• Home
  • Siak
  • Wabup Siak Hadiri Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah Tahun 2022
Kamis, 10 November 2022 22:23:00

Wabup Siak Hadiri Rakornas Kebijakan Toponimi dan Batas Daerah Tahun 2022

Wabup Siak Husni Merza hadiri Rakornas Toponimi dan Batas Daerah Tahun 2022, di Aula Hotel Grand Horison Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (10/11/22).
TANGERANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Toponimi dan Batas Daerah Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan wakil bupati Siak Husni Merza hadir bersama Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia, serta kementerian/lembaga terkait, antaranya Kemenko Marves, Kemenkeu, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Desa PDTT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRIN, BPS, KPU, serta Direktorat Topografi TNI AD., acara ini dipusatkan di Aula Hotel Grand Horison Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (10/11/22).
 
Husni Merza mengatakan, Rakornas ini untuk penyempurnaan data terkait tapal batas daerah baru atau kemekaran, serta pengusulan daerah baru yang telah diajukan oleh daerah, namun kabupaten Siak sendiri dalam hal ini belum ada mengajukan pemekaran daerah maupun tapal batas dan pengkodean daerah baru.
 
"Dalam hal ini Pemda Siak hanya menyelaraskan dalam pengusulan tapal batas dan pengkodean daerah baru, karena pemerintah pusat hanya memberi waktu saat ini terakhir dalam pemutahiran data usulan, dan akan segera di tutup dan akan di buka pada tahun 2024 nanti setelah Pemilihan Umum tentunya," Ungkap Husni Merza.
 
Rakornas ini untuk memperkuat arti penting penyelenggaraan dan pemanfaatan data toponimi dan batas daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, penyusunan peta tematik, dan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024.
 
Acara ini dibuka okeh Wakil Menteri Dalam Negeri John  wempi wetipo SH, MH mengatakan dalam sambutannya mengatakan, pada tahu 2024 akan dilaksanakan pilkada, pilpres dan pileg oleh karena itu mari kita Berkomitmen dengan menyajikan batas wilayah yg lebih baik serta kepastian batas daerah merupakan aspek penting dalam penyelesaian berbagai permasalahan yang terjadi pada daerah soal berbatasan.
 
Dalam hal ini terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, kode dan data wilayah administrasi pemerintahan yang digunakan oleh KPU untuk menyinkronkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), penentuan daerah pemilihan, dan sinkronisasi wilayah dengan DP4 untuk Pemilu.
 
Oleh karena itu dalam pengkodean dan data wilayah administrasi pemerintahan berfungsi untuk membedakan dan memperjelas cakupan wilayah administrasi pemerintahan daerah, serta lokasi suatu wilayah administrasi pemerintahan.
 
Karena Kode dan data wilayah administrasi pemerintahan digunakan dalam berbagai aspek, di antaranya penyelenggaraan perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Selain itu, untuk mendukung penerapan Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam mendukung pembuatan KTP Elektronik. Tak hanya itu, hal ini juga untuk menjadi data dasar dalam pembuatan sistem informasi geografis oleh BPS, serta berbagai pemanfaatan lainnya.**(infotorial)
Share
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Wabup Husni Harap Pemuda Bersinergi dengan Pemerintah Dalam Memberantas Narkoba dan HIV AIDS

    Wabup Husni Mengucapkan Selamat kepada pengurus yang dikukuhkan dan dilantik pada malam hari ini, Semoga mampu melaksanakan amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.
  • 2 minggu lalu

    Stand Bazar JKPI 2022 Kabupaten Siak Pomosikan Tenun dan Batik Siak

    Pameran dan Bazar yang diikuti oleh seluruh peserta Kabupaten dan Kota Pusaka se-Indonesia itu dibuka secara resmi oleh Walikota Palembang Harnojoyo di pelataran Benteng Kuto Besak
  • 4 minggu lalu

    Bupati Siak Ajak OPD Lurah dan Penghulu Berkolaborasi Perjuangkan Kota Warisan Budaya Dunia di Rakernas JKPI 2022 Palembang

    Sebelum diberangkatkan secara resmi dari Kantor Kecamatan Lubuk Dalam, rombongan yang terdiri dari OPD, lurah dan penghulu tersebut mendapat wejangan dari orang nomor satu negeri i
  • 4 minggu lalu

    Produsen Kendaraan Udara Elektrik Indonesia Tertarik Investasi di Kawasan Industri Tanjung Buton

    Wakil Bupati Siak Husni Merza di sela-sela ekspos dari perwakilan PT Indonesia Air Mobility Industries (IAMI) menyampaikan Pemkab Siak menyambut baik dan siap bekerjasama dengan pa
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.