Minggu, 25 Oktober 2015 22:05:00

Pemkab Bengkalis Kembangkan Budidaya Rumput Laut

BENGKALIS- Pemkab Bengkalis melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan Pengembangan Budidaya Rumput Laut se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan. Kegiatan yang dilaksanakan dilaksanakan di aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis dan Unit Produksi Perikanan(UPP) Penebal itu berlangsung dua hari, 24 -25 Oktober 2015.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Amril Fakhri dalam sambutannya berharap kepada para peserta bisa mengikuti pelatihan nanti dengan sungguh-sungguh dan bisa menerapkan dalam budidaya rumput laut nantinya.

Ditambahkannya, komoditi rumput laut baru di Bengkalis. Untuk itu, dalam penempatan lokasi budidaya nantinya, harus berkoordinasi dengan desa terkait, supaya tidak mengganggu areal pelayaran.

''Budidaya rumput laut merupakan budiaya yang sangat mudah dan murah, cukup mengikat benih rumput laut dengan tali, tidak perlu memberi makan dan perawatan yang khusus. Tapi mempunyai nilai ekonomis,'' ujar Amril.

Amril menambahkan, dalam budidaya rumput laut ini harus ikhlas dan disiplin karena rumput laut mempunyai batas waktu panen, jika lambat panen akan rusak. ''Ikuti aturan dan cara -cara budidaya rumput laut yang disampaikan nara sumber supaya hasilnya sesuai harapan. Tinggal nanti pihak Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menjembatani pemasarannya," ujarnya.

Pelatihan ini memendatangkan dua nara sumber dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Bambang Budi Kahardjo dan Bagian Pemasaran Serta Asosiasi Rumput Laut Indonesia, Asep Ridwan.

Dipaparkan Bambang, salah satu keunggulan rumput laut adalah belum ada bahan sentetis lain yang dapat menggantikan bahan aktif yang terkandung dalamnya sehingga rumput laut memiliki nilai ekonomis dan berkontribusi besar untuk peningkatan taraf hidup masyarakat pesisir.

''Dalam pelatihan ini kita fokuskan pada jenis rumput laut yang bernilai ekonomis, penyediaan bibit rumput laut dan teknologi budidaya rumput laut,'' ujar Bambang.

Hadir saat pembukaan pelatihan Kabid Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, M Ansharuddin, PPTK Pembinaan dan Pengembangan Rumput Laut Hendra Saputra dan sejumlah pegawai di lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis.

Sementara peserta pelatihan berjumlah 40 orang utusan sejumlah masyarat pesisir dan nelayan di Kecamatan Bengkalis dan Bantan. (ias)

Share
Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Wamen LHK Apresiasi Program Mitigasi Karhutla Kampung Gambut Berdikari, Binaan Kilang Sei Pakning

    Kegiatan yang dipusatkan di Arboretum Gambut Marsawa yakni hutan masyarakat di kawasan gambut yang masih bertahan dan merupakan bagian dari Program Kampung Gambut Berdikari.
  • 10 bulan lalu

    Rem Blong, Truk Tak Kuat Menanjak Hantam Mobil di Dalam RoRo Bengkalis

    Peristiwa terjadi akibat salah satu truk pengangkut pasir gagal menanjak untuk keluar pintu RoRo dan menghantam kendaraan dibelakangnya.
  • 10 bulan lalu

    Tak Terima Diputus Pacar, Mantan Napi Kembali Berurusan Dengan Polisi

    Lobo ditangkap karena membakar satu unit mobil Toyota Agya milik korban inisial M di rumah kontrakan korban Jalan HR Soebrantas Gang Sekapur Sirih Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis
  • 10 bulan lalu

    Harimau Garukkan Badan di Dinding Rumah Warga Bengkalis

    Teranyar, dua petani dikejutkan dengan kemunculan di lahan perkebunannya saat mereka akan memanen buah sawit pada Sabtu (16/4) sore. Keduanya pun langsung pulang dan mengurungkan n
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.