• Home
  • Siak
  • Permudah Warga Mengakses Informasi, Diskominfo Siak Sediakan PPID dan Aplikasi LAPOR
Kamis, 15 September 2022 19:42:00

Permudah Warga Mengakses Informasi, Diskominfo Siak Sediakan PPID dan Aplikasi LAPOR

Bupati Siak Alfedri, Wabup Husni Merza, Asisten I Fauzi Asni, Kepala Bappeda Wan Yunus, Kabag Kesra Rozi Chandra foto bersama dengan mahasiswa PKH di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan Lt 2 Kantor Bupati Siak pada Senin (12/9/2022).
SIAK - BUPATI Siak H Alfedri MSi melepas 129 mahasiswa penerima beasiswa program keluarga harapan (PKH) untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Pemkab Siak. Total beasiswa dari seluruh kategori, untuk anak Siak 5.807 orang. Demikian dikatakan Bupati Siak Alfedri. Lebih jauh dijelaskan Bupati, kategorinya adalah, beasiswa PKH 156 yang terdiri dari 27 PKH pada 2021. Pada 2022 terjadi peningkatan 4 kali lipat yaitu 129 mahasiswa.
 
 
Beasiswa bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) sebanyak 50, beasiswa unggulan daerah (BUD) 320, beasiswa hafiz hafizoh tahun 2022 untuk 15 orang. Bantuan beasiswa ikatan dinas 50, beasiswa luar negeri 20, beasiswa umum berprestasi dan D3 sebanyak 400, beasiswa S1-D4 sebanyak 4.500, beasiswa S2 100, beasiswa S3 50 dan beasiswa pelajar MAN IC Siak sebanyak 126 orang.
 
Selain menjelaskan jumlah anak-anak Siak penerima beasiswa, pada kesempatan itu, Bupati meluncurkan aplikasi beasiswa untuk anak Siak (Betunas) di ruang Raja Indra Pahlawan lantai 2 Kantor Bupati Siak, Senin (12/9) siang.
 
Bupati memotivasi anak-anak PKH untuk tidak khawatir jauh dari keluarga. Orang tua juga mendoakan agar anak betah menimba ilmu di negeri orang dengan harapan lulus tepat pada waktunya. "Saya meminta kepada orang tua jangan takut berpisah melepas anak kuliah, jika  ingin anak kita berhasil mereka harus hijrah menuntut ilmu di tempat orang," kata Bupati.
 
Ada 129 yang dilepas hari ini untuk berangkat kuliah. Ada ke Politeknik Pariwisata Batam maupun di Politeknik Sriwijaya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang ada di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen peningkatan pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Siak, terutama dari keluarga tidak mampu. "Kami ingin masyarakat sejahtera, mengurangi tingkat kemiskinan serta meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM)," jelasnya.
 
Bupati berharap ke depan tidak hanya 129 saja yang menerima beasiswa ini. Bahkan dengan jumlah di atas 200 juga diperbolehkan, dan akan diprogramkan.(ifr) Berikut 16 perguruan tinggi yang melakukan kerja sama dengan Pemkab Siak, terdiri dari Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Poetra Sempurna, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, Institut Ilmu Quran (IIQ) Jakarta, Perguruan Tinggi Ilmu Alquran Jakarta, Universitas Riau, Institut Agama Islam Tazkia Bogor, Batam Tourism Politectik Batam, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Lancang Kuning, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Politeknik Sriwijaya melalui PSDKU Kampus Kabupaten Siak.
 
Tidak sampai di situ, Pemkab Siak juga menanggung SPP, UKT dan biaya hidup mahasiswa yang kuliah, adapun jumlah beasiswa yang diberikan adalah bervariatif mulai dari Rp2 juta per mahasiswa sampai Rp144 juta per mahasiswa.**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.