Selasa, 15 Juni 2021 18:34:00

BPBD Bengkalis Gelar Simulasi Penanganan Karhutla

BPBD Bengkalis Gelar Simulasi Penanganan Karhutla

BENGKALIS, globalriau.com - Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota serta menguji kemampuan alat pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis berkolaborasi dengan TNI/Polri menggelarkan simulasi penanganan Karhutla.



Adapun anggota yang mengikuti simulasi penanganan karhutla tersebut, dari BPBD Bengkalis sebanyak 40 orang, TNI 15 orang dan Polri 15 orang.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris, Selasa 15 Juni 2021 di Waduk Bengkalis.

Tajul mengatakan, simulasi ini merupakan salah satu langkah persiapan untuk penanganan karhutla di Kabupaten Bengkalis, sesuai dengan laporan dari BMKG  bahwa di bulan ini hingga September nanti merupakan tahap kedua musim panas di tahun 2021.

Lebih lanjut ia jelaskan, seperti diketahui bersama bahwa Kabupaten Bengkalis  telah mengeluarkan SK siaga darurat terhitung dari bulan Februari sampai dengan Oktober 2021.

“Kita berharap dengan simulasi ini dapat meningkatkan kapasitas tenaga-tenaga kita semua serta membangun kebersamaan antara BPBD, TNI dan Polri,” katanya.

Tajul juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, khususnya yang membuka lahan untuk perkebunan dan  lahan  tidak membakar lahan secara masif atau tidak membakar lahan, sehingga karhutla di Kabupaten Bengkalis tidak lagi terjadi.(amx/infotorial)

Share
Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Wamen LHK Apresiasi Program Mitigasi Karhutla Kampung Gambut Berdikari, Binaan Kilang Sei Pakning

    Kegiatan yang dipusatkan di Arboretum Gambut Marsawa yakni hutan masyarakat di kawasan gambut yang masih bertahan dan merupakan bagian dari Program Kampung Gambut Berdikari.
  • 7 bulan lalu

    Rem Blong, Truk Tak Kuat Menanjak Hantam Mobil di Dalam RoRo Bengkalis

    Peristiwa terjadi akibat salah satu truk pengangkut pasir gagal menanjak untuk keluar pintu RoRo dan menghantam kendaraan dibelakangnya.
  • 7 bulan lalu

    Tak Terima Diputus Pacar, Mantan Napi Kembali Berurusan Dengan Polisi

    Lobo ditangkap karena membakar satu unit mobil Toyota Agya milik korban inisial M di rumah kontrakan korban Jalan HR Soebrantas Gang Sekapur Sirih Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis
  • 7 bulan lalu

    Harimau Garukkan Badan di Dinding Rumah Warga Bengkalis

    Teranyar, dua petani dikejutkan dengan kemunculan di lahan perkebunannya saat mereka akan memanen buah sawit pada Sabtu (16/4) sore. Keduanya pun langsung pulang dan mengurungkan n
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.