• Home
  • Pekanbaru
  • PNS Riau ini Meninggal Dipicu Penyakit Asma yang Kambuh Akibat Asap
Selasa, 06 Oktober 2015 19:17:00

PNS Riau ini Meninggal Dipicu Penyakit Asma yang Kambuh Akibat Asap

PEKANBARU- Kabut asap yang semakin pekat di Riau menelan korban. Seorang warga Pekanbaru yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag Riau) meninggal dunia pada Senin, 5 Oktober 2015.

Korban adalah Muhammad Iqbal Hali (31 tahun). Dia meninggalkan satu istri dan tiga anak. Iqbal diketahui mengidap asma. Penyakitnya kambuh dan tak tertolong setelah kabut asap tak beranjak dari level berbahaya di Riau.

"Anak saya itu pernah mengidap penyakit asma. Melihat kondisi udara yang terus memburuk ini saya sudah ingatkan dia agar berhati-hati. Selalu pakai masker. Karena kabutnya makin tebal, asmanya jadi kumat lagi," ujar Hasan Amal, orangtua korban, di Pekanbaru, Selasa, 6 Oktober 2015 dikutip dari Viva.

Ia menceritakan, Iqbal berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor pada Senin pagi. Dia pergi tanpa mengenakan masker meski telah diingatkan.

Lalu, Senin siang, Hasan mendapat kabar anaknya sakit. Dia dibawa pulang ke rumah. "Waktu di rumah dia megap-megap (napasnya tersengal-sengal). Mukanya pucat. Saya peluk dia, dia pun memeluk saya. Lalu dia baring. Sejak itu dia tak bersuara lagi," katanya.

Hasan lalu membawa anaknya ke rumah sakit. Namun setiba di rumah sakit dokter mengatakan anaknya sudah meninggal dunia. "Menurut penjelasan dokter dia meninggal karena kabut asap, karena ada asma. Asap membuat kondisi penderita asma tambah berbahaya," ujar Hasan.

Sebelumnya, kabut asap juga telah memakan korban jiwa di Jambi. Seorang bayi berusia 15 bulan meninggal dunia Jumat, 2 Oktober 2015. Anak pasangan Ahmad dan Nur Komariah asal Kelurahan Pasir Putih Kota Jambi itu dilaporkan terkena ISPA oleh RS Theresia Jambi.(halloriau)

Share
Berita Terkait
  • tahun lalu

    Program Pembinaan dan Mitigasi Bencana Karhutla Pertamina Dorong Masyarakat Raup Rupiah

    Aktivitas manusia dan korporasi yang kurang memperhatikan lingkungan kerap kali menjadi sebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang meluas hingga turut menghanguskan kawasan pe
  • 3 tahun lalu

    Riau Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2020

    Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau tahun 2020 di Gedung Daerah Riau, Jl Diponegoro Pekanbaru.
  • 5 tahun lalu

    Puluhan Heaktare Lahan Warga Riau Terbakar

    Lahan yang terbakar itu terdiri dari lahan kosong dan kebun kelapa sawit. Berdasarkan hasil pengusutan polisi, lahan tersebut milik 4 perseorangan dan korporasi.
  • 6 tahun lalu

    Wako Dumai Rakor Penanggulangan Karlahut 2017 Bersama Presiden Jokowi

    Walikota Dumai H Zulkifli AS mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakornas), bersama Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Senin (22/1).
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.