• Home
  • Komunitas
  • Kebijakan-kebijakan Pemerintah Berpengaruh Terhadap Perubahan Sosial
Kamis, 30 April 2020 19:30:00

Kebijakan-kebijakan Pemerintah Berpengaruh Terhadap Perubahan Sosial

Penulis : Diki Wahyudi
Mahasiswa Aktif Semester 4 Prodi S1 Manajemen,
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau


Perubahan itu selalu mengarah kepada kemajuan atau perkembangan akan tetapi juga bersifat kemunduran. Perubahan sosial mempunyai tujuan diantarannya perubahan tidak direncanakan dan direncanakan.Contoh perubahan tidak direncanakan  seperti pada kondisi pada saat ini yang memperhatinkan bagi seluruh dunia yaitu dengan merambahnya virus covid 19 diseluruh dunia.

Maka dari itu pemerintah indonesia harus bergerak cepat menyelesaikan masalah ini dan membuat kebijakan-kebijakan baru yang dapat memberikan pengaruh cukup besar terhadap laju perubahan social. Kebijakan seperti social distancing, lockdown, dan PSBB.Tiga kebijakan tersebut rasanya tepat untuk dilakukan karena melihat dari perkembangan negara-negara  yang terlebih dahulu terdampak melakukannya.

Pertama kebijakan lockdown, ini tidak diwajibkan tetapi dianjurkan oleh pemerintah hanya saja bagi suatu daerah yang mampu melakukannya.Namun sejauh ini terdapat beberapa provinsi telah melakukannya namun gagal dan tidak bertahan lama banyaknya masyarakat kecil yang mengeluh sulitnya memenuhi kebutuhan hidup akibat penutupan segala akses tersebut. kebijakan ini jika dilakukan terus-menerus akan mengakibatkan konflik pada masyarakat,tingginya angka kematian, kriminalitas,dan perlahan-lahan Indonesia ini akan hancur.

Kedua Social distancing,pemerintah indonesia melakukan kebijakan social distancing ini agar mengindari kontak fisik secara langsung dan segala aktifitas hanya dilakukan dirumah aja. Social distancing ini bertujuan tidak hanya mencegah virus covid-19  tetepi untuk mendekatkan lagi kepada keluarga, mempererat silahturahmi dan melakukan kesehatan secara mandiri.

Hanya saja belum sepenuhnya terbiasa dalam keseharian hidup pada pengalihan ruang fisik ke ruang virtual. Hal ini, ternyata juga berdampak serius pada kesehatan mental yang menimbulkan gangguan pada kekebalan tubuh akibat interaksi antara satu individu dengan individu yang lainnya hampir saja tidak ada. Perubahan sosial ini menunjukkan kondisi sosial semakin menurun.

Pemerintah indonesia pun mengimbau masyarakat untuk  memerangi virus ini secara bersama dan  menganjurkan kepada masyarakat untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan sarung tangan saat berpergian,sering melakukan ibadah dirumah, berolahraga,untuk tidak mudik, dan mengurangi aktifitas diluar rumah.

Komunikasi digital sangat berpengaruh besar kita tetap bisa melakukan sosialisasi melalui berbagai media di era globalisasi ini. yang menuntut kepada kecanggihan komunikasi digital dan teknologi untuk tetap berinteraksi sosial. Media-media yang tersedia dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran,interaksi,dan pembelajaran yang tentunya dapat memberikan edukasi,informasi dan persuasi.

Tetapi hal tersebut tidak diiringi dengan kecanggihan komunikasi dan teknologi banyak mahasiswa yang mengeluh sulitnya signal dipedesaan dan sulitnya membeli kuota internet. Dalam bidang pendidikan ,seluruh pembelajaran dilakukan secara online.Tentunya, pembelajaran yang dilakukan tidak berjalan dengan efisien.

Ketiga PSBB,presiden joko widodo telah menekan peraturan pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penanganan virus covid 19. Kebijakan ini merupakan salah satu strategi pemerintah dalam pecegahan sekaligus memperlambat penyebaran diseluruh wilayah Indonesia.

Jadi masyarakat indonesia tidak usah cemas dan takut yang berlebihan hanya saja yang perlu dilakukan mengikuti semua arahan dan peraturan pemerintah Dalam surat al-baqarah ayat 286: menjelaskan bahwa Allah SWT tidak akan membebani seseorang diluar kemampuannya, jadi lebih mendekatkan diri dengan sang penciptalah obat dari suatu cobaan atau permasalahan.***

Share
Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Tantangan Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi COVID-19

    Untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut pemerintah perlu melakukan beberapa tindakan yang efektif guna mengantisipasi hambatan yang akan terjadi dengan membuat kebijakan yang
  • 5 bulan lalu

    STRATEGI KOTA PEKANBARU MENUJU METROPOLITAN

    Strategi pembangunan menuju kota Pekanbaru metropolitan sudah menjadi usulan sejak tahun 2013, yang pada saat itu status kota naik menjadi kategori besar. Seiring berjalannya waktu
  • 10 bulan lalu

    Sinergi Bersama Polres, Mitra Hingga Keluarga Pertamina Dumai Laksanakan Vaksinasi Dosis Ketiga

    Kegiatan vaksinasi booster dosis ketiga ini rencananya akan digelar selama 6 hari, mulai dari 11 hingga 16 Februari 2022. PT KPI RU II menargetkan sebanyak 1.000 hingga 1.500 peser
  • 10 bulan lalu

    Pemprov Riau Diminta Genjot Vaksinasi Pada Lansia dan Anak

    Ia mengharapkan Pemprov melakukan tiga upaya guna memaksimalkan penanganan pandemi Covid-19. Pertama kata Tito yakni mempercepat vaksinasi booster menyusul adanya kenaikan kasus Om
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.