• Home
  • Siak
  • Optimalkan Pengumpulan Zakat, UPZ Tualang Tempatkan Perwakilan di Masjid
Senin, 18 Juli 2022 13:54:00

Optimalkan Pengumpulan Zakat, UPZ Tualang Tempatkan Perwakilan di Masjid

SIAK - Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) adalah satuan yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten/Kota. UPZ Kecamatan Tualang di bawah atau dibentuk oleh Baznas Kabupaten Siak.
 
 
UPZ Tualang yang berkantor di Jalan Jaya Perkasa (SD IT/Muhammadiyah) Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Senin (18/7/2022). Untuk mencapai itu semua, kedepan UPZ Tualang akan mendirikan UPZ di setiap masjid.
 
Untuk mencapai target zakat di Kecamatan Tualang, kedepan UPZ Tualang akan menargetkan dengan mendirikan UPZ di setiap masjid di Kecamatan Tualang.
 
"Saat ini sudah ada UPZ perwakilan di masjid-masjid, salah satunya yakni UPZ di Masjid Raudhatul Jannah," kata Ketua UPZ Tualang, H Aljufri SSos melalui Bagian Pendistribusian Zakat, Chairani Halim kepada media ini.
 
Dikatakan Chairani, rencana kedepan akan ada satu lagi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) salah satu masjid di Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang.
 
"Kiat-kiat maupun sosialisasi sudah kita lakukan untuk menyampaikan perihal zakat ke masyarakat agar mau membayarkan zakat ke UPZ kita," ucap Bunda, sapaan akrabnya.
 
"Sosialisasi kita lakukan bersama pendamping Upika, baik ke rumah-rumah juga sudah kita laksanakan. Kedepan kita juga rencanakan duduk bersama-sama tokoh-tokoh masyarakat di sini," pungkasnya.
 
Ketua UPZ Tualang H Aljufri SSos menyampaikan, pada tahun sebelumnya zakat Kecamatan Tualang terkumpul Rp129 juta. Dia mengatakan, di Tualang saat ini masih minim kesadaran masyarakat untuk berzakat ke UPZ.
 
Sedangkan pada Gemar Siak Berzakat tahun lalu, UPZ Tualang berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp169 juta.
 
"Pada tahun 2021 lalu, zakat terkumpul sebesar Rp129 juta, sementara saat ini mencapai Rp169 juta," jelas Aljufri.
 
Dia menyebutkan, pencapaian itu terjadi sebelum dan setelah masa pandemi covid-19 yang melanda Indonesia khususnya Kecamatan Tualang umumnya Kabupaten Siak.
 
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak menargetkan pengumpulan zakat sebanyak Rp40,6 miliar selama lima tahun periode memimpin 2022-2027 atau naik 100 persen dari lima tahun kepemimpinan sebelumnya. (inf/jhon)
Share
Berita Terkait
  • 16 jam lalu

    Program BERSERI, Polres Dumai Bakal Bedah Rumah Warga Kurang Mampu Setiap Bulan

    Adapun program Berseri adalah renovasi ataupun bedah rumah masyarakat yang tidak mampu dengan target 2 hingga 3 rumah setiap bulannya.
  • 2 hari lalu

    Bantah Isu Negatif, Kapolres Dumai; Anggota yang terbukti lakukan pidana pasti saya hukum

    Budi hanya menemukan kelalaian administrasi dalam dokumen pelayaran kapal tersebut dan menegaskan kepada nakhoda untuk melengkapi syarat sebelum memulai aktivitas di laut.
  • 3 hari lalu

    Lantik Sejumlah Staf Ahli, Begini Pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin

    Dalam keterangan pers Kepuspenhum Dr Ketut Sumedana menjelaskan bahwa pelaksanaan pelantikan staf ahli oleh Jaksa Agung dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.
  • 3 hari lalu

    Pergantian nama RSUD Dumai kurang visioner, Analis masyarakat: ada point yang hilang

    Tanggapan yang mencolok pada diskusi ini muncul ketika Delyuzar syamsi memilih penggubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, hal tersbut dipilihnya karna melihat prinsip rumah
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.