• Home
  • Siak
  • Dorong UMKM, Program Bujang Kampung Bupati Siak juga Sediakan Bazar Mini
Rabu, 22 Juni 2022 15:25:00

Dorong UMKM, Program Bujang Kampung Bupati Siak juga Sediakan Bazar Mini

SIAK - Program Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung (Bujang Kampung) Bupati Siak tak hanya fokus pada pelayanan administrasi publik, ternyata dalam kegiatan itu juga disediakan bazar mini untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.
 
 
"Setiap Jumat acara Bujang Kampung kami Diskop UMKM Siak juga ikut dilibatkan. Kami ada namanya Bazar Mini untuk memperkenalkan produk apa saja yang ada di daerah tempat dilaksanakannya Bujang Kampung," cakap Kepala Bidang (Kabid) UMKM, Adi Zulyanto dikonfirmasi, Selasa (21/6/2022).
 
Selain Bazar Mini, peran Diskop UMKM Siak juga sebagai pelayanan bagi pelaku UMKM yang ingin mengurus surat Nomor Induk Berusaha (NIB) usahanya. Sehingga pelaku usaha tak perlu jauh-jauh datang ke kota Siak untuk mengurus NIB ke Diskop UMKM.
 
"Sejak ada Bujang Kampung ini masyarakat yang punya usaha terbantu karena dalam acara itu semua pelayanan administrasi usaha bisa diterbitkan langsung. Apalagi untuk daerah kampung yang jauh dari kota Siak seperti di Kecamatan Kandis, Minas dan lainnya," tambahnya.
 
Dijelaskan Adi, manfaat bagi pelaku UMKM di Siak yang sudah memiliki NIB, bisa menikmati bantuan yang ada saat ini dari Diskop UMKM Provinsi Riau melalui Mata UMKM.
 
"Karena untuk mendaftar dalam aplikasi Mata UMKM salah satu syaratnya harus ada NIB, yang terdaftar nanti ada bantuan modal dari Provinsi sebesar Rp1,2 juta," kata dia.
 
Menurutnya, keterlibatan Diskop UMKM dalam Bujang Kampung Bupati Siak merupakan langkah menjemput bola dalam rangka pendataan pertumbuhan UMKM di Siak.
 
"Saat ini Pemkab Siak fokus penumbuhan dulu, dan tahun ini kita mulai rancang program untuk membantu UMKM seperti bantuan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bunganya dibayar oleh Pemda, ada juga bantuan modal dan bantuan sapi bagi peternak. Insya Allah tahun depan kita mulai," tutupnya.(infotorial)
Share
Berita Terkait
  • 16 jam lalu

    Program BERSERI, Polres Dumai Bakal Bedah Rumah Warga Kurang Mampu Setiap Bulan

    Adapun program Berseri adalah renovasi ataupun bedah rumah masyarakat yang tidak mampu dengan target 2 hingga 3 rumah setiap bulannya.
  • 2 hari lalu

    Bantah Isu Negatif, Kapolres Dumai; Anggota yang terbukti lakukan pidana pasti saya hukum

    Budi hanya menemukan kelalaian administrasi dalam dokumen pelayaran kapal tersebut dan menegaskan kepada nakhoda untuk melengkapi syarat sebelum memulai aktivitas di laut.
  • 3 hari lalu

    Lantik Sejumlah Staf Ahli, Begini Pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin

    Dalam keterangan pers Kepuspenhum Dr Ketut Sumedana menjelaskan bahwa pelaksanaan pelantikan staf ahli oleh Jaksa Agung dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.
  • 3 hari lalu

    Pergantian nama RSUD Dumai kurang visioner, Analis masyarakat: ada point yang hilang

    Tanggapan yang mencolok pada diskusi ini muncul ketika Delyuzar syamsi memilih penggubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, hal tersbut dipilihnya karna melihat prinsip rumah
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.