• Home
  • Siak
  • Program Bujang Kampung Perpustakaan Siak Meningkatkan Sumber Daya dan Merubah Mindset
Rabu, 22 Juni 2022 15:15:00

Program Bujang Kampung Perpustakaan Siak Meningkatkan Sumber Daya dan Merubah Mindset

SIAK - Program bujang kamoung yang digagas Bupati Siak Alfedri berdampak besar bagi masyarakat Siak. Hal itu dirasakan dari antusiasnya masyarakat mengikuti program ini di berbagai tempat.
 
 
Tidak terlepas pula dalam pelayanan perpustakaan keliling. Diungkapkan Safrizaldi, Spd, MSN, Kabid pengembangan perpustakaan pembudayaan kegemaran membaca menjelaskan bahwa program bujang kampung ini sangat efektif dan sejalan dengan program yang ada di dinas perpustakaan.
 
"Seperti perpustakaan keliling, kemudian perpustakaan keliling tersebut berfungsi sebagaimana siswa-siswa dan masyarakat umum bisa membaca dan menimba ilmu," jelasnya.
 
Dia menambahkan, pada acara bujang kampung ini pihaknya juga membuat acara mendongeng dan kartu baca gratis.
 
"Kami juga memberi pelajaran memake up ibu-ibu supaya bisa membentuk karakter mereka sendiri dan bisa membenahi kecantikannya untuk keluarga untuk masyarakat kampung tersebut, mengenai makeup kecantikan ibu ini diberi khusus langsung dari tenaga pengajar perpustakaan dan dibina oleh ibu PKK yang ada di kampung dan tidak tertutup juga untuk masyarakat umum," tuturnya.
 
Lanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan juga seperti merajut dan inilah salah satu kegiatan yang kami laksanakan dan ada juga salah satu kegiatan yang tidak kalah pentingnya.
 
"Salah satu unggulan kami adalah mengirim data formulir secara online dan menginput data langsung ke perpustakaan Nasional, intinya hanyalah orang-orang yang pengunjung perpustakaan lah yang terdaftar," ungkap Kabid perpustakaan.
 
Dengan adanya perpustaka keliling, katanya, tentunya bagi perpustakaan keliling untuk menumbuhkan minat baca anak-anak, masyarakat tumbuh kembali, dengan membaca tentu akan meningkatkan sumber daya manusia salah satu contoh, merajut.
 
Perpustakaan ini adalah tempat berkumpulnya buku-buku dan tempat membaca saja, padahal tidak dan banyak inklusi dan informasi dan transformasi dari perkembangan zaman, contoh pada saat sekarang orang sudah mulai membaca melewati inbuk atau digital dan kami mengajari masyarakat bagaimana cara membuka website, password dan link-nya, maka dengan berbagai cara kami berusaha merubah mindset manusia bahwa perpustakaan ini adalah segudang buku dan bisa diterapkan secara praktek.
 
Suatu contoh, jelasnya, di perpustakaan ada buku tentang perkebunan tentunya, bagaimana menanam sawit dengan baik dan menanam sayuran agar berhasil Dan ini ada bukunya di perpustakaan dan juga tentang perikanan.
 
"Jadi masyarakat bisa membaca cara memperternakan ikan mulai dari membibitkan dari kecil sampai berhasil, mengenai budaya seperti zapin membatik dan ini kami ajarkan jadi pada intinya mindset manusia itu akan berubah, sekarang di perpustakaan ini banyak inklusi yang telah kita buat," sambung Syafrizaldi.
 
Kami di dinas perpustakaan ini katanya sangat bersemangat membuat cerita mendongeng, karena kita sesuai dengan pergusnas itu ada namanya bertutur nama lomba mendongeng, dongeng ini dibuat di tingkat sekolah dasar dan kita sudah pernah memenangkan lomba bertutur atau mendongeng di Provinsi Riau, Kabupaten Siak mendapat juara 2 lomba mendongeng pada tahun 2021 yang diwakili oleh SD 006 Kecamatan Tualang Perawang. Alhamdulillah mudahan pada tahun ini akan diadakan juga.
 
Perpustakaan juga dalam suatu pembinaan bagaimana cara melayani perpustakaan yang berada di kampung tersebut, dan kabupaten Siak di provinsi Riau kabupaten Siak mendapat juara 2 pada tahun 2021, kategori lomba pustaka kampung dan desa namanya, jadi program kita di bujang kampung tersebut membina pustaka-pustaka desa kemudian diseleksi dan dipertandingkan sehingga bisa diutus ke tingkat provinsi Riau, sampai ke tingkat nasional nantinya.
 
Perpustakaan dalam tahun ini juga melaksanakan lomba tingkat sekolah yang sudah kami laksanakan dan dalam waktu dekat ini akan kami umumkan, ada lagi program perpustakaan kami tentang lomba pojok baca setingkat UPD, lomba pojok baca pada tahun 2021 dimenangkan oleh kejaksaan dan pada tahun ini kita buat lagi lomba ini pada bulan September.
 
"Perpustakaan Siak dengan berbagai program dan persiapan yang matang sudah siap untuk berprestasi asal selalu didukung oleh pemerintahan Siak dan kami selalu mendukung acara bujang kampung karena acara bujang kampung sangat-sangat positif sekali," tutupnya.(infotorial)
Share
Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    Program BERSERI, Polres Dumai Bakal Bedah Rumah Warga Kurang Mampu Setiap Bulan

    Adapun program Berseri adalah renovasi ataupun bedah rumah masyarakat yang tidak mampu dengan target 2 hingga 3 rumah setiap bulannya.
  • 2 hari lalu

    Bantah Isu Negatif, Kapolres Dumai; Anggota yang terbukti lakukan pidana pasti saya hukum

    Budi hanya menemukan kelalaian administrasi dalam dokumen pelayaran kapal tersebut dan menegaskan kepada nakhoda untuk melengkapi syarat sebelum memulai aktivitas di laut.
  • 3 hari lalu

    Lantik Sejumlah Staf Ahli, Begini Pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin

    Dalam keterangan pers Kepuspenhum Dr Ketut Sumedana menjelaskan bahwa pelaksanaan pelantikan staf ahli oleh Jaksa Agung dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.
  • 3 hari lalu

    Pergantian nama RSUD Dumai kurang visioner, Analis masyarakat: ada point yang hilang

    Tanggapan yang mencolok pada diskusi ini muncul ketika Delyuzar syamsi memilih penggubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, hal tersbut dipilihnya karna melihat prinsip rumah
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.