• Home
  • Kampar
  • Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI
Jumat, 05 Agustus 2022 15:14:00

Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI

KAMPAR - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, tim Kukerta UNRI Balek Kampung menggelar sosialisasi guna cegah stunting pada anak usia dini.
 
Mahasiswa KKN UNRI menargetkan sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemari) untuk cegah staunting pada anak kelas 1 hingga kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Alam Panjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar.
 
Mahasiswi Managemen Sumberdaya Perairan UNRI Ariyanti Ulandari selaku pemateri menjelaskan akan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak usia dini.
 
"Kita jelaskan apa itu stunting, dan bagaimana mencegahnya. Serta kita sosialisasikan manfaat mengkonsumsi ikan serta kandungannya dengan harapan agar anak-anak gemar makan ikan setelah tahu manfaatnya," ujar Ariyanti.
 
Kegiatan yang digelar pada Rabu (3/8/2022) pagi sekitar pukul 09.00 Wib tersebut dilaksanakan di SDN 003 Alam Panjang dan diikuti oleh puluhan siswa/i dari kelas 1 sampai kelas 3.
 
Dilanjutkan Ariyanti, pencegahan stunting ini dinilai penting karena berdasarkan data terbaru 24,4 % anak Indonesia terkena stunting. 
 
"Oleh sebab itu kita jelaskan tentang apa itu stunting, ciri-ciri anak terkena stunting, cara menghindari stunting, manfaat ikan dan kandungan ikan," ulasnya.
 
Dia menambahkan, dalam seminar ini juga dilakukan sesi kuis, dan ada beberapa siswa mampu memberikan jawaban.
 
Ketua KKN, M. Fauzan menambahan sosialisasi ini dilaksanakan untuk mencegah stunting dan kekurangan gizi anak dengan manfaat potensi hasil sungai kampar yang mengelilingi desa tersebut.
 
Dari hasil sesi tanya jawab ada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dan diyakini sudah faham dengan materi yang disampaikan. Seperti Annisa kelas 1 menjawab ciri-cii stunting, Albi Kelas 1 menyebutkan nama-ikan dan Daffa Kelas 3 menjawab manfaat dan kandungan ikan.
 
"Untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan masing-masing anak kita hadiahi diberi susu botol. Dan kegiatan kita tutup dengan pembagian minyak ikan gratis ke anak-anak SD," pungkasnya.**
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Dumai Serahkan RLH Kepada Warga

    Sebelumnya pada Juni 2022 lalu dimulai tahap pertama program rumah layak huni ini, ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamata
  • 4 hari lalu

    Akui Masih Banyak Kekurangan, Wako Dumai: Kami Baru Bisa Susun APBD Tahun 2022 ini

    Kepada media, Johannes mengaku bahwa memang APBD yang bisa "dikuasai" oleh Walikota Paisal baru tahun 2022, oleh karena itu tahun ini mulai tampak program kerja dari penanganan ban
  • 5 hari lalu

    Walikota Dumai Pastikan Seleksi Penerimaan Tenaga Akutansi Profesional Tidak Ada Titipan

    Paisal menegaskan bahwa seleksi ini tidak ada titip titipan semua diseleksi secara profesional, karena pihaknya ingin mencari tenaga tenaga Akuntansi yang berkopeten.
  • 6 hari lalu

    Atasi Kemiskinan, Walikota Dumai Bakal Buka Gerai Baznas di DIC untuk Mempermudah Warga Bayar Zakat

    Komitmen pemerintah bersama Baznas saat ini dalam mengatasi kemiskinan akan diwujudkan dalam gerai yang akan dibuka di Dumai Islamic Centre (DIC) hal itu guna mempermudah masyaraka
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.