• Home
  • Siak
  • Bupati Siak Alfedri Rayakan Puasa Enam di Benayah Bersama Warga
Selasa, 02 Mei 2023 16:03:00

Bupati Siak Alfedri Rayakan Puasa Enam di Benayah Bersama Warga

Bupati Siak H Alfedri membaur bersama masyarakat Benayah, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak dalam perayaan puasa enam di Musala Nurul Iman, Kampung Benayah, Kecamatan Pusako, akhir pekan lalu.
SIAK - Aghi ghayo onam atau hari raya enam digelar masyarakat Kampung Benayah, Kecamatan Pusako, setelah berpuasa enam hari usai 1 Syawal.
 
Bupati Siak Alfedri sengaja hadir untuk bersilaturahmi dengan warga Benayah, sekaligus memberikan dukungan bahwa kegiatan tersebut sangat positif.
 
Disebutkan Bupati, sebenarnya tidak hanya masyarakat Benayah, Kecamatan Pusako ini saja yang merayakannya, tapi juga sejumlah kampung di Kecamatan Sungai Apit merayakannya.
 
Biasanya masyarakat setempat akan berziarah ke makam keluarga secara berkelompok yang jumlahnya mencapai ratusan orang.
 
’’Saya merasa sangat gembira bisa bersilaturahmi di Musala Nurul Iman, Kampung Benayah, Kecamatan Pusako,’’ kata Bupati.
 
Bupati berharap, tradisi seperti ini dapat tetap terjaga sampai ke anak cucu. Sebab kegiatan ini sangat positif untuk mendekatkan emosional warga, sekaligus mengingat keturunan yang telah lebih dulu pergi dengan cara berziarah ke makam.
 
Pada kesempatan itu, Alfedri menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Siak bersama Kementerian Agama Kabupaten Siak, sedang memprogramkan untuk anak yang belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) bisa hafal 1 juz, di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) bisa hafal 2 juz.
 
Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Kabupaten Siak telah melatih sebanyak 272 orang guru dari 136 MDTW di Kabupaten Siak. Tahun ini akan dilatih 2 orang untuk setiap MDTA se-Kabupaten Siak.
 
‘’Ketika program ini sukses, kami yakin akan lahir generasi qurani, dan hal ini memang mesti digesa,’’ kata Alfedri.(infotorial)
Share
Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Wabup Siak Husni Merza Buka Ekspose Awal Kajian Resiko Bencana Alam

    Pemerintah Kabupaten Siak akan terus berusaha untuk menangani bencana alam. Dengan adanya Expose awal kajian resiko bencana ini dapat mempersiapkan diri.
  • 11 bulan lalu

    Sehari Anggota DPRD Rohil Basiran Lakukan Reses di Tiga Kepenghuluan

    Dalam kegiatan reses tersebut, ada beberapa usulan dari masyarakat di tiga kepenghuluan, diantaranya adalah usulan untuk pengadaan sarana olahraga lapangan volley, Kemudian Jalan m
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.