• Home
  • Komunitas
  • Meningkatnya Kasus Corona di Riau, UNRI Bentuk Kukerta Relawan COVID-19
Sabtu, 16 Mei 2020 17:28:00

Meningkatnya Kasus Corona di Riau, UNRI Bentuk Kukerta Relawan COVID-19

Universitas Riau, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) membuka program kukerta relawan Covid-19 sebagai tindak memerangi Pandemic Covid-19. Kegiatan ini dapat di ikuti oleh mahasiswa dari berbagai Fakultas termasuk Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Fakultas Kedokteran Universitas Riau memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terlibat pada program relawan Covid, seperti yang diikuti oleh tim ENDORFINERS terhitung sejak 4 April 2020-10 Mei 2020.

Tim Endorfiners terdiri dari Ayummy Azzahra selaku ketua, Shinta Trisna Sari dan Nindy Khairunnisya selaku anggota yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Universitas Riau angkatan 2017 yang dibimbing langsung oleh instruktur dari dosen Fakultas Kedokteran Universitas Riau yakni dr. Fajri Marindra Siregar, M.Kom, M.Biomed dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  Ns. Agrina,M.Kep, Sp.kom, PhD.

“Tim kami memilih tema “Tanda dan Gejala Covid-19” yang bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui tanda dan gejala Covid-19 serta dapat membedakan gejala klinis Covid-19 dengan penyakit lain nya yang memiliki gejala klinis yang tampak mirip dengan Covid 19 ini.” Ujar Ayummy selaku ketua.

“Program kerja yang kami lakukan bervariasi mulai dari memberikan edukasi online di berbagai media social dalam bentuk poster,video animasi dan blog yang dikemas secara menarik, membentuk grup virtual community yang targetnya adalah mahasiswa non medis dari berbagai Universitas di Riau yang nantinya mahasiswa tersebut diberikan edukasi terlebih dahulu sehingga mahasiswa tersebut dapat memberikan edukasi kembali kemasyarakat sekitarnya.” Ujar shinta.

Nindy menambahkan “Tidak hanya memberikan edukasi online di berbagai media social, Tim kami juga melakukan kegiatan relawan penjagaan posko langsung di Fakultas Kedokteran Universitas Riau pada tanggal 26 April 2020 yang mana kegiatanya antara lain melalukan perhitungan barang masuk dan barang keluar serta menerima dan memberikan barang-barang berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit dan Instansi kesehatan lain nya yang kekurangan APD dalam menangani Covid-19 ini.

Serta tim kami juga turut menjaga laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad yaitu membantu melakukan penginputan data kasus Covid-19 di Provinsi Riau ini.

Dengan dibentuknya tim relawan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tanda dan gejala Covid-19 serta dapat membedakan nya dengan gejala klinis yang tampak mirip dengan Covid-19 ini.***

Share
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Angkat Tema Jaga Desa dari Korupsi, Asisten Intelijen Kejati Riau jadi Narasumber Program Tanya Jaksa di RTV

    Dalam pemaparannya, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau, Raharjo Budi Kisnanto, SH, MH menjelaskan tindak pidana korupsi telah menjadi suatu kejahatan yang luar biasa. Dengan d
  • 4 bulan lalu

    Dinilai Memiliki Konsep dan Berwibawa, Aktivis Pendidikan Riau Dukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024

    Anies juga tercatat sebagai dosen dan pernah menjabat rektor Universitas Paramadina. Background pendidik tersebut diyakini Anies lah orang yang mampu memajukan pendidikan di negeri
  • 5 bulan lalu

    Keberangkatan JCH Kloter I Riau Dilepas Gubernur

    Dalam sambutannya Gubernur Riau berpesan agar jemaah haji melaksanakan Ibadah haji dengan Ikhlas, Pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna.
  • 8 bulan lalu

    Kapolres Dumai Raih Penghargaan Kepemimpinan Terbaik dari Polda Riau

    Pengukuhan tersebut dilakukan pada upacara yang dilaksanakan di lapangan Sat Brimob Polda Riau. Turut hadir, Wakil Kapolda (Wakapolda), Brigjen Pol Tabana Bangun, Irwasda Kombes Po
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.