• Home
  • Dumai
  • Raih WTP 5 Kali, Walikota Dumai Pertahankan Pengelolaan Keuangan yang Akuntabel
Rabu, 21 September 2022 23:30:00

Raih WTP 5 Kali, Walikota Dumai Pertahankan Pengelolaan Keuangan yang Akuntabel

DUMAI - Sebagai salah satu agenda strategis tahunan, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022.
 
 
Rakernas diselenggarakan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan dan memperkuat akuntabilitas kinerja pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.
 
Dengan tajuk "Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", Rakernas tersebut turut dihadiri oleh 76 Wali Kota se-Indonesia.
 
Agenda talkshow dan pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan kategori tertentu oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati turut menyemarakkan puncak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022.
 
Acara puncak yang diadakan pada Hari Kamis, 22 September 2022 secara luring maupun daring ini juga akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS. 
 
Dalam acara tersebut, dipastikan Wali Kota Dumai meraih penghargaan karena Pemerintah Kota Dumai telah mendapatkan gelar WTP minimal 5 kali berturut-turut dalam periode 2017 sampai dengan 2021. dengan 2021.
 
Walikota Dumai H Paisal kepada media menjelaskan bahwa keberhasilan atas opini WTP ini menjadi spirit penyelenggara pemerintah dalam mengelola keuangan yang akuntabel dan transparan.
 
"Alhamdulillah dengan kembali mendapatkan opini WTP, menjadi spirit bagi pemerintah dalam mengelola keuangan daerah, agar benar-benar dinikmati masyarakat dari seluruh program dan pembangunan yang dilakukan," ujarnya.
 
Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualified opinion adalah hasil yang menyatakan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa Auditor BPK telah menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.
 
Opini WTP adalah impian dan kebanggaan institusi baik pusat dan daerah, sebab institusi yang bersangkutan dapat mengekspresikan akuntabilitasnya sebagai entitas kepada para stakeholdernya (publik/masyarakat).**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.