• Home
  • Rohil
  • Pemkab Rohil Rencanakan Festival Lomba Sampan di Perairan Sungai Rokan
Senin, 07 Mei 2018 19:21:00

Pemkab Rohil Rencanakan Festival Lomba Sampan di Perairan Sungai Rokan

BAGANSIAPIAPI, Globalriau.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merencanakan festival lomba sampan boat nelayan di perairan Sungai Rokan. Demikian penegasan ini dikatakan pelaksana tugas (Plt) Bupati Rohil, Drs H Jamiluddin, di Pasar Labuhan Tangga Besar, Selasa (24/4/2018) sore kemarin.
 
“Kita punya konsep bahwa tradisi yang lalu takkan hilang di Rokan Hilir ini, tradisi apa yang dibuat bupati kita yang terdahulu yakni H Annas Maamun. Dimana beliau melaksanakan festival lomba sampan kotak di perairan Sungai Rokan. Nah, hal yang sama juga kita rencanakan yakni festival lomba sampan kotak," katanya.
 
Lomba sampan kotak ini nantinya akan dimulai dari muara Sungai Rokan tepatnya di pelabuhan yang baru dibangun hingga finish di Jembatan Pedamaran. Tetapi mengingat kondisi saat ini bentuk sampan kotak kemungkinan sudah tidak ada lagi maka festival dan lomba sampan ini akan menggunakan sampan atau boat yang biasa digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan sehari-hari.
 
 
“Karena sampan kotak saat ini mungkin sudah tidak ada lagi, jadi mungkin menggunakan sampan atau boat nelayan untuk mencari ikan yang ada saat ini kita lombakan dan buat festival,” tutur Jamiluddin.
 
Dia menjelaskan, objek kepariwisataan terdahulu dimunculkan kembali agar menarik perhatian para wisatawan berkunjung ke daerah Rokan Hilir ini. Kepariwisataan di daerah Rohil digalakkan sebagai daya upaya pemerintah dalam mendapatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) selain Migas.
 
Sesuai perencanaan pelaksanaannya akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Oleh sebab itu dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dan rapat untuk mengadakan festival lomba sampan boat nelayan ini sebagai daya tarik wisatawan kunjungi Rokan Hilir selain ritual Bakar Tongkang," Tutup Mantan Wakil Ketua DPRD Rohil tersebut.(hms/tris)
Share
Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    DPRD Bersama Pemkab Rohil Gelar Raker Terkait Penyusunan LKPj

    Dikatakan Amansyah, banyak hal-hal seperti misalnya pemerintah tidak memasukkan permendagri nomor 18 tahun 2020.
  • 9 bulan lalu

    Sidak Usai Libur Lebaran, Wabup Rohil Temukan Ada ASN Belum Masuk Kantor

    Bahkan, penekanan disiplin itu terus disampaikan dalam berbagai kesempatan. Bupati dan Wabup juga kerap melakukan inpeksi mendadak ke sejumlah Dinas untuk melihat kehadiran para AS
  • 10 bulan lalu

    Polres Rohil Gagalkan Penyelundupan 30 Pekerja Migran

    Selanjutnya 30 PMI diamankan. Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa yang menjalankan kejahatan itu adalah Mukhtar, Fidal, dan Sunaryo. Ketiga penyelundup langsung ditangkap.
  • 2 tahun lalu

    KKP Akan Bangun Pusat Pemasaran Ikan Internasional di Rokan Hilir Riau

    Informasi demikian disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahmud, Senin (28/9/2020) di Pekanbaru.
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.