• Home
  • Internasional
  • Percobaan Kudeta, 161 Orang Tewas, 1440 Terluka, 3 Ribu Personel Militer Ditangkap
Sabtu, 16 Juli 2016 20:39:00

Percobaan Kudeta, 161 Orang Tewas, 1440 Terluka, 3 Ribu Personel Militer Ditangkap

FOTO: BBC
Warga sipil melawan dan menahan sejumlah anggota militer Turki yang terlibat upaya kudeta.

GLOBALRIAU.COM- Tidak kurang tiga ribu personel militer, termasuk sejumlah perwira tinggi, telah ditangkap karena dianggap terlibat upaya kudeta, kata Perdana Menteri Turki Binali Yildirim.

Sampai sore ini, diperkirakan lebih dari 161 orang tewas, sementara yang terluka sekitar 1.440 orang. Mereka sebagian besar adalah warga sipil.

Laman BBC melaporkan, sebuah helikopter militer Turki dilaporkan telah mendarat di utara Yunani dengan ditumpangi delapan orang yang meminta suaka politik.

Belum diketahui identitas orang-orang tersebut, tetapi mereka ditengarai pendukung upaya kudeta yang berhasil digagalkan oleh pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Helikopter dilaporkan mendarat di Kota Alexandroupolis di wilayah utara Yunani. Pemerintah Turki meminta agar para peminta suaka itu diserahkan ke Turki.

Pasca usaha kudeta, Jenderal Dundar ditunjuk sebagai pelaksana tugas panglima oleh Perdana Menteri Binali Yildirim pada Sabtu pagi di tengah kekacauan upaya kudeta di Ankara dan Istanbul.

Berbicara di luar Istana Cankaya di Ankara, Yildirim menyebutkan bahwa rencana kudeta yang akhirnya dapat digagalkan itu merupakan “noda hitam” bagi demokrasi Turki.

Saat Yildirim berbicara, Jenderal Hulusi Akar yang ditangkap dalam upaya kudeta itu pun berdiri di sampingnya.***

Sumber: BBC

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Rumah Muslimah Indonesia di Turki Gelar Launching Secara Virtual

    Agenda launching Rania Turki ini diikuti oleh ratusan ibu-ibu, mahasiswi dan pelajar dari berbagai kota di Turki seperti Istanbul, Ankara, Antalya, Izmir, Sakarya, Kayseri, Tekirda
  • 3 tahun lalu

    Diantar Lewat Pos, 82 Juta Penduduk Turki Dapat Masker Gratis

    Pekan ini Turki meluncurkan situs web di mana warga dan penduduk resmi bisa mendaftar untuk mendapatkan lima masker gratis setiap pekan yang akan diantarkan tukang pos.
  • 4 tahun lalu

    Pemilu Turki, Erdogan Kembali jadi Presiden Turki

    "Hasil tidak resmi dari pemilu ini sudah jelas. Saya telah dipercaya oleh bangsa Turki untuk menjabat sebagai presiden," kata Erdogan di kediamannya di Istanbul, dikutip dari AFP,
  • 6 tahun lalu

    Sosok Dibalik Kudeta Turki

    Kolonel Muharrem Kose, sosok ini disebut-sebut sebagai sosok dibalik upaya kudeta yang berlangsung di Turki. Upaya kudeta di Turki berlangsung pada Jumat malam waktu setempat, atau
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.