• Home
  • Rohul
  • Ratusan Unit Alsintan Disalurkan ke Petani Rohul
Jumat, 04 Desember 2015 19:08:00

Ratusan Unit Alsintan Disalurkan ke Petani Rohul

Dinas TPH Rohul Salurkan 165 Unit Alsintan ke Koptan.

PASIR PANGARAIAN- Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyebutkan, pihaknya berupaya menerapkan penggunaan teknologi atau alat mesin pertanian dalam meningkatkan hasil produksi pertanian.

Karena, setiap tahunnya di Rohul mendapatkan bantuan Alsintan dari pemerintah Pusat dan Provinsi untuk disalurkan secara hibah ke kelompok tani.
 
Di tahun 2015 ini, Dinas TPH Rohul sudah salurkan 100 unit Alsintan ke kelompok tani yang tersebar di 16 kecamatan se-Rohul. Alsintan yang diberikan secara hibah itu berupa, 49 unit handtraktor, Pompa Air 31 unit, Power Threser 4 unit, Combine Harvester 7 unit, Cultivator sebanyak 2 unit, konseler alat pemipil jagung 1 unit,  Rice Milling Unit (RMU) 1 unit, Hidro Tiller sebanyak 5 unit
 
“Untuk alsintan bantuan pemerintah dari Kementerian Pertanian, sudah disealurkan ke kelompok tani pangan di 16 kecamatan.Penggunaaan teknologi ini,untuk meningkatkan produksi padi, jagung, kedele.Sistim hibah, bila terjadi kerusakan, dibebankan kepada petani,” kata Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal SP MMA kemarin.
 
Kata Mubrizal, untuk Alsintan Hand Traktor yang ada terhitung tahun 2007 sampai sekarang berjumlah 165 unit yang berada di kelompok tani.Dari jumlah Hand Traktor tersebut, bila dilihat dari luas lahan sawah yang ada di Rohul 2.137 hektar.
 
Dengan penggunaan alsintan dalam luas 10 hektar per 1 unit hand traktor, tidak mencukupi.’’Rohul masih kekurangan 120 unit hand traktor untuk kebutuhan petani mengolah persawahannya. Pemkab Rohul setiap tahunnya, berupaya memperjuangkan ke Pusat, untuk menutupi kekurangan Alsintan bagi petani.Dengan harapan, penggunaan alsintan dapat meningkatnya hasil produksi pangan yang berdampak pada kesejahteraan petani di Rohul,’’ sebut Mubrizal.(don)

Share
Berita Terkait
  • 6 tahun lalu

    Plt Bupati Hadiri Pelantikan Pengurus DPC PSSAB Rohul

    Plt Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Senin (7/2/2017) menghadiri acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Boru (PSSAB) Rohul periode 2017-
  • 6 tahun lalu

    Plt Bupati Rohul Apresiasi Kinerja Pengurus BUMDes Sumber Makmur Kota Baru

    Plt Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kota Baru dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur Desa Kota Baru Kecamatan Kunto Da
  • 6 tahun lalu

    Waspadai DBD, Plt Bupati Rohul Interuksikan Fogging

    Imbauan itu disampaikan Plt Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Sabtu (14/1/2017). Diingatkannya, akibat nyamuk tersebut 2 orang di daerahnya telah meninggal dunia.
  • 7 tahun lalu

    Plt Bupati Janji Kembangkan Budidaya Ikan Keramba

    Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berjanji akan memperhatikan usaha dari para petani nelayan yang berada di aliran sungai besar di daerah yang dijuluki negeri seribu suluk.
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.