• Home
  • Nasional
  • Beginilah Kondisi Adelia, Balita yang Sesak Napas akibat Terpapar Kabut Asap
Jumat, 23 Oktober 2015 20:05:00

Beginilah Kondisi Adelia, Balita yang Sesak Napas akibat Terpapar Kabut Asap

Petugas memasangkan alat bantuan pernapasan ke Adelia, FOTO; Metrotv

PALANGKA RAYA- Adelia mengalami sesak napas akibat kabut asap yang menyelimuti Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Keluarga lalu membawa bocah berusia dua tahun itu ke rumah singgah oksigen di Mess Rimbawan, Palangka Raya, untuk mendapatkan pertolongan pertama.


Adelia dipasangkan alat bantuan oksigen, FOTO: Metrotv

Seorang kerabat menggendong Adelia memasuki Mess Rimbawan, Jumat 23 Oktober. Petugas mess lalu mengecek kondisi gadis berambut pendek itu.

"Sakit apa, sesak napas kah," tanya petugas bernama Febriyani.

Lalu petugas berkerudung itu memasangkan alat pernapasan ke hidung Adelia. Alat pernapasan tersambung pada tabung oksigen. Petugas kemudian meminta Adelia berbaring dengan nyaman di sebuah ranjang. Sementara Pujiastuti tetap mendampingi gadis kecilnya itu.

Adelia mendapat pertolongan oksigen, FOTO; Metrotv

Dari pantauan, Adelia tampak berusaha berjuang memanfaatkan udara dari tabung oksigen. Sesekali ia melihat tabung oksigen yang berada di sisi kiri ranjang.

Sebagai seorang bocah, wajah Adelia tampak berkerut menerima pasokan oksigen. Kedua tangan dan kakinya menghentak-hentak di ranjang. Pujiastuti pun terus menenangkan putrinya agar tetap nyaman."Sesak napas. Sudah satu minggu ini. Batuk dan pilek sebulan ini," kata Pujiastuti.

Adelia dibawa ke rumah oksigen di Palangka Raya, FOTO; Metrotv

Pujiastuti mengaku khawatir dengan kondisi kabut asap yang kian pekat menyelimuti Palangka Raya. Ia mengkhawatirkan kondisi kesehatan anak-anak yang terpapar kabut asap, termasuk putrinya.

Adelia merupakan satu dari ribuan balita di Kalimantan Tengah yang harus 'menghirup' udara tak bersih. Mereka mendapat paparan polusi udara akibat dari kebakaran hutan dan lahan gambut di provinsi tersebut.(metrotv)

Share
Berita Terkait
  • tahun lalu

    Program Pembinaan dan Mitigasi Bencana Karhutla Pertamina Dorong Masyarakat Raup Rupiah

    Aktivitas manusia dan korporasi yang kurang memperhatikan lingkungan kerap kali menjadi sebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang meluas hingga turut menghanguskan kawasan pe
  • 3 tahun lalu

    Riau Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2020

    Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau tahun 2020 di Gedung Daerah Riau, Jl Diponegoro Pekanbaru.
  • 6 tahun lalu

    Puluhan Heaktare Lahan Warga Riau Terbakar

    Lahan yang terbakar itu terdiri dari lahan kosong dan kebun kelapa sawit. Berdasarkan hasil pengusutan polisi, lahan tersebut milik 4 perseorangan dan korporasi.
  • 6 tahun lalu

    Wako Dumai Rakor Penanggulangan Karlahut 2017 Bersama Presiden Jokowi

    Walikota Dumai H Zulkifli AS mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakornas), bersama Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Senin (22/1).
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.