• Home
  • Dumai
  • Pimpin Operasi Gabungan, Kapolres Dumai: Kita Akan Tindak Tegas Pelaku Penyelewengan BBM
Rabu, 21 September 2022 23:54:00

Pimpin Operasi Gabungan, Kapolres Dumai: Kita Akan Tindak Tegas Pelaku Penyelewengan BBM

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto tampak memimpin operasi ke sejumlah gudang diduga tempat penampungan BBM ilegal.
DUMAI - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah Republik Indonesia, masyarakat mengeluh adanya indikasi kelangkaan BBM. Merespon berbagai kondisi buruk atas kenaikan harga minyak, Polres Dumai bersama TNI dan Pertamina menggelar operasi gabungan. Kegiatan ini merupakan giat untuk memastikan bahwa tidak adanya penggelapan BBM atau penimbunan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab.
 
 
Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto SH, S.I.K memimpin langsung tim gabungan yang terdiri dari Pom TNI-AD, Kodim 0320/Dumai, PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai dan PT. Elnusa, pada Rabu (21/9/) sekitar pukul 10.30 WIB melakukan penyisiran ke sejumlah gudang yang diduga digunakan sebagai tempat penampungan BBM Ilegal.
 
Lokasi pertama yang dikunjungi tim gabungan adalah gudang yang berada di depan Teminal Barang, Jalan Soekarno-Hatta. Disini tim mendapati pintu gudang dalam keadaan terkunci.
 
Tidak tinggal diam, untuk melihat apa yang ada didalam gudang tersebut, Polisi terpaksa membuka paksa atau mendobrak pintu gudang yang disaksikan Ketua RT dan warga setempat.
 
Saat pintu berhasil dibuka, ditemukan drum dan tangki dalam keadaan kosong, bahkan tidak ditemukan satupun orang didalam gudang.
 
Kemudian operasi berlanjut ke beberapa gudang penampung lainnya, disini masih sama tidak ada ditemukan aktivitas didalam gudang.
 
Untuk bisa masuk kedalam gudang terpaksa petugas membuka paksa kunci pintu dengan menggunakan gembok tersebut. Saat diperiksa, semua drum dan tangki dalam keadan kosong.
 
Dari operasi tersebut Satuan Reserse Kirminal Polres Dumai mengamankan dua mesin genset dan selang. Beberapa warga sekitar yang ditemui Kapolres Dumai mengungkapkan, bahwa selama ini gudang tersebut beraktivitas pada malam hari.
 
Sementara di gudang lainya, tim menemukan satu unit mobil tangki berwarna biru saat diperiksa muatan kosong, selanjutnya saat hendak diamankan untuk dibawa mesin truk roda enam itu tidak bisa menyala, namun polisi menemukan surat-surat truk saja.
 
"Truk ini kita amankan dulu, nanti kita tarik ke Polres dan kita panggil pemiliknya kita akan tanya kenapa ada di dalam gudang ini,” tegas Kapolres Dumai.
 
"Jadi tadi sudah jelas ya, dari keterangan masyarakat tadi bahwa tidak BBM Subsidi yang berasal dari SPBU-SPBU, dan ini juga sudah didengar langsung oleh pihak PT. Elnusa, dan berharap PT. Elnusa ada langkah tegas kepada supir-supirnya, bila perlu berikan edukasi kepada supir-supir,” kata AKBP Nurhadi Ismanto.
 
Dia juga memperintahkan para Kapolsek Jajaran dan Bhabinkamtibmas, agar mengintensifkan patroli ke tempat-tempat yang diduga sebagai lokasi penampungan BBM Ilegal ini.
 
"Kepada para Kapolsek Jajaran Polres Dumai dan Bhabinkamtibmas agar memonitor aktivitas digudang ini, tempelkan himbauan di pintu masuk gudang," ujar Kapolres.
 
Katanya lagi, bahwa kepolisian dalam hal ini tidak main-main menjaga BBM terutama BBM Subsidi agar tidak diselewengkan oleh orang-tidak bertanggungjawab. "BBM Subsidi wajib kita amankan apa bila ada penyelewengan akan kita tindak tegas," pungkas Kapolres Dumai.
 
Head Operation PT. Elnusa Josua Simamora mengatakan, selama ini upaya pencegahan untuk supir-supir yang bermain sudah dilakukan, bahkan mereka juga telah menggunakan sistem seperti pemasangan GPS di truk agar pergerakan truk diketahui.
 
"Kita juga memiliki Tim Monitoring untuk area satu yang bertugas memonitor pergerakan truk tangki selama 24 jam. Apabila ditemukan ada truk tangki bermuatan BBM berhenti dalam waktu yang lama, maka petugas akan menghubungi supir,” ujarnya.**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.