• Home
  • Meranti
  • Pemprov Riau Turut Sukseskan Pesta Pantai Tanjung Pisang
Rabu, 14 Oktober 2015 22:23:00

Pemprov Riau Turut Sukseskan Pesta Pantai Tanjung Pisang

Pesta Pantai di Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti

MERANTI- Pemerintah Provinsi Riau turut mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah kabupaten Kepulauan Meranti yaitu dengan turut sertanya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau, mensukseskan pesta Pantai di Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putri Puyu yang akan dilaksanakan bulan November 2015 mendatang.

Sekretaris Disparpora Kabupaten Kepulauan Meranti, Ismail Arsyad, mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau sangat mendukung kegiatan pesta Pantai di Tanjung Pisang ini. Bentuk dukungan yang bakal diberikan itu berupa bantuan kostum dan spanduk pesta pantai.

Bantuan itu nantinya akan diserahkan langsung kepada panitia penyelengara. Selain itu Disparpora rencananya juga akan menurunkan tim kesenian ke Tanjung Pisang.

Menurut Ismail, dalam pesta pantai itu nanti akan di isi dengan berbagai perlombaan, kesenian dan  permainan. Salah satunya adalah mendokah pantai. Itu merupakan budaya tradisi warga di daerah ini khusunya warga desa Tanjung Pisang.

"Dulunya warga tempatan mengambili kerang kerang dipantai untuk kebutuhan sehari-hari dengan mengunakan sekeping papan yang disebut dengan medongkah, cara itu sudah menjadi tradisi warga tempatan," ujarnya.

Berawal dari kebiasa warga tetampatan tersebut, kata dia, akhirnya Disparpora Kepulauan Meranti menjadikan tradisi mendongkah itu sebagai potensi wisata yang harus dilestarikan kembali dari kebiasaan warga tetapat mengambil kerang dengan mendongkah.

"Agar tradisi unik itu kembali bisa digemari masyarakat, maka Disparpora mengelar Pesta pantai di desa tersebut dengan melombakan berbagai kegiatan dan termasuk lomba mendongkah," jelasnya.

Untuk diketahui bersama bahwa acara pesta pantai  Desa Tanjung Pisang tersebut akan dilengarakan pada bulan  November 2015 mendatang, untuk tanggalnya belum dapat dipastikan.

Yang jelasnya, saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tengah mempersiapkan kegiatan ini dan bantuan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau, sudah siap untuk memberikan bantuan dalam rangka mensukseskan kegiatan Pesta Pantai di Tanjung Pisang. (rhc)

Share
Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Balek Kampung, Anggota DPR RI Syamsurizal Halal Bihalal Bersama Tokoh dan Masyarakat Meranti

    Dihadiri Wakil Bupati H Asmar beserta Forkopimda dan tokoh serta masyarakat Kabupaten Meranti.
  • 12 bulan lalu

    Hendak Menuju Malaysia, Kapal Bermuatan Sagu dan Arang Terbakar di Perairan Riau

    Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru, Ishak mengatakan saat ini pihaknya telah berada di lokasi terbakarnya kapal tersebut. Dimana sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan kejadian itu
  • 2 tahun lalu

    Pemprov Riau Matangkan Wacana RS Petala Bumi Jadi RS Otak

    Kegiatan Rapat ini dibuka langsung oleh Direktur RS Petala Bumi Sumiati. Dalam sambutannya, Sumiati menjelaskan bahwa sebelum menetapkan unggulan layanan stroke menuju rumah sakit
  • 2 tahun lalu

    Sempat Buang BB, Seorang Pengedar Sabu di Selatpanjang Ditangkap Polisi

    Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk mengatakan, tersangka berhasil ditangkap sekitar pukul 22.05 WIB, setelah polisi melakukan pengintaian.
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.