• Home
  • Pekanbaru
  • Asap Makin Pekat, Jokowi Batal Berkunjung ke Riau dan Jambi
Sabtu, 26 September 2015 10:16:00

Asap Makin Pekat, Jokowi Batal Berkunjung ke Riau dan Jambi

PEKANBARU- Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung menyatakan rencana kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke lokasi kebakaran lahan di Provinsi Jambi dan Riau terpaksa dibatalkan karena pekatnya asap yang membuat pesawat kepresidenan tidak bisa mendarat di Bandara Sultan Thaha, Jambi.

"Pesawat Presiden tidak bisa mendarat di Jambi tadi dan terpaksa kembali ke Jakarta," kata Lodewyk Pusung di Pekanbaru, Jumat 25 September 2015.

Menurut dia, rombongan Presiden awalnya akan meninjau sejumlah lokasi kebakaran di 2 provinsi tersebut. Setelah melakukan kunjungan di Jambi, rombongan bergerak melalui jalur darat ke Kecamatan Selensen Kabupaten Indragir Hilir, Riau.

Ia menyatakan kemungkinan besar Presiden Jokowi akan tetap ke Riau. "Pak Presiden akan ke Riau, namun kita belum mendapatkan jadwal pastinya. Saya sedang menunggu kabarnya dan tim kepresidenan," kata dia.

Kabut Asap Selimuti Sumatera

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan pada Jumat pagi asap pekat menyelimuti sebagian besar wilayah Sumatera karena terdapat 1.465 titik panas yang terindikasi sebagai kebakaran lahan dan hutan.

"Dari pantauan satelit Terra dan Aqua pada pagi ini terjadi peningkatan 440 hot spot dibanding kemarin. Hari ini 1.465 hot spot terpantau dan terkosentrasi di Sumatera Selatan 1.296 titik," papar Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Kemudian di Provinsi Bangka Belitung terpantau 63 titik panas, lalu di Provinsi Jambi sebanyak 48 titik panas, Provinsi Bengkulu 41 titik panas, Provinsi Lampung 41 titik panas dan Provinsi Bengkulu 1 titik panas.

Sedangkan Provinsi Riau yang dalam 2 hari terakhir bebas dari titik panas, Jumat kembali terpantau sebanyak 16 titik panas. Terpantau dengan wilayah penyebaran di Kabupaten Pelalawan 8 titik, Kabupaten Indragiri Hulu 5 titik, Kabupaten Indragiri Hilir 2 titik dan Kabupaten Siak 1 titik.(ant)

Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Wakajati Riau Pimpin Apel Kerja Awal Tahun 2023

    Wakajati juga berharap agar jajaran melandasi setiap tugas dan tanggung jawab dengan Kerja Ikhlas, Cerdas dan Tuntas sehingga Output dan Outcome berbagai Program Kejaksaan dapat te
  • 3 bulan lalu

    Angkat Tema Jaga Desa dari Korupsi, Asisten Intelijen Kejati Riau jadi Narasumber Program Tanya Jaksa di RTV

    Dalam pemaparannya, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau, Raharjo Budi Kisnanto, SH, MH menjelaskan tindak pidana korupsi telah menjadi suatu kejahatan yang luar biasa. Dengan d
  • 6 bulan lalu

    Dinilai Memiliki Konsep dan Berwibawa, Aktivis Pendidikan Riau Dukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024

    Anies juga tercatat sebagai dosen dan pernah menjabat rektor Universitas Paramadina. Background pendidik tersebut diyakini Anies lah orang yang mampu memajukan pendidikan di negeri
  • 7 bulan lalu

    Keberangkatan JCH Kloter I Riau Dilepas Gubernur

    Dalam sambutannya Gubernur Riau berpesan agar jemaah haji melaksanakan Ibadah haji dengan Ikhlas, Pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna.
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.