• Home
  • Dumai
  • Demi Pelayanan, Khidmat Penerangan Terus Dioptimalkan
Jumat, 14 Juni 2024 23:51:00

Demi Pelayanan, Khidmat Penerangan Terus Dioptimalkan

Walikota Dumai H Paisal bersama Kadishub Said Effendi meninjau perbaikan PJU.
DUMAI - Jalan Sri Kembar di Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat sudah terang benderang, penerangan lampu LED menyinari setiap sudut jalan. Kini masyarakat bisa menikmati penerangan jalan sehingga tidak ada lagi kecemasan untuk melewati jalan ini ketika malam hari, mengingat kawasan ini adalah akses utama masyarakat menuju kota," Terima kasih sudah mendengar dan berjuang untuk kemajuan infrastruktur di Bagan Keladi ini, semoga Kawasan ini semakin maju kedepannya," tulis akun facebook Bagan Keladi.
 
Bagan Keladi menjadi salah satu dari berbagai wujud kerja nyata bahwa khidmat penerangan sudah menyentuh keseluruh pemukiman masyarakat dan tidak hanya terpusat di Kawasan perkotaan saja.
 
Pemerintah kota Dumai telah berupaya mengoptimalkan penerangan jalan pada tahun 2023. Tercatat sekitar Rp43 miliar telah dikucurkan untuk memenuhi banyaknya permintaan masyarakat terkait penerangan jalan. Maka melalui khidmat infrastruktur penerangan pemerintah melaksanakan pengadaan dan rehab secara bertahap.
 
Guna memaksimalkan layanan pemerintah, Dinas Perhubungan meluncurkan aplikas SIPERJAKA (Sistem informasi Penerangan Jalan Kota) yang mempermudah menerima pengaduan dan keluhan mengenai lampu-lampu jalan yang ada di seluruh Kota Dumai.
 
"Dengan adanya aplikasi ini juga menunjukan bahwa masyarakat peduli dengan lampu penerangan yang ada, kita bisa sosialisasikan ini bisa melalui group yang ada, ini juga butuh ke ikhlasan teman-teman yang bertugas di lapangan untuk memperbaiki lampu yang ada, dengan adanya khidmat penerangan ini apabila masyarakat yang ingin memasuki Kota Dumai sudah mulai ada lampunya," ujar Walikota Dumai, H Paisal.
 
Peluncuran aplikasi SIPERJAKA merupakan lanjutan upaya Dinas Perhubungan kota Dumai, dalam menjalankan perintah Walikota saat menghadiri acara Halal Bi Halal bersama seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kerja dalam Perjanjian Kontrak (TKPK) di lingkungan Dishub Kota Dumai pada Rabu tahun 2022 lalu.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wako meminta agar di tahun 2023 khidmat penerangan bisa terlaksana dan berjalan secara optimal, untuk itu dia berharap kepada seluruh PNS dan TKPK di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai untuk selalu menjaga kekompakan dan terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
 
Menjalankan interuksi kepala daerah, Dinas Perhubungan Kota Dumai telah melakukan pemasangan dan rehab terhadap 3.109 titik lampu jalan.
 
"Sesuai arahan dari Pak Wali, program Khidmat Penerangan masuk dalam agenda prioritas Dinas Perhubungan. Ini sudah kita laksanakan secara bertahap sejak tahun 2021 hingga tahun 2023. Saat ini sudah terpasang tiga ribu lebih titik PJU baru maupun rehab. Pada 2024 ini masih akan kita lanjutkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Said Effendi, belum lama ini.
 
Program penerangan ini kata Said, untuk mengakoodir kepentingan publik, mendongkrak UMKM dan mendukung destinasi wisata, dan juga dalam rangka meningkatkan rasa aman masyarakat saat bepergian di malam hari.
 
"Optimalisasi penerangan tidak hanya untuk memperindah wajah kota. Namun untuk kepentingan masyarakat terutama UMKM dan keamanan, dengan penerangan yang memadai diharapkan dapat meminimalisir aksi kejahatan disaat malam hari," jelasnya.
 
Dalam rangka mengoptimalkan program khidmat penerangan ini, pemerintah melalui Dinas Perhubungan juga telah meluncurkan berbagai aplikasi berbasis digital guna mempermudah penyampaian keluhan dan laporan dari masyarakat.
 
Tercatat sejak Juli hingga Desember 2023, pihak dishub telah menyelesaikan puluhan keluhan masyarakat terkait penerangan jalan.
 
Menurut data dari Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kota Dumai, program Penerangan Jalan Umum (PJU) dilasanakan secara bertahap dengan prioritas pelayanan publik, kawasan pemukiman penduduk, daerah sentra ekonomi, jalur akses destinasi wisata dan lainnya. Untuk menopang kegiatan itu, didukung oleh 3 unit mobil skylift serta 4 orang tenaga admin, 3 orang operator, 8 orang asisten teknisi, 6 orang teknisi dan 1 orang tenaga ahli.
 
Pada 2021, tahun pertama kepemimpinan Walikota H Paisal, sebanyak 59 titik lampu baru berhasil terpasang. Sementara rehab PJU sebanyak 411 titik. Kemudian pada tahun 2022, titik lampu terpasang baru atau rehab jauh meningkat. Masing-masingnya sebanyak 344 titik lampu baru plus sebanyak 473 rehab.
 
Memasuki tahun ketiga kepemimpinan Walikota H Paisal, jumlah titik lampu baru maupun rehab di 2023 makin meningkat tajam. Tercatat total pembangunan JPU yakni sebanyak 879 titik, dan rehab sebanyak 943 titik lampu.
 
Keseluruhan titik lampu yang terpasang baru maupun rehab dengan jumlah total sebanyak 3.109 titik itu menghabiskan anggaran Rp18.197.917.172 dan tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Dumai.
 
Masing-masingnya pembangunan JPU di Kecamatan Dumai Barat sebanyak 151 titik dan Rehab PJU sebanyak 470 titik. Kemudian Dumai Timur sebanyak 215 titik baru dan rehab sebanyak 584 titik. Selanjutnya Kecamatan Dumai Selatan sebanyak 296 titik baru dan rehab sebanyak 361 titik.
 
Berikutnya Kecamatan Dumai Kota dengan 105 titik baru dan rehab sebanyak 232 titik. Sedangkan Kecamatan Medang Kampai sebanyak 182 titik baru dan 10 titik rehab PJU. Kemudian Kecamatan Sungai Sembilan dengan 160 titik baru dan rehab sebanyak 37 titik. Terakhir Kecamatan Bukit Kapur sebanyak 162 titik baru dan rehab sebanyak 133 titik.
 
Hemat Anggaran Melalui PJU Non Meterisasi
 
Khitmad penerangan pemerintah tidak saja berfokus pada output penerangan ke masyarakat, namun juga efisiensi anggaran guna menghemat keuangan daerah. Dari hasil survei terkait Penerangan Jalan Umum (PJU) non-meterisasi dengan fokus pada penyesuaian tagihan listrik pemerintah telah berkoordinasi Bersama PLN.
 
Dari berbagai survey yang dilakukan, pemerintah perlu mengganti lampu Mercury 500 Watt menjadi Lampu LED 50 Watt. Hal ini diharapkan dapat mengurangi tagihan listrik sekaligus memberikan penghematan energi yang signifikan.
 
Setiap pergantian lampu tersebut juga akan disinkronkan dengan pihak PLN untuk memastikan data perubahan selalu akurat dan terkini. Ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan dalam proses penyesuaian tagihan.
 
"Kesepakatan penting lainnya adalah bahwa pihak pertama (Dishub) dan pihak kedua (PLN) sepakat untuk melakukan penyesuaian kembali tagihan PJU non-meterisasi berdasarkan hasil verifikasi Bersama," jelas Kadishub.
 
Hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan PJU serta mendorong penggunaan teknologi yang ramah lingkungan guna mendukung keberlanjutan penerangan di Kota Dumai.**
Share
Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Penantian Panjang Warga Batu Teritip, Pemko Dumai Bangun Jalan Basuro Sepanjang 1,4 Kilometer

    Atas pembangunan jalan utama di kelurahan Batu Teritip ini masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah Dumai dan Walikota H Paisal.
  • 2 bulan lalu

    Alibaba Cloud Announces New Availability Zones and Global Investment to Fuel AI Innovation

    Alibaba has been named the leading IaaS provider in Asia Pacific by revenue in U.S. dollars since 2018, according to Gartner. It has also maintained its position as one of the worl
  • 2 bulan lalu

    OPPO Find X7 Ultra First to Achieve DXOMARK Eye Comfort Display Label

    OPPO masterfully balances world-class eye comfort with incredible visuals that bring your content to life. With DXOMARK's Eye Comfort Display Label, users can use Find X7 Ultr
  • 2 bulan lalu

    Asia-Pacific Textile and Apparel Supply Chain Expo & Summit 2024 (APTEXPO 2024)

    FOURSOURCE, is one of the world's largest tech-enabled B2B apparel and textile networks, connecting over 50,000 companies across 120 countries, facilitating the buying and sel
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.