• Home
  • Kampar
  • Sri Galuh Siap Menuju Desa Sehat di Kampar
Kamis, 03 Desember 2015 00:45:00

Sri Galuh Siap Menuju Desa Sehat di Kampar

KAMPAR- Desa Sri Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar telah memasuki tahap 60 persen memenuhi 10 indikator Desa Sehat mewakili Kampar untuk Desa Sehat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar yang diwakili Dedi Syambudi mengatakan, perilaku hidup sehat sangat bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan sehingga indikator yang dinilai pola dan dan perilaku hidup secara pribadi dan dalam keluarga.

"Rumah sehat, jiwa sehat maka apapun yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik,"ungkapnya.

Adapun indikator pola hidup bersih dan sehat meliputi Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi bayi ASI eksklusif, Menimbang bayi dan balita, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

"Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, Tidak merokok di dalam rumah,"jelas Dedi Syambudi.

Sementara itu Anggota Tim Juri PHBS dari provinsi Riau Rondang Nayati Mengatakan bahwa dengan adanya 10 indikator ini dirinya mengajak kepada tim TP-PKK untuk menjalankan 10 indikator dengan pengembangan inovasi dari indikator itu.

"Seperti pengelolaan sampah, dengan menjadi limbah menjadi bermanfaat buat yang lain, inilah yang menjadi penilaian dari tim PHBS Provinsi Riau,"terangnya.

Ditambahkannya hendaknya dengan adanya PHBS ini semakin memacu Desa-desa lainnya DI Kabupaten Kampar untuk menjadi pelopor Desa Sehat seperti yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ungkap Rondang Nayati,

Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Eva Yuliana yang diwakili Awal Haeinniwati mengatakan bahwa Desa Sari Galuh merupakan satu-satunya desa yang mewakili Kabupaten Kampar dalam Penilaian PHBS di Provinsi Riau, semoga desa ini mampu menjadi salah satu Desa Sehat yang mampu menerapkan 10 Indikator Sehat.

"10 indikator Sehat tetap dilaksanakan walaupun tanpa ada penilaian dari provinsi, semoga indikator ini menjadi cikal bakal untuk tetap menjadi desa Sehat dengan selalu menerapkan indikator Kesehatan," ujarnya. (rtc)

Share
Berita Terkait
  • 7 tahun lalu

    Jefry Noer : RTMPE Orang Miskin Bisa Jadi Kaya

    Bupati Kampar H.Jefri Noer menjelaskan, melalui program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) orang miskin di Kampar dapat menjadi kaya, untuk itu kuncinya kerja keras dii
  • 7 tahun lalu

    Sekda Kampar Lantik Tiga Camat

    Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Zulfan Hamid mewakili Bupati Kampar H Jefry Noer mengatakan sejalan dengan otonomi daerah Pemerintah Kecamatan dituntut lebih aspiratif, kreati
  • 7 tahun lalu

    Ketua TP PKK Minta Anggota Saling Membantu

    Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Eva Yuliana SE perintahkan seluruh pengurus Anggota TP PKK Kabupaten Kampar untuk membantu PKK Kecamatan dalam melaksanakan Pekan Imunisasi Nasiona
  • 7 tahun lalu

    HUT Kampar ke-66, Bupati Jefry Ajak Tuntaskan Program Lima Pilar

    Memperingati HUT Kabupaten Kampar ke-66 Bupati, Jefry Noer mengajak seluruh lapisan masyarakat menuntaskan program lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar.
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.