Sabtu, 18 Juni 2022 21:54:00

STRATEGI KOTA PEKANBARU MENUJU METROPOLITAN

Sumber: RIAU1.COM
Penyerahan TPID Award 2021.
Oleh : Meliza Mutiara Putri
Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
PENDAHULUAN
 
       Menuju perkembangan yang signifikan selalu menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan berkelanjutan. Apabila dikaitkan dengan perkembangan sebuah kota, maka setiap kota pasti selalu memiliki dinamika pertumbuhan masing-masing dalam melakukan pembangunan terencana. Dinamika yang terlihat juga harus meyakinkan bahwa sebuah kota memiliki potensi untuk melakukan perubahan. Dinamika pembangunan di Kota Pekanbaru dapat dilihat dari berbagai indikator seperti indikator ekonomi, jumlah penduduk, dan sosial budaya. Pekanbaru terus berdiri kokoh dengan berbagai kemajuan pembangunanya sebagai kota masa depan dengan heterogenitas dan keberagaman budaya masyarakat. Saat ini, Kota Pekanbaru telah menjadi salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Sumatera. Sentra ekonomi ini tentunya bertujuan membuat perekonomian semakin bergerak maju dan terus mengalami perkembangan yang terarah. Pembangunan Pekanbaru terus menggeliat dan muncul ke permukaan seiring dengan berbagai program perencanaan strategis, kritis, kreatif dan inovatif yang dicanangkan oleh pemerintah.
 
       Pelaksanaan pembangunan di Kota Pekanbaru cukup diuntungkan, alasannya karena Kota Pekanbaru merupakan 1 dari 3 kota di Indonesia yang mempunyai prediksi akan terus tumbuh dan berkembang. Berbagai program dan kegiatan secara berproses dan bertahap dapat menjawab tantangan dan persoalan-persoalan pembangunan yang semakin kompleks. Posisi strategis Pekanbaru dapat dikatakan merupakan salah satu wilayah yang diharapkan bisa menjadi perdagangan Indonesia bagian barat sekaligus menjadi koridor pusat ekonomi. Berbagai garansi dalam proses mencapai dan melunakkan tantangan serta persoalan terus menjadi perbincangan hingga saat ini. Hal ini terkait dengan pertumbuhan, perkembangan ataupun perubahan.
 
PEMBAHASAN
 
       STRATEGI sebagai aksi potensial yang membutuhkan perencanaan jangka panjang yang matang tentunya dapat menghantarkan pada suatu pencapaian akan tujuan dan sasaran. Strategi pembangunan perkotaan harus disesuaikan dengan besarnya kota yang bersangkutan. Kota Pekanbaru memiliki keterbatasan wilayah yang mendorong terbentuknya visi dalam penggunaan ruang wilayah secara efektif dan efisien untuk membangun strategi pembangunan guna menuju kota metropolitan. Dalam kurun waktu satu dekade ini, pembangunan Kota Pekanbaru terus menggeliat cukup pesat yang dibuktikan dengan strategi-strategi pembangunan untuk mewujudkan masyarakat madani. Bukti berkembang pesatnya pembangunan di Kota Pekanbaru yaitu dengan menjamurnya gedung-gedung pencakar langit yang elok dan rupawan di jantung ibu kota provinsi Riau. Berdasarkan hasil McKinsey pada tahun 2012, Boston Consulting Group, dan Universitas Indonesia (tesis pasca sarjana), Pekanbaru memiliki peluang menjadi salah satu kota tujuan investasi terbaik di Indonesia pada 2030 yang sekaligus menjadi kota pelayanan publik terbaik. Pekanbaru yang merupakan kota besar dengan pelayanan publik terbaik di Indonesia dengan kualifikasi platinum. 
 
       Walikota Pekabaru Firdaus MT menerima piala Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Awards 2021 dari dua petinggi Bank Indonesia (BI). Berdasarkan gambar di atas membuktikan bahwa Pekanbaru telah menjadi kota terbaik karena telah berhasil dalam program pertanian terpadu yang menuju transformasi ekonomi dengan pengendalian inflasi daerah. Prestasi luar biasa ini tentunya didukung oleh pelaksanaan beberapa hal menyangkut pengembangan pembangunan yang telah melalui perencanaan yang matang. Pekanbaru juga didukung dengan adanya infrastruktur tol, jalur kereta, PLTU, PLTGS, pelabuhan dan bandara. 
 
       Strategi pembangunan menuju kota Pekanbaru metropolitan sudah menjadi usulan sejak tahun 2013, yang pada saat itu status kota naik menjadi kategori besar. Seiring berjalannya waktu didukung dengan ungkapan dari Walikota Pekanbaru Firdaus MT “Tahun 2013 ini kita sudah mengusulkan perubahan kota Pekanbaru menuju kota Metropolitan ke Pemerintah pusat melalui Gubernur,” ujarnya. Tahun ke tahun terus berlalu, hingga Firdaus menyebutkan terdapat lima strategi pembangunan yang dilakukan untuk mewujudkan visi Pekanbaru menuju kota metropolitan. Strategi-strategi tersebut diantaranya:
  1. Penggunaan ruang wilayah yang efektif dan efisien, karena pada dasarnya Pekanbaru memiliki keterbatasan wilayah;
  2. Pembangunan dan penyediaan infrastruktur dasar yang meliputi jaringan jalan, air listrik, dan telekomunikasi;
  3. Melalui smart city dan livable city yang mengandung arti membangun kota pintar, yang layak hidup, dan kota ramah pada lingkungan;
  4. Menggalang kerja sama Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekan Sekawan) karena kota Pekanbaru yang menjadi induk yang berada di tengah tiga kabupaten yang berbatasan langsung;
  5. Terakhir adalah pemberdayaan kepada masyarakat dengan membangun masyarakat pekanbaru menjadi mandiri, tangguh, dan memiliki daya saing yang tinggi.
       Pekanbaru melalui sejumlah indikator menunjukkan keberhasilan besar terkait pelaksanaan pembangunan yang salah satunya adalah pembangunan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Kemajuan yang tidak kalah pesatnya juga terjadi pada bidang infrastruktur yang dimaksudkan untuk menjawab tantangan globalisasi dan pengaruh kekinian serta masa depan Pekanbaru yang menyandang gelar sebagai ibukota Provinsi Riau.
 
KESIMPULAN
 
       Strategi Kota Pekanbaru menuju keberhasilan pembangunan untuk menjadi kota metropolitan dapat ditentukan melalui strategi-strategi yang sekiranya dapat membantu merubah dan menghasilkan sesuatu yang berimbas pada kemauan yang lebih besar. Pada sisi lain, ikhtiar pemerintah untuk menjadikan Kota Pekanbaru lebih kompetitif dapat diwujudkan melalui peluang baru yang disediakan untuk menghadapi dampak luas yang diberikan akibat dari strategi pembangunan seperti pada ekonomi, investasi, dan sosial budaya. Apabila ingin mewujudkan kata “Pekanbaru Menuju Kota Metropolitan”, maka perlu adanya upaya yang dilakukan. Pemberdayaan masyarakat untuk mencapai masyarakat madani juga harus dimulai dengan perubahan cara berfikir dan berperilaku melalui revolusi mental, yakni membangun masyarakat berakhlak mulia, berkarakter, dan berkualitas. Karena pada dasarnya, masyarakat berkualitas adalah masyarakat yang dapat melahirkan indikator sehat jasmani dan rohani, cerdas berpendidikan, mempunyai keterampilan, dan dapat berdaya saing.
 
       Upaya menjawab tantangan kekinian dan masa depan dilakukan melalui pembangunan infrastruktur, pembangunan sejumlah jalan dan jembatan, penyediaan infrastrukur kelistrikan, infrastruktur air bersih sampai ke penyediaan layanan angkutan massal bus transmetro. Langkah yang diambil ini berpedoman kepada bagaimana perspektif ke arah masa depan. Tak lupa, pembangunan di bidang kesehatan juga menjadi fokus utama yang tak terlupakan. Menjadikan Pekanbaru menjadi kota metropolitan madani adalah suatu tekad bagi pengembangan kota berperadaban yang dengan siap dan sigap menyongsong tantangan masa depan. Jadi pada intinya, rencana strategis dalam pembangunan berfungsi sebagai pedoman, penentu arah, sasaran dan tujuan, untuk melaksanakan visi dan misi yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan rencana strategis ini sangat diperlukan partisipasi, semangat, dan komitmen untuk menjadi satu demi kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian rencana strategis bukan hanya menjadi arsip dokumen administrasi saja, tetapi menjadi bukti bahwa pencerminan tuntutan pembangunan memang dibutuhkan dan patut untuk direalisasikan.
 
DAFTAR PUSTAKA;

Mashur, D. (-). Strategi Pembangunan Kota Pekanbaru Menuju Kota Metropolitan Madani. Jurnal Administrasi Pembangunan. Vol. 4, No. 2. Hlmn 109.

R1/Surya. (2021). Pekanbaru, Kota Metropolitan Dilengkapi Fasilitas Terbaik di Indonesia. Diakses pada tanggal 16 Juni 2022, pukul 20.42. https://www.riau1.com/berita/advertorial/1635736385-pekanbaru-kota-metropolitan-dilengkapi-fasilitas-terbaik-di-indonesia

Transriau.com. (2016). Strategi Pembangunan Menuju Kota Pekanbaru Metropolitan Madani. Diakses pada tanggal 16 Juni 2022, pukul 20.45. http://www.transriau.com/m/read-5684-2016-06-19-strategi-pembangunan-menuju-kota-pekanbaru-metropolitan-madani.html#sthash.wou6SK1G.YlzHSlZ7.dpbs

Rozi, F. (2016). Mewujudkan Pekanbaru Kota Metropolitan Madani. Diakses pada tanggal 16 Juni 2022, pukul 21.01. https://www.goriau.com/berita/baca/mewujudkan-pekanbaru-kota-metropolitan-madani.html

 

Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Wisuda Tahfidz Ribuan Siswa, Walikota Dumai Ajak Umat Islam Membumikan Al Qur'an

    Walikota meminta kepada seluruh orang tua agar mensupport anaknya untuk belajar Al Qur'an. Baik di rumah tahfidz, pesantren maupun TPQ.
  • 3 hari lalu

    SIBUR membahas penjualan unit karbon sebagai bagian dari strategi dekarbonisasi

    Partner internasional perusahaan, termasuk dari pasar Asia yang berkembang pesat, telah mengekspresikan minat mereka untuk membeli kredit karbon sebagai kompensasi atas jejak karbo
  • 3 hari lalu

    Herbalife Nutrition Appoints Professor Masashi Miyashita as its Newest Nutrition Advisory Board Member in Japan

    Herbalife Nutrition (NYSE: HLF) is a global nutrition company that has been changing people's lives with great nutrition products and a business opportunity for its independen
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.