• Home
  • Kampar
  • Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI
Jumat, 05 Agustus 2022 15:14:00

Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI

KAMPAR - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, tim Kukerta UNRI Balek Kampung menggelar sosialisasi guna cegah stunting pada anak usia dini.
 
Mahasiswa KKN UNRI menargetkan sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemari) untuk cegah staunting pada anak kelas 1 hingga kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Alam Panjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar.
 
Mahasiswi Managemen Sumberdaya Perairan UNRI Ariyanti Ulandari selaku pemateri menjelaskan akan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak usia dini.
 
"Kita jelaskan apa itu stunting, dan bagaimana mencegahnya. Serta kita sosialisasikan manfaat mengkonsumsi ikan serta kandungannya dengan harapan agar anak-anak gemar makan ikan setelah tahu manfaatnya," ujar Ariyanti.
 
Kegiatan yang digelar pada Rabu (3/8/2022) pagi sekitar pukul 09.00 Wib tersebut dilaksanakan di SDN 003 Alam Panjang dan diikuti oleh puluhan siswa/i dari kelas 1 sampai kelas 3.
 
Dilanjutkan Ariyanti, pencegahan stunting ini dinilai penting karena berdasarkan data terbaru 24,4 % anak Indonesia terkena stunting. 
 
"Oleh sebab itu kita jelaskan tentang apa itu stunting, ciri-ciri anak terkena stunting, cara menghindari stunting, manfaat ikan dan kandungan ikan," ulasnya.
 
Dia menambahkan, dalam seminar ini juga dilakukan sesi kuis, dan ada beberapa siswa mampu memberikan jawaban.
 
Ketua KKN, M. Fauzan menambahan sosialisasi ini dilaksanakan untuk mencegah stunting dan kekurangan gizi anak dengan manfaat potensi hasil sungai kampar yang mengelilingi desa tersebut.
 
Dari hasil sesi tanya jawab ada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dan diyakini sudah faham dengan materi yang disampaikan. Seperti Annisa kelas 1 menjawab ciri-cii stunting, Albi Kelas 1 menyebutkan nama-ikan dan Daffa Kelas 3 menjawab manfaat dan kandungan ikan.
 
"Untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan masing-masing anak kita hadiahi diberi susu botol. Dan kegiatan kita tutup dengan pembagian minyak ikan gratis ke anak-anak SD," pungkasnya.**
Share
Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    Hari Buku dan Perpustakaan Nasional, APICAL Serahkan Bantuan Buku ke Sekolah dan Dinas Perpustakaan

    Tidak hanya itu, pada 10 Oktober 2023 lalu, Apical juga menerima penghargaan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai atas bantuan hibah buku dalam rangka membantu p
  • 10 jam lalu

    Kejari Dumai Tahan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Bandwidth

    Sehubungan dengan akibat kerugian yang timbul, penyidik akan berusaha mengoptimalkan pengembalian aset (aset recovery) selama proses
  • 15 jam lalu

    Peduli Keselamatan Jiwa Melalui Kegiatan Donor Darah, PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning Sumbangkan 374 Kantong Darah

    PT KPI Unit Sungai Pakning juga menggelar kegiatan donor darah serupa yang berkolaborasi dengan Simpatisan Pendonor Darah (SIMPENDA) serta PMI Bandar Laksamana dan PMI Kabupaten Be
  • 15 jam lalu

    Perkuat Sinergitas Guna Mendukung Dekarbonisasi, PT KPI Unit Dumai Hadiri MUED 2024 dan Lanjutkan Program Biodiversity

    Agustiawan berharap bahwa dengan adanya kerjasama ini pihaknya dapat terus berinovasi dalam mengembangkan TJSL perusahaan guna menjalankan bisnis Kilang Minyak dan Petrokimia seca
  • Komentar
    Copyright © 2024 . All Rights Reserved.