• Home
  • Kampar
  • Guna Merawat Produk, Tim Pengabdian UNRI Laksanakan Sosialisasi Fiksasi Eco Print
Selasa, 04 Agustus 2020 17:32:00

Guna Merawat Produk, Tim Pengabdian UNRI Laksanakan Sosialisasi Fiksasi Eco Print

Ibu-ibu PKK Desa Tarai Bangun mengikuti sosialisasi oleh Kukerta UNRI.

KAMPAR, globalriau.com - Perawatan Produk Ecoprint Melalui Fiksasi Eco Printing (03/08). Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Tarai Bangun UNRI melaksanakan kegiatan fiksasi Ecoprinting. Dalam kegiatan ini, pemaparan materi langsung disampaikan oleh Ibu Ninik selaku tim dosen pengabdian di desa tarai bangun tahun 2020.



Penyampaian materi ini melalui platform daring yaitu Google meet. Tujuan dilaksanakan fiksasieco printing ini adalah untuk merawat produk eco print yang sudah dibuat sebelumnya agar tahan lebih lama.

Tampak antusiasme peserta yang merupakan ibu-ibu PKK desa Tarai Bangun dengan mendengarkan secara saksama. Antusiasme peserta juga dapat dilihat dengan sebagian ibu-ibu menulis tahapan dalam fiksasi eco printing dan bertanya yang tidak dipahami, sehingga mereka dapat menerapkannya dirumah masing-masing.

Ninik selaku tim dosen pengabdian menjelaskan, produk eco print ini jika dijual memiliki harga yang cukup tinggi.

"Beberapa konsep desainer Indonesia dan dunia sudah mengaplikasikan eco print pada brand milik mereka. Sehingga jika produk eco print ini dapat kita kembangkan, kita dapat memperoleh keuntungan yang cukup banyak," jelasnya.

Ditambahkannya, proses fiksasi eco print dapat dilakukan dengan merendam di larutan fiksasi bisa tawas, kapur atau cuka selama 15 menit.

"Setelah perendaman bilas dengan menggunakan air bersih dan jemur produk eco print yang dilakukan fiksasi tadi. Diakhir pertemuan, sesi tanya jawab dibuka, guna untuk memastikan pemahaman masyarakat mengenai materi yang disampaikan hari ini dan dapat diapliksasikan dirumah mereka masing-masing. Dengan fiksasi ini, diharapkan produk eco print yang sudah dibuat sebelumnya seperti kerudung dan tas dapat bertahan lama dan tidak cepat luntur." tandasnya.(rls)

Share
Berita Terkait
  • kemarin

    SMK N 3 Dumai Gelar Workshop Penerapan Sekolah Bebas Perundungan

    Sementara Kasi Intel Kejari, Abu Nawas SH.MH menyampaikan terkait perundungan dan cara untuk menghindari segala bentuk perundungan serta bahaya penyalahgunaan dalam menggunakan med
  • kemarin

    Kasi Intelijen Kejari Dumai Irup Upacara HUT PGRI di SMK N 3 Dumai

    Dalam amanatnya, Abu Nawas meminta kepada siswa agar benar-benar mengikuti tertib sekolah dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku di sekolah.
  • 3 hari lalu

    Program BERSERI, Polres Dumai Bakal Bedah Rumah Warga Kurang Mampu Setiap Bulan

    Adapun program Berseri adalah renovasi ataupun bedah rumah masyarakat yang tidak mampu dengan target 2 hingga 3 rumah setiap bulannya.
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.