• Home
  • Dumai
  • Kuatkan Sinergi Dengan Dunia Akademik, PT KPI Unit Dumai Terima Kunjungan Dekan Fakultas Teknik UNRI
Selasa, 09 Juli 2024 12:11:00

Kuatkan Sinergi Dengan Dunia Akademik, PT KPI Unit Dumai Terima Kunjungan Dekan Fakultas Teknik UNRI

DUMAI - Sebagai perusahaan energi nasional yang bergerak di industri pengolahan minyak, gas dan petrokimia, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) bersama dengan berbagai unit operasinya mendukung penuh pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat kemajuan dunia pendidikan atau akademik di Indonesia.
 
Seperti yang telah dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan serta kerjasama yang dijalin, baik dengan sekolah maupun perguruan tinggi.
 
Sejalan dengan hal tersebut, pada Senin (8/7) di Ruang Rapat Kantor Kuning, PT KPI Unit Dumai menerima kunjungan Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau (UNRI), Prof. Dr. Eng. Ir Azridjal Aziz.
 
Kunjungan tersebut merupakan bagian dari lanjutan kerjasama yang sebelumnya telah terjalin antara PT KPI dengan Universitas Riau. Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau menjajaki kerjasama PT KPI Unit Dumai terkait program kuliah praktik atau magang dan usulan kolaborasi menjadi dosen tamu praktisi industri pada beberapa jurusan dan program studi di Fakultas Teknik UNRI pada semester baru.
 
Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, menjelaskan PT KPI Unit Dumai siap mendukung program-program akademik yang ada di kampus guna menambah khazanah mahasiswa.
 
“Kami sangat siap mendukung kemajuan pendidikan lewat berbagai program magang yang ada di kampus saat ini seperti program magang reguler, MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), ataupun jenis magang lainnya. Ini menjadi wujud komitmen dan dedikasi kami memberikan dampak positif guna mendorong pengembangan masyarakat dan pembangunan yang berkelanjutan ,” jelasnya.
 
Menurut Agustiawan, Kilang Pertamina Dumai selalu terbuka untuk bersinergi dan berkolaborasi menjadi wadah bagi mahasiswa mengembangkan keilmuan yang didapat di kampus dan mengaktualisasikan diri dengan pengalaman bekerja secara langsung ke dunia industri, seperti Kilang Pertamina Unit Dumai. Terlebih kepada mahasiswa yang ada di Provinsi Riau.
 
Katanya lagi, Kilang Pertamina Dumai jadi salah satu perusahaan yang selalu diminati setiap tahunnya oleh mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di pulau Sumatera dan Jawa. Dalam pelaksanaannya mahasiswa ataupun kampus juga perlu mengikuti sesuai peraturan dan prosedur yang ada, seperti melakukan safety induction. Hal ini mengingat karena Kilang Pertamina Dumai merupakan salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Indonesia yang perlu dijaga dengan ketat keandalan kilangnya. 
 
Dalam kunjungannya ke PT KPI Unit Dumai, Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau (UNRI), Prof. Dr. Eng. Ir Azridjal Aziz, menyampaikan jalinan kerjasama tersebut akan memberikan banyak nilai tambah untuk mahasiswa, kampus, dan perusahaan.
 
“Sinergi kerjasama lewat penyediaan kuota magang ini akan memudahkan mahasiswa semester 5 dan 6 mendapatkan mitra untuk lokasi magang sekaligus mendapatkan pengalaman baru sesuai bidang industrinya. Kerjasama stakeholders ini juga akan membantu meningkatkan nilai Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi guna implementasi akreditasi kampus, ” jelasnya. 
 
Pada kesempatan itu pula, Dekan Fakultas Teknik UNRI itu juga memaparkan berbagai pencapaian dan pengembangan mutu pendidikan untuk mahasiswa yang ada di kampusnya tersebut.
 
Ia juga mengapresiasi atas keterbukaan Kilang Pertamina Dumai dalam mendukung program magang bagi mahasiswa, khususnya yang berasal dari Universitas Riau.
 
“Terimakasih kepada PT KPI RU II Dumai telah menerima kunjungan kami. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut dan saling berkolaborasi,” tutup Prof. Dr. Eng. Ir Azridjal Aziz.**
Share
Komentar
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.