nama Suardi sebagai bakal calon wakil walikota saat itu cukup mendapat sambutan masyarakat. Namun, seiring proses pencalonan akhirnya Suardi mengurungkan niat untuk maju dan memilih menghabiskan masa jabatannya yang berakhir pada Agustus 2022.
 
Peluang Suara Millenial
 
Dari survey yang dilakukan pada beberapa kampus di Kota Dumai, dari lima duara sebagai sample mahasiswa/i yang berhasil diwawancara hampir keseluruhannya mengenal ketiga bakal calon yang sedang jadi perbincangan publik saat ini. 
 
Namun ketika diminta memilih satu nama tiga dari lima mahasiswa masih ingin pemimpin Paisal, dan sebagian lagi menginginkan Sunaryo serta Suardi.
 
Beberapa lainnya mengaku hanya mengenal nama dan wajah dari para kandidat melalui media sosial. Dan belum ingin memilih satu dari ketiganya.
 
Mela Chandra, mahasiswi STIA Lancang Kuning ini mengaku lebih mengenal sosok Paisal, dia beberapa kesempatan pernah bertemu dan berinteraksi dengan Walikota di sejumlah acara.
 
Dia masih menjatuhkan pilihan kepada incumbent untuk pilkada 2024 mendatang karena melihat sejumlah perubahan pada wajah kota saat ini. 
 
"Yang lain hanya tau nama dari medsos saja, dengan pak wali saya pernah hadir dan bertemu di beberapa kesempatan. Dan secara kinerja alhamdulillah Dumai sekarang lumayan lebih cantik, apalagi jika DIC sudah jadi semoga makin mempercantik lagi wajah kota," harapnya.
 
Sementara, kandidat lainnya yakni H Sunaryo lebih dikenal sebagai Anggota DPRD Provinsi dan Pembina YLPI Dumai, dikalangan mahasiswa STT Sunaryo cukup dikenal ramah dan komunikatif dalam beberapa pertemuan.
 
Suardi sendiri lebih dikenal sejak menjabat sebagai kepala Disdukcapil, beberapa kaum millenial yang pernah berkomunikasi dengannya mengaku mengenal sosok Suardi yang humoris namun profesional dalam bekerja.
 
"Pak Suardi orangnya suka bercanda, kami pernah komunikasi dengan beliau ketika urus adminduk. Beliau baik dan tidak kaku seperti pejabat pada umumnya," Sebut Eka mahasiswi STMIK.
 
Peluang ketiga kandidat dinilai cukup sepadan. Namun diatas kertas peluang incumben memang jauh diunggulkan terlebih menjelang pemilu 2024.**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.