• Home
  • Meranti
  • 2016, Dinas PU Pemkab Meranti Utamakan Pembangunan Jalan Sirtu
Senin, 02 November 2015 07:52:00

2016, Dinas PU Pemkab Meranti Utamakan Pembangunan Jalan Sirtu

MERANTI- Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ardhahni mengatakan Kabupaten Kepulauan Meranti tidak akan melakukan proyek semenisasi ataupun hotmix jalan 2016 mendatang. Pasalnya, Dinas PU lebih mengutamakan pembangunan jalan dengan pengerasan pasir dan batu (Sirtu).

Hal itu sebagaimana diungkapkan Ardhahni, Minggu (1/11/2015). "2016 tidak ada semenisasi jalan, kita fokus ke pengerasan sirtu saja," ujar Ardhahni.

Ditambahkannya, saat ini mereka tengah mendata jalan mana saja yang akan dilakukan pengerasan. Sementara sisa jalan yang dibangun tahun 2015 (khusus pengerasan, red) tetap dilanjutkan hingga tuntas.

"Ada beberapa jalan yang saat ini dilakukan pengerasan, sisanya tetap kita lanjutkan tahun mendatang.Kita fokus ke pengerasan jalan utama di Meranti ini. Kalau sudah kuat bodi jalannya, tahun 2017 tinggal dibangun seperti apa yang kita inginkan," tambahnya.

Ardhahni juga mengakui pola pembangunan jalan dengan konsturksi rapat beton atau semenisasi, hanya mampu mengatasi persoalan untuk sesaat.

"Pola konstruksi semenisasi itu hanya bisa bertahan untuk sementara waktu. Dan tak lama kemudian kita akan mengulangi kembali. Sehingga pola pekerjaan semenisasi boleh dikatakan hanya menjadi pemborosan dan akan menyita waktu dan energi," ungkap Ardhahni.

Menurutnya, pihaknya tidak lagi melakukan pembangunan jalan dengan pola semenisasi tersebut, namun dengan konstruksi pengerasan atau base c. Setelah dilakukan pengerasan base c, maka akan dilanjut dengan base b kemudian base a, lalu diaspal hotmix. Diakuinya juga, dengan melakukan semenisasi memang terkesan bagaikan permainan sulap. Sebentar saja, ruas jalan sudah disemen, tapi kerusakannya juga cukup singkat.

Dijelaskannya, penerapan pola pengerasan tersebut sebenarnya tidak hanya untuk jalan poros saja, melainkan seluruh jalan desa atau jalan lingkungan. Namun karena melihat lokasi dan medannya, akhirnya pembangunan pengerasan tersebut diutamakan untuk seluruh jalan poros. (hrc)

Share
Berita Terkait
  • 7 tahun lalu

    Sudah Enam Bulan Guru Madrasah di Meranti Tak Gajian

    Puluhan guru madrasah Meranti curhat lantaran belum ada menerima bantuan dari awal hingga pertengahan 2017. Sementara, guna menutupi kebutuhan sehari-hari, tak jarang mereka mencar
  • 7 tahun lalu

    Kesbangpol Pemkab Meranti Taja Dialog Wawasan Nusantara

    Kasat Binmas Polres Kepulauan Meranti, AKP Yudi Setiawan, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan, Drs Askandar dan perwakilan Koramil 02/Tebingtinggi, Peltu Lakattang diu
  • 7 tahun lalu

    HUT ke 8, Pemerintah Meranti Gelar Berbagai Kegiatan

    Sempena peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke 8 yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2016 mendatang, Pemerintah Daerah sudah mempersiapkan berbagai kegiatan.
  • 8 tahun lalu

    DAK Rp145 Miliar, Dinas PU Meranti Prioritaskan Bangun Wilayah Perbatasan

    Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2016 ini mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi dari Pemerintah Pusat senilai Rp 145 Milyar.
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.