Jumat, 01 Mei 2020 11:36:00

Corona Menyebar, Ekonomi Tersandar

NET.
PSBB Kota Pekanbaru.

globalriau.com - Barangkali kita sudah setiap hari mendengar dan melihat informasi mengenai corona atau covid 19.Namun akhir akhir ini banyak diantara kita yang sangat merasakan dampak dari ganasnya virus yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Hubei, China ini. Bukan hanya sector kesehatan semata,namun penyebaran virus corona ini memberikan dampak yang luar biasa pada aspek ekonomi makro nasional.

Perusahaan-perusahaaan besar contohnya Perhotelan, konveksi, reston sampai pedagang kaecilpun ikut merasakan dampaknya.

Semakin hari kerugian perusahaan semakin parah,apalagi sejak pemerintah mengumumkan himbuan mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Seluruh aktifitas masyarakat mulai dari bekerja, belajar dan beribadah harus dirumah.

Namun imbas dari minimnya aktifitas masyarakat diluar rumah, sector perhotelan, konvensi, restoran dan pedagang kecilpun mendadak sepi. Seperti di provinsi Riau, sebanyak 6 hotel di Pekanbaru terpaksa tutup untuk sementara waktu,”Enam hotel yang tutup sementara waktu adalah Royal Asnof,Prime Park, Amaris,Madina, Oase, dan Winstar Hotel. Satu perusahaan Konveksi yaitu SKA Conventions & Exhibition.Dan satu restoran yaitu Sultan Resto”.Ungkap Nofrizal selaku ketua PHRI.

Dengan banyaknya hotel hotel yang ditutup untuk sementara waktu,pemilik perusahaan perhotelan pun semakin tercekik. Tidak ada income selama lebih kurang 1.5 bulan ini karena dampak virus corona.Mau tidak mau,pemilik perusahaan harus memPHK ratusan Karyawannya.

Selain di kota Pekanbaru,dikota kota lain juga melakukan PHK karyawan bahkan ada yang gulung tikar. Perusahaan Star Jet,Travel Agent khusus Turis China di kawasan Plaza Lagoi Bintan, Kepulauan Riau pada akhir februari 2020 telah melakukan PHK terhadap 150 karyawannya, dan masih banyak lagi peusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawanya.
Selain perusahaan, pedagang kecilpun terkena imbasnya.

Para pedangang merugi karena pembeli sangat jarang bahkan sampai tak ada.Apa lagi semenjak gerakan #DirumahAja dan PSBB di umumkan pemerintah,demi memutus mata rantai virus ini.Sampai sebagian dari mereka terpaksa tidak berjualan dan mencari pekerjaan lain untuk mencukupi kehidupanya.

Dengan adanya PHK karyawan besar besaran membuat angka pengangguran di Indonesia terus meningkat, membuat beban pemerintah semakin bertambah. Pemerintah dituntut untuk mampu memberikan solusi terhadap karyawan-karyawan yang mendadak tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan.

Kementrian Ketenagakerjaan(Kemanker) telah menyiapkan langkah langkah antisipasi guna membantu karyawan atau para pekerja disektor informal yang terdampak virus corona.Para pekerja atau karyawan yang terkena PHK akan mendapat kartu pra kerja.

”Untuk mendapatkan kartu pra kerja,mereka yang di PHK bisa mendaftar secara daring(online). Setelah terdaftar, mereka diseleksi Kemanker,” jelas johny.

Diharapkan dengan adanya solusi dari pemerintah berupa kartu pra kerja untuk karyawan yang terkena PHK dari imbas perusahaan yang mulai terhempas akibat pandemic corona,dapat disalurkan oleh pemerintah secara tepat sasaran dan merata.

Serta pemerintah juga dapat memberikan solusi untuk perusahaan yang sedang tercekik secara income dengan cara memberikan kelonggaran untuk penundaan pembayaran pajak perusahaan.Dan semoga pandemic corona ini cepat beralu agar bisa masyarakat beraktifitas kembali dan ekonomi kembali normal.***

Penulis: Melisa Ramadani,
Mahasiswa Aktif Semester 4 Parodi S1 Manajemen,
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau

Share
Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Tantangan Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi COVID-19

    Untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut pemerintah perlu melakukan beberapa tindakan yang efektif guna mengantisipasi hambatan yang akan terjadi dengan membuat kebijakan yang
  • 5 bulan lalu

    STRATEGI KOTA PEKANBARU MENUJU METROPOLITAN

    Strategi pembangunan menuju kota Pekanbaru metropolitan sudah menjadi usulan sejak tahun 2013, yang pada saat itu status kota naik menjadi kategori besar. Seiring berjalannya waktu
  • 10 bulan lalu

    Sinergi Bersama Polres, Mitra Hingga Keluarga Pertamina Dumai Laksanakan Vaksinasi Dosis Ketiga

    Kegiatan vaksinasi booster dosis ketiga ini rencananya akan digelar selama 6 hari, mulai dari 11 hingga 16 Februari 2022. PT KPI RU II menargetkan sebanyak 1.000 hingga 1.500 peser
  • 10 bulan lalu

    Pemprov Riau Diminta Genjot Vaksinasi Pada Lansia dan Anak

    Ia mengharapkan Pemprov melakukan tiga upaya guna memaksimalkan penanganan pandemi Covid-19. Pertama kata Tito yakni mempercepat vaksinasi booster menyusul adanya kenaikan kasus Om
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.