• Home
  • Meranti
  • Bupati Meranti H.M Adil Kukuhkan Pengurus DPC APDESI
Jumat, 26 Maret 2021 18:51:00

Bupati Meranti H.M Adil Kukuhkan Pengurus DPC APDESI

MERANTI, globalriau.com - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, melakukan pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Se-Kabupaten Meranti Masa Bakti 2020-2024, pada kesempatan itu Bupati berharap pengurus APDESI dapat bekerja Cerdas, Keras, Inovatif dan Kreatif, dalam Terwujudnya Pemerintah dan Masyarakat desa yang Maju, Adil, Sejahtera,Profesional dan Demokratis sesuai dengan Visi APDESI, bertempat di Gedung Afifa, Selatpanjang, Jumat (26/3/2021).



Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol, Kepala BPMPD Meranti Drs. Irmansyah M.Si, Ketua APDESI Provinsi Riau Herman Moyan, Jajaran Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Para Camat dan Kades Anggota APDESI dan lainnya.

Pengukuhan dan Pelantikan pengurus DPC APDESI Kepulauan Meranti ditandai dengan pengucapan Naskah Pelantikan oleh Bupati Kepulauan Meranti yahg diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota APDESI.

Mengawali sambutannya Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil, mengucapkan selamat kepada pengurus APDESI yang baru saja dilantik, dalam hal ini mendapat kepercayaan sebagai Ketua DPC APDESI Mahadi SIp. Yang ditandai dengan penyerahan Petaka APDESI oleh Ketua APDESI Provinsi Riau kepada Mahadi SIp.

Selanjutnya dalam pengarahannya dihadapan para pengurus APDESI, Bupati H.Adil, berharap Pengurus DPC APDESI Kepulauan Meranti dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, khususnya mampu menjalin komunikasi dan sinergitas yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. Karena tanpa kebersamaan menurut Bupati semua permasalahan dan targetnyang ingin dicapai akan sukit diselesaikan.

Kemudian agar APDESI dapat menjalankan perannya secara profesional, Bupati H.M Adil meminta kepasa seluruh anggota APDESI untuk terus meningkatkan kapasitas diri sehingga mampu mencari solusi berbagai permasalah yang dihadapi desa.

"Termasuk kerjasama dan komunikasi yang baik dengan penegak hukum agar dapat meminimalisir segala bentuk pelanggaran hukum pada saat pengelolaan keuangan desa," ucap Bupati Adil.

Pada kesempatan itu Bupati H.M Adil, juga memaparkan Visi Misi dan 7 program strategis Bupati H.M Adil-H.Asmar, yang diharapkan dapat menjadi pedoman pelaksanaan program dan pengelolaan keuangan desa.

Adapun Visi dan Misi tersebut adalah “Menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas, dan Bermartabat di Provinsi Riau Indonesia”

 7 program strategis yang ingin dicapai pertama dibidang pembangunan infrastuktur penghubung Bupati H.M Adil berjanji akan menuntaskan pembangunan jalan penghubung.

"Kita berharap tahun 2022 nanti semua jalan di Meranti sudah terkoneksi," ujar Bupati.

Kemudian bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia, dihadapan para Kades anggota APDESI, Bupati H.M Adil, akan mengupayakan tiap Desa memiliki lulusan Sarjana S1 50 orang, 5 orang S2 dan Lulusan Dokter.

"Kita akan menyekolahkan anak-anak Meranti yang cerdas menjadi Sarjana sesuai dengan kebutuhan Desa dan Kecamatan," jelas Bupati.

Secara lengkap 7 program strategis tersebut adalah :

1. Membangun Infrastruktur Dasar Kabupaten Kepulauan Meranti dengan membangun jalan penghubung dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.
2. Meningkatkan dan pemerataan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia melalui program Beasiswa S1 sampai S3.
3. Menjadikan RSUD Meranti sebagai Rumah Sakit Rujukan dengan konsep ketuk pintu layani dengan hati.
4. Mencibtakan ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak (Sapi, Kambing, Ayam), Petani dan Nelayan dan Pelatihan Masyarakat Pada Balai Latihan Kerja Agar Mandiri dan Mampu Membuka Peluang Kerja.
5. Menyediakan Pemenuhan Air Bersih yahg sehat dan berkualitas melalui Pembangunan dan Pengelolaan PDAM.
6. Pelayanan Administrasi Prima yang mudah, cepat, tepat dan akurat satu hari siap.
7. Program Keluarga Harapan bagi Masyarakat Kurang Mampu di Kepulauan Meranti.

Sementara itu dalam sambutan, Ketua APDESI Provinsi Riau yang disampaikan oleh Herman Moyan, berharap DPC APDESI Kepulauan Meranti dapat menjalankan Tupoksinya dalam upaya Mewujudkan Pemerintah dan Masyarakat desa yang Maju, Adil, Sejahtera,Profesional dan Demokratis.

Dengan cara Mengembangkan prinsip demokratis dalam memajukan kelembagaan organisasi, Meningkatkan profesionalisme pengurus dan mensejahterakan anggota, Menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa, Mengembangkan konsep akuntabilitas organsasi baik secara internal maupun eksternal, Memperkuat posisi dan eksistensi desa sebagai pondasi pemerintahan di Indonesia.(rul)

Share
Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Balek Kampung, Anggota DPR RI Syamsurizal Halal Bihalal Bersama Tokoh dan Masyarakat Meranti

    Dihadiri Wakil Bupati H Asmar beserta Forkopimda dan tokoh serta masyarakat Kabupaten Meranti.
  • 10 bulan lalu

    Hendak Menuju Malaysia, Kapal Bermuatan Sagu dan Arang Terbakar di Perairan Riau

    Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru, Ishak mengatakan saat ini pihaknya telah berada di lokasi terbakarnya kapal tersebut. Dimana sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan kejadian itu
  • 2 tahun lalu

    Sempat Buang BB, Seorang Pengedar Sabu di Selatpanjang Ditangkap Polisi

    Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk mengatakan, tersangka berhasil ditangkap sekitar pukul 22.05 WIB, setelah polisi melakukan pengintaian.
  • 2 tahun lalu

    Bupati Meranti Lounching Program Ketuk Pintu Layani dengan Hati dan Pencanangan Pendataan Keluarga Tahun 2021

    Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol MM, Staf Ahli Bupati H. Askandar, Staf Ahli M. Arif, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Asisten II Sekdakab. Meranti Dr
  • Komentar
    Copyright © 2022 . All Rights Reserved.