• Home
  • Kampar
  • Dilanda Banjir, 3 Daerah Ini Layak Tanggap Darurat
Kamis, 21 Januari 2016 20:57:00

Dilanda Banjir, 3 Daerah Ini Layak Tanggap Darurat

Net
Banjir yang melanda wilayah Kampar Kiri Hulu.

PEKANBARU- Bencana banjir kembali melanda sebagian daerah di Provinsi Riau yakni, Kabupaten Kuansing, Rokan Huhul dan Kabupaten Kampar.

Menurut Legislator DPRD Riau, Markarius Anwar, sudah selayaknya dilakukan peningkatan status siaga menjadi tanggap darurat.

"Kalau dibutuhkan tanggap darurat kenapa tidak. Untuk menangani korban pertama keselamatan jiwa, keselamatan ekonomi harus ada bantuan sembako dan lain-lain. Kemudian harus ada penangan setelah itu atau recovery," jelas Markarius Anwar.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai langkah perlu dilakukan cara yang pasti dalam menangani hal tersebut. Misalnya dimulai dengan melakukan iventarisasi persoalan-persoalan, inventarisasi data yang jelas dan sistem informasi yang jelas.

"Jadi kabupaten/kota bisa share ke Pemprov untuk kebutuhan yang dibutuhkan. Apa yang kita Pemprov punya, sehingga seluruh daerah bisa tertangani dengan baik," katanya.

Menurutnya yang paling penting selain koordinasi perlu informasi data yang cepat. "Perlu pusat info yang jelas. Ini sudah rutin makanya saya sampaikan sistem penanggulangannya seperti apa," ungkapnya.

"Kemudian yang jelas kalau kita punya sistem  iformasi maka akan cepat penanggulangannya. Ini sudah meluas dan saatnya Kabupaten/Kota menetapkan ini. Sebentar lagi sampai ke hilir banjirnya seperti ke Pelalawan, Teluk Meranti, Kuala Kampar. Intinya jangan jor-joran di Kampar, eh taunya besok banjirnya sampai Pelalawan," katanya.(hrc)

Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Wakajati Riau Pimpin Apel Kerja Awal Tahun 2023

    Wakajati juga berharap agar jajaran melandasi setiap tugas dan tanggung jawab dengan Kerja Ikhlas, Cerdas dan Tuntas sehingga Output dan Outcome berbagai Program Kejaksaan dapat te
  • 3 bulan lalu

    Angkat Tema Jaga Desa dari Korupsi, Asisten Intelijen Kejati Riau jadi Narasumber Program Tanya Jaksa di RTV

    Dalam pemaparannya, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau, Raharjo Budi Kisnanto, SH, MH menjelaskan tindak pidana korupsi telah menjadi suatu kejahatan yang luar biasa. Dengan d
  • 6 bulan lalu

    Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi GEMARI

    Ketua KKN, M. Fauzan menambahan sosialisasi ini dilaksanakan untuk mencegah stunting dan kekurangan gizi anak dengan manfaat potensi hasil sungai kampar yang mengelilingi desa ters
  • 6 bulan lalu

    Dinilai Memiliki Konsep dan Berwibawa, Aktivis Pendidikan Riau Dukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024

    Anies juga tercatat sebagai dosen dan pernah menjabat rektor Universitas Paramadina. Background pendidik tersebut diyakini Anies lah orang yang mampu memajukan pendidikan di negeri
  • Komentar
    Copyright © 2023 . All Rights Reserved.