• Home
  • Bengkalis
  • Pj Bupati Bengkalis; PPK Punya Tugas Pokok yang Menentukan
Selasa, 15 September 2015 07:16:00

Pj Bupati Bengkalis; PPK Punya Tugas Pokok yang Menentukan

BENGKALIS- Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengatakan, keberadaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sangat penting karena mempunyai tugas pokok dan fungsi yang sangat strategis dan menentukan.

Sebab, kata Ahmad Syah, PPK merupakan perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis yang akan melaksanakan kebijakan-kebijakan organisasi di tingkat kecamatan. Melaksanakan koordinasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat desa/kelurahan.

Karena itu, seluruh anggota PKK Kecamatan Pinggir, khususnya yang baru saja dilantik sebagai Penggantian Antar Waktu (PAW), harap Ahmad Syah, agar segera dan selalu melakukan koordinasi. Baik itu secara vertikal maupun horizontal dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

"Sehingga tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2015, khususnya di Pinggir, terlaksana dengan sebaik-baiknya," pesan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau ini, ketika menghadiri pelantikan 5 orang anggota PPK PAW Kecamatan Pinggir, Senin (14/9) pagi.

Kelima PPK PAW yang lantik Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar di Gedung Aula Kantor Camat Pinggir Jalan Bathin Muajolelo Desa Pinggir itu, adalah Abdul Rahman, Muhammad Anas Susilo, Yazib, Muhammad Rahim dan Suparman. Mereka menggantikan Rahmad Wahyudi Hidayat, Wilson Situmorang, KH Atosmen, Zulkifli dan Abdullah.

Masih kata Ahmad Syah, sebagai penyelenggara, dalam menjalankan amanah yang dipercayakan, seluruh anggota PPK harus jujur dan adil (Jurdil). Jangan sampai timbul konflik atau sengketa Pilkada dikarenakan ada yang tidak netral. Setiap anggota PPK mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam menjaga stabilitas sosial politik pada Pilkada serentak tahun 2015, khususnya di Kecamatan Pinggir.

"Seluruh anggota PPK Pinggir harus bersikap profesional. Tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon. Untuk itu, pahami secara baik dan benar setiap tugas, wewenang dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan," pesannya.

Selain Defitri Akbar, Komisioner KPU Bengkalis yang hadir antara lain Khairul Saleh alias Atah. Kemudian Camat Pinggir Nazli beserta staf. Sementara dari pejabat kabupaten yang ikut hadir Kepala Satuan Polisi Pamong Praja H Nazamuddin, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi HA Ridwan Yazid, serta Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa H Ismail.

Defitri Akbar menjelaskan, pelantikan ke-5 PPK Pinggir PAW itu karena PKK yang lama mengundurkan diri "Rekrutmen PPK Pinggir yang baru ini sama seperti rekrutmen awal. Semuanya sama, tak ada beda, juga melalui seleksi. Meskipun sebenarnya KPU Kabupaten Bengkalis dapat menunjuk langsung," jelas Defitri.

Di bagian lain Defitri mengatakan, dalam berbagai peraturan perundang-undangan, p Penyelenggara Pilkada serentak tahun 2015 dan Aparatur Sipil Negara, merupakan dua elemen yang paling banyak disorot.

"Dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2015, baik ASN maupun penyelenggara di semua tingkatan, keduanya memang harus bersikap netral. Bagi yang melanggar sanksinya tegas," ujar Defitri. (ian)

Share
Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Wamen LHK Apresiasi Program Mitigasi Karhutla Kampung Gambut Berdikari, Binaan Kilang Sei Pakning

    Kegiatan yang dipusatkan di Arboretum Gambut Marsawa yakni hutan masyarakat di kawasan gambut yang masih bertahan dan merupakan bagian dari Program Kampung Gambut Berdikari.
  • 9 bulan lalu

    Rem Blong, Truk Tak Kuat Menanjak Hantam Mobil di Dalam RoRo Bengkalis

    Peristiwa terjadi akibat salah satu truk pengangkut pasir gagal menanjak untuk keluar pintu RoRo dan menghantam kendaraan dibelakangnya.
  • 9 bulan lalu

    Tak Terima Diputus Pacar, Mantan Napi Kembali Berurusan Dengan Polisi

    Lobo ditangkap karena membakar satu unit mobil Toyota Agya milik korban inisial M di rumah kontrakan korban Jalan HR Soebrantas Gang Sekapur Sirih Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis
  • 10 bulan lalu

    Harimau Garukkan Badan di Dinding Rumah Warga Bengkalis

    Teranyar, dua petani dikejutkan dengan kemunculan di lahan perkebunannya saat mereka akan memanen buah sawit pada Sabtu (16/4) sore. Keduanya pun langsung pulang dan mengurungkan n
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.