• Home
  • Bengkalis
  • Dibuka Sekda, 506 Pasutri Ikuti Sidang Itsbat Nikah
Kamis, 22 Oktober 2015 00:41:00

Dibuka Sekda, 506 Pasutri Ikuti Sidang Itsbat Nikah

BENGKALIS- Sebanyak 506 pasangan suami istri (Pasutri) mengikuti sidang itsbat nikah secara terpadu yang dilaksanakan di Gedung Bathin Bertuah Kecamatan Mandau, Rabu (21/10). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah, H Burhanuddin.

Dalam sambuannya, Burhanuddin atas nama Pemerintah Daerah sangat menyambut baik pelaksaaan kegiatan tersebut. Sekda beralasan, pelatihan program itsbat nikah terpadu menjadi salah satu landasan untuk membangun keluarga sakinah mawaddah warohmah.

"Itsbat nikah sangat penting dalam mewujudkan kepastian hukum guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status pribadi dan status keluarga, untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan," ujarnya.

Dikatakan, tujuan dari program kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun perlu diketahui bersama, pelaksanaan sidang itsbat terpadu ini tidak termasuk pasangan yang diindikasi nikah siri poligami. Untuk itu, dirinya berharap kepada camat, kepala KUA, kepala desa/lurah segera mendata ulang masyarakat yang tidak mempunyai buku nikah, agar dapat dilaksanakan itsbat nikah.

Pelaksanaan sidang itsbat nikah terpadu terhadap 506 pasutri itu menurut Burhanuddin merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan pengadilan agama dan Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis. Khusus untuk Kecamatan Mandau mencapai 158 pasangan atau sekitar 31,23 persen dari total pasangan se-Kabupaten Bengkalis.

Burhanuddin meminta kepada pasangan yang telah mengikuti sidang itsbat nikah dapat menjadi pioner dalam mensosialisasikan pelaksanaan sidang itsbat kepada pasangan suami isteri yang saat ini belum memiliki buku nikah.

Pembukaan sidang itsbat di tandai dengan penyerahan akta kelahiran yang di damping Ketua Pengadilan Agama Provensi Riau yang diwakili, Ketua Pengadilan Agama Kab, Bengkalis, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab, Bengkalis dan Kadis dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis.(ias)

Share
Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Wamen LHK Apresiasi Program Mitigasi Karhutla Kampung Gambut Berdikari, Binaan Kilang Sei Pakning

    Kegiatan yang dipusatkan di Arboretum Gambut Marsawa yakni hutan masyarakat di kawasan gambut yang masih bertahan dan merupakan bagian dari Program Kampung Gambut Berdikari.
  • 9 bulan lalu

    Rem Blong, Truk Tak Kuat Menanjak Hantam Mobil di Dalam RoRo Bengkalis

    Peristiwa terjadi akibat salah satu truk pengangkut pasir gagal menanjak untuk keluar pintu RoRo dan menghantam kendaraan dibelakangnya.
  • 10 bulan lalu

    Tak Terima Diputus Pacar, Mantan Napi Kembali Berurusan Dengan Polisi

    Lobo ditangkap karena membakar satu unit mobil Toyota Agya milik korban inisial M di rumah kontrakan korban Jalan HR Soebrantas Gang Sekapur Sirih Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis
  • 10 bulan lalu

    Harimau Garukkan Badan di Dinding Rumah Warga Bengkalis

    Teranyar, dua petani dikejutkan dengan kemunculan di lahan perkebunannya saat mereka akan memanen buah sawit pada Sabtu (16/4) sore. Keduanya pun langsung pulang dan mengurungkan n
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.