• Home
  • Advertorial
  • Dengan Pelatihan, Disnaker Dumai Tingkatkan Keterampilan dan Keahlian pencaker
Jumat, 13 April 2018 14:34:00

Advertorial Disnaker Dumai

Dengan Pelatihan, Disnaker Dumai Tingkatkan Keterampilan dan Keahlian pencaker

Kadis Tenaga Kerja & Transmigrasi Kota Dumai H Suwandi dan Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Dumai, Irwan berfoto bersama usai pembukaan pelatihan bagi pencari kerja.
DUMAI, Globalriau.com - Dalam pencapaian indikator sasaran yang terdapat dalam Renstra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai dan RPJMD Kota Dumai Tahun 2016-2021 urusan wajib Ketenagakerjaan, maka disampaikan pencapaian pada tahun anggaran 2017.
 
Dijelaskan Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja DisnakerTrans Kota Dumai, Irwan kepada awak media bahwa besaran tenaga Kerja yang mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi dan kewirusahaan.
 
Indikator kinerja untuk program ini yaitu besaran tenaga kerja yang mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi dan kewirausahaan dimana Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan.
 
Beberapa manfaat nyata dari program pelatihan adalah Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas, mengurangi waktu pembelajaran yang diperlukan karyawan untuk mencapai standar kerja yang dapat diterima, membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama yang lebih menguntungkan, memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia, mengurangi frekuensi dan biaya kecelakaan kerja, membantu karyawan dalam peningkatan dan pengembangan pribadi.
 
"Pada APBD TA 2018 Kota Dumai bahwa Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai telah melaksanakan pelatihan teknik pendingin dan teknisi komputer sebanyak 32 orang dan pelatihan instalasi listrik arus kuat sebanyak 26 orang setelah Hari Raya Idul Fitri." jelasnya. 
 
Untuk pelatihan tambah Irwan, teknik pendingin Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Asosiasi Pendingin Tata Udara (APITU) dilaksanakan di Rumah Terampil sebanyak 16 orang. Tindak lanjut dari pelatihan ini diharapkan peserta langsung menjadi anggota APITU sehingga dapat berkomunikasi, baik untuk dapat memasuki dunia kerja maupun berwirausaha.
 
 
"Pelatihan ini dilakukan dengan sistem teori dan praktek kerja lapangan, dimana APITU sebagai asosiasi menempatkan peserta pelatihan ke beberapa perusahaan antara lain PT. Kuala Lumpur Kepong. Peserta pelatihan diberikan sertifikat dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai." kata Irwan.
 
Pelatihan teknisi Komputer Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja Prima Tama Komputer dilaksanakan di Prima Tama Komputer sebanyak 16 orang. Tindak lanjut dari pelatihan ini diharapkan peserta dapat memasuki dunia kerja maupun berwirausaha.
 
"Pelatihan ini dilakukan dengan sistem teori dan praktek kerja lapangan, dimana LPK Prima Tama Komputer memagangkan peserta pelatihan ke beberapa perusahaan antara lain PT. Pertamina RU. II, KeyCom, Liquid Komputer, Jeffindo dan Prima Tama Komputer. Peserta pelatihan diberikan sertifikat dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai." lanjutnya.
 
Pelatihan Instalasi Listrik Arus Kuat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kerja Cevest Bekasi dilaksanakan di Rumah Terampil sebanyak 32 orang. Tindak lanjut dari pelatihan ini diharapkan peserta dapat memasuki dunia kerja maupun berwirausaha. 
 
"Pelatihan ini akan dilakukan uji kompetensi dan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)." jelasnya.***(adv/red)
Share
Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Bapenda Dumai Tingkatkan Pelayanan, Optimalkan Pendapatan

    Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD), merupakan surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek
  • 4 tahun lalu

    DPRD Kabupaten Bengkalis Gelar Paripurna Tiga Ranperda

    Ketiga ranperda tersebut merupakan bahagian dari rencana pembentukan perda dan juga nantinya akan di bentuk pansus dari fraksi anggota dprd bengkalis, sebelum pembahasan tersebut j
  • 5 tahun lalu

    Gerakan Penganekaragaman Konsumsi Pangan B2SA di Kabupaten Bengkalis

    Sebagai perwujudan Ketahanan Pangan yang mantap dan berkesinambungan dibangun berdasarkan tiga pilar ketahanan pangan, yaitu: (1) ketersediaan pangan yang cukup dan merata; (2) di
  • 5 tahun lalu

    Persaingan Global, Disnaker Dumai Tingkatkan Daya Saing Pencaker Melalui Pemagangan

    Pelatihan dan Pemagangan menjawab permasalahan ketersambungan antara lulusan dunia pendidikan yang belum dapat diterima industri karena kurangnya keterampilan sehingga tidak siap m
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.