Sabtu, 16 Juli 2016 20:51:00

Sosok Dibalik Kudeta Turki

NET
Kolonel Muharrem Kose, sosok ini disebut-sebut sebagai sosok dibalik upaya kudeta yang berlangsung di Turki.

Globalriau.com- Kolonel Muharrem Kose, sosok ini disebut-sebut sebagai sosok dibalik upaya kudeta yang berlangsung di Turki. Upaya kudeta di Turki berlangsung pada Jumat malam waktu setempat, atau Sabtu (16/7) dinihari waktu Indonesia barat.
 
Kose, seperti diberitakan kantor berita Turki, Anadolu News Agency bukanlah anggota militer aktif. Dia diketahui telah dipecat secara tidak hormat dari militer Turki pada bulan Maret lalu.
 
Anadolu melaporkan, Kose dipecat karena dituding memiliki hubungan dengan tokoh anti-pemerintah yang saat ini berada di Amerika Serikat (AS), Fethullah Gulen.
 
Tidak lama setelah dipecat,  Kose mengumumkan pembentukan Dewan Perdamaian, yakni pemerintah sementara untuk memulihkan demokrasi dan hak asasi manusia di Turki yang disebut-sebut mulai dilucuti oleh pemerintah Turki dibawah pimpinan Tayyip Erdogan.
 
Dengan bantuan personil yang setia kepada dirinya, Kose melancarkan aksi kudeta semalam. Dia berhasil merebut stasiun televisi TRT, menduduki jembatan, dan Bandara Internasional Ataturk.
 
Namun, aksi Kose dan pasukannya tidak bertahan lama. Mereka berhasil dipukul mundur oleh pasukan Turki yang setia kepada Erdogan, setelah sebelumnya sempat terjadi pertempuran antara dua kubu tersebut di Ankara.***

Sumber: Sindonews

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Rumah Muslimah Indonesia di Turki Gelar Launching Secara Virtual

    Agenda launching Rania Turki ini diikuti oleh ratusan ibu-ibu, mahasiswi dan pelajar dari berbagai kota di Turki seperti Istanbul, Ankara, Antalya, Izmir, Sakarya, Kayseri, Tekirda
  • 3 tahun lalu

    Diantar Lewat Pos, 82 Juta Penduduk Turki Dapat Masker Gratis

    Pekan ini Turki meluncurkan situs web di mana warga dan penduduk resmi bisa mendaftar untuk mendapatkan lima masker gratis setiap pekan yang akan diantarkan tukang pos.
  • 4 tahun lalu

    Pemilu Turki, Erdogan Kembali jadi Presiden Turki

    "Hasil tidak resmi dari pemilu ini sudah jelas. Saya telah dipercaya oleh bangsa Turki untuk menjabat sebagai presiden," kata Erdogan di kediamannya di Istanbul, dikutip dari AFP,
  • 6 tahun lalu

    Percobaan Kudeta, 161 Orang Tewas, 1440 Terluka, 3 Ribu Personel Militer Ditangkap

    Laman BBC melaporkan, sebuah helikopter militer Turki dilaporkan telah mendarat di utara Yunani dengan ditumpangi delapan orang yang meminta suaka politik.
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.