• Home
  • Nasional
  • Bantah ada Korban Meninggal Akibat Asap, Kemenkes Bayi Tersebut Sakit Sepsis
Selasa, 06 Oktober 2015 18:21:00

Bantah ada Korban Meninggal Akibat Asap, Kemenkes Bayi Tersebut Sakit Sepsis

JAKARTA- Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Untung Suseno Sutarjo membantah jika ada bayi di Jambi yang meninggal karena asap. Dia menyatakan bayi yang meninggal sebabnya karena sakit.

"Tidak benar itu. Bayi tersebut sakit Sepsis," jelasnya saat dihubungi, Senin (5/10).

Dia menyatakan sakit sepsis berasal dari dalam darah. Dimana dari situ darah yang ada mengeluarkan racun. Kemungkinan besar sang bayi sedang dalam kondisi tidak fit. Sehingga penyakit yang ada menyebabkan kematian.

Ditanya peran Kemenkes dalam melindungi kesehatan warga karena asap, Untung menyatakan pihaknya bersikap membantu saja. Adapun untuk peran utama menjadi tupoksi dari Pemerintah daerah setempat. Yakni Dinas Kesehatan dan juga Wali Kota atau Bupati setempat.

"Kita ini menunggu dikontak daerah saja. Misal mereka butuh obat dan sebagainya, maka akan kita kirim," jelasnya.

Dia menyebutkan sejauh ini pihaknya sudah mengirim 24,7 ton bantuan ke enam provinsi yang jadi korban asap. Bentuk bantuannya terdiri dari masker, obat obatan, dan juga makanan.

Sebelumnya laman di Facebook meramaikan gambar seorang ibu dengan bayinya yang telah wafat. Sang ibu mengklaim bayi itu wafat karena asap.(rol)

Share
Berita Terkait
  • tahun lalu

    Program Pembinaan dan Mitigasi Bencana Karhutla Pertamina Dorong Masyarakat Raup Rupiah

    Aktivitas manusia dan korporasi yang kurang memperhatikan lingkungan kerap kali menjadi sebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang meluas hingga turut menghanguskan kawasan pe
  • 3 tahun lalu

    Riau Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2020

    Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau tahun 2020 di Gedung Daerah Riau, Jl Diponegoro Pekanbaru.
  • 5 tahun lalu

    Puluhan Heaktare Lahan Warga Riau Terbakar

    Lahan yang terbakar itu terdiri dari lahan kosong dan kebun kelapa sawit. Berdasarkan hasil pengusutan polisi, lahan tersebut milik 4 perseorangan dan korporasi.
  • 6 tahun lalu

    Wako Dumai Rakor Penanggulangan Karlahut 2017 Bersama Presiden Jokowi

    Walikota Dumai H Zulkifli AS mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakornas), bersama Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Senin (22/1).
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.