• Home
  • Politik
  • Inilah Alasan Kapolri Badrodin Haiti Copot Komjen Buwas
Jumat, 04 September 2015 14:20:00

Inilah Alasan Kapolri Badrodin Haiti Copot Komjen Buwas

TEMPO/Dian Triyuli Handoko
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (kedua kiri) bersalaman dengan Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso, dalam Upacara korps kenaikan pangkat di Mabes Polri, Jakarta, 3 September 2015.

Jakarta - Kepala Kepolisian Jenderal Badrodin Haiti membenarkan bahwa Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Anang Iskandar akan diangkat menjadi Kepala Badan Reserse dan Kriminal menggantikan Komisaris Jenderal Budi Waseso. Sebaliknya, Waseso akan menjadi kepala BNN.

"Kami sudah terima Keputusan Presiden tentang pemberhentian Komjen Anang sebagai Kepala BNN dan pengangkatannya sebagai Kabareskrim," kata Badrodin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 4 September 2015. Menurut dia, pertimbangan utama pergeseran jabatan itu demi kepentingan organisasi.

Pergantian perwira, kata dia, hal yang wajar. Pertimbangan yang mendasari perwira berganti jabatan, yakni regenerasi karena memasuki masa pensiun, pembinaan karir, kepentingan organisasi, hingga persiapan karir bagi perwira itu. "Yang seperti itu ada karena dipersiapkan untuk calon pimpinan."

Selain Waseso, Badrodin mengatakan ada setidaknya 71 perwira tinggi yang juga dirotasi. Pergantiannya melalui mekanisme persetujuan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi. "Ada yang 3-5 bulan, ada yang setahun dan lebih. Di Polri, pergantian seperti itu biasa, sesuai dgn kebutuhan organisasi," ujarnya.

Sebelumnya beredar Surat Telegram Rahasia tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri. Berdasarkan surat itu, salah satu pejabat yang diganti Komisaris Jenderal Budi Waseso ditugaskan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional menggantikan Anang Iskandar.

Saat dikonfirmasi, Komisaris Jenderal Budi Waseso menyatakan dia tidak mempermasalahkan pencopotan dirinya dari Kepala Bareskrim Mabes Polri. "Tugas saya di mana saja, Insya Allah saya kerjakan sebaik mungkin," kata Budi Waseso, Jumat (4/9) pagi. (tempo)

Share
Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Kapolres Dumai Raih Kupas Media Award Kategori Instansi Peduli Percepatan Vaksinasi

    Sebelumnya, Pemimpin Kupas Media Group Faisal Sikumbang menjelaskan bahwa satu tahun kiprah Kupas Media di Riau telah banyak memberikan berbagai kontribusi baik dari sisi pemberita
  • 12 bulan lalu

    Dua Bulan Berlalu Lina Marlina Masih Menunggu Keadilan dari Polres Dumai

    Namun, sejak laporan dilayangkan pada 9 November 2021 lalu hingga hari ini dia belum mendapatkan bahwa tetangganya tersebut diproses oleh kepolisian. Bahkan dia mendapat cercaan da
  • 12 bulan lalu

    Merasa Laporan Tak Ditanggapi, Warga Dumai Kirim Surat Terbuka ke Kapolda, Kapolri dan Presiden

    Dalam statusnya Marlina Lina menuliskan bahwa dia merupakan korban pengeroyokan oleh pasangan suami dan istri (Pasutri) yakni Carles Simamora dan istrinya Rahmawati Marbun yang mer
  • 3 tahun lalu

    Total Rp29,3 Miliar, THR TNI-Polri dan Pensiunan Cair Sebelum 15 Mei

    Dikutip dari Tempo.co, kabar gembira bagi PNS, TNI-Polri dan pensiunan itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri merincikan, total dana THR untuk ASN pusat, Polri, dan TNI
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.