• Home
  • Kampar
  • Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI
Jumat, 05 Agustus 2022 15:14:00

Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI

KAMPAR - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, tim Kukerta UNRI Balek Kampung menggelar sosialisasi guna cegah stunting pada anak usia dini.
 
Mahasiswa KKN UNRI menargetkan sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemari) untuk cegah staunting pada anak kelas 1 hingga kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Alam Panjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar.
 
Mahasiswi Managemen Sumberdaya Perairan UNRI Ariyanti Ulandari selaku pemateri menjelaskan akan pentingnya mengkonsumsi ikan sejak usia dini.
 
"Kita jelaskan apa itu stunting, dan bagaimana mencegahnya. Serta kita sosialisasikan manfaat mengkonsumsi ikan serta kandungannya dengan harapan agar anak-anak gemar makan ikan setelah tahu manfaatnya," ujar Ariyanti.
 
Kegiatan yang digelar pada Rabu (3/8/2022) pagi sekitar pukul 09.00 Wib tersebut dilaksanakan di SDN 003 Alam Panjang dan diikuti oleh puluhan siswa/i dari kelas 1 sampai kelas 3.
 
Dilanjutkan Ariyanti, pencegahan stunting ini dinilai penting karena berdasarkan data terbaru 24,4 % anak Indonesia terkena stunting. 
 
"Oleh sebab itu kita jelaskan tentang apa itu stunting, ciri-ciri anak terkena stunting, cara menghindari stunting, manfaat ikan dan kandungan ikan," ulasnya.
 
Dia menambahkan, dalam seminar ini juga dilakukan sesi kuis, dan ada beberapa siswa mampu memberikan jawaban.
 
Ketua KKN, M. Fauzan menambahan sosialisasi ini dilaksanakan untuk mencegah stunting dan kekurangan gizi anak dengan manfaat potensi hasil sungai kampar yang mengelilingi desa tersebut.
 
Dari hasil sesi tanya jawab ada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dan diyakini sudah faham dengan materi yang disampaikan. Seperti Annisa kelas 1 menjawab ciri-cii stunting, Albi Kelas 1 menyebutkan nama-ikan dan Daffa Kelas 3 menjawab manfaat dan kandungan ikan.
 
"Untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan masing-masing anak kita hadiahi diberi susu botol. Dan kegiatan kita tutup dengan pembagian minyak ikan gratis ke anak-anak SD," pungkasnya.**
Share
Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    Ops Lancang Kuning, Satlantas Polres Dumai Lakukan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

    Kasat Lantas Polres Dumai berharap, dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 ini dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, menurunkan angka pelanggaran l
  • 15 jam lalu

    Kasi D Bidang Intel Kejati Berikan Penerangan Hukum di Pelalawan

    Dalam penyampaian narasumber menjelaskan Tindak pidana korupsi di Indonesia perkembangannya terus meningkat dari tahun ke tahun.
  • 15 jam lalu

    Asisten Intelijen Kejati Riau Lakukan Penerangan Hukum ke Kabupaten Rohil

    Dalam penyampaian materinya juga, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Raharjo Budi Kisnanto, S.H., M.H juga menyampaikan upaya dari pencegahan tindak pidana korupsi salah satun
  • 15 jam lalu

    Bahas Proyek Pembangunan Strategis, Kasi B Intelijen Kejati Riau jadi Narasumber Program Tanya Jaksa

    Kasi B bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Ali Rahim, SH., MH menjelaskan bahwa Pengamanan pembangunan strategis oleh Kejaksaan berupaya hadir dalam rangka sinergi dan membantu
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.